Jumat, 01 Oktober 2010

Liga Eropa : Juve Tahan Imbang City

Juventus hanya mampu bermain imbang 1-1 saat bertandang ke markas The Citizen pada lanjutan penyisihan Grup A Liga Europa, Kamis atau Jumat (1/10/2010) dini hari WIB. Dengan hasil ini Juventus baru mengumpulkan dua poin dalam dua laga yang sudah dijalani serta menempati posisi tiga di klasemen sementara Grup A.

Bianconeri berhasil unggul terlebih dulu lewat gol yang diciptakan Vicenzo Iaquinta pada menit kesepuluh. Gol Iaquinta terjadi setelah mendapatkan umpan dari tengah lapangan. Tanpa ada pengawalan ketat, Iaquinta langsung melakukan tendangan kencang dari luar kotak penalti.Bola yang meluncur deras tidak mampu dibaca oleh Joe Hart. 1-0 untuk Juventus.

Tertinggal satu gol, pasukan Roberto Mancini mencoba untuk bangkit. Namun buruknya penyelesian yang diperagakan pemain-pemain City membuat sejumlah peluang yang tercipta menjadi terbuang sia-sia.

City akhirnya mampu mencetak gol balasan lewat aksi Adam Johson pada menit ke-37. Menerima umpan terobosan Yaya Toure, Johson langsung melepaskan tembakan keras yang gagal diantisipisi Alexander Manninger. Skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Juve mencoba menaikkan tempo permainan mereka untuk lepas dari tekanan City. Dengan tetap mengandalkan kecepatan pemain sayapnya, Juve berhasil beberapa kali menciptakan peluang yang membahayakan City. Tapi dengan terorganisirnya pertahanan City, Juve-pun menjadi kesulitan untuk menciptakan gol.

Pada menit 64, Alessandro Del Piero yang acap jadi penentu untuk Juve melepaskan tembakan spekulasi dari jarak jauh namun masih belum beruntung karena arah bola masih melebar tipis dari mistar gawang.

Sebenarnya Si Nyonya Tua mempunyai kesempatan untuk kembali berbalik unggul pada menit 86 melalui tendangan bebas Alessandro Del Piero dari luar kotak penalti City. Saat itu bola hasil sepakannya membentur mistar Jo Hart dan memantul ke garis gawang. Sayangnya bola hasil tembakannya pada saat itu tidak dianggap gol oleh wasit keenam karena tidak melewati garis gawang.

Juventus yang berambisi untuk memetik kemenangan terus melakukan tekanan dengan menguasai pertandingan pada babak kedua. Juve hampir 51 persen menguasai bola, sementara ManCity hanya 49 persen.Namun hingga peluit tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan kedudukan 1-1 tetap tak berubah.

Susunan Pemain

Manchester City: Joe Hart; Kolo Toure, Vincent Kompany, Pablo Zabaleta (Boyota 45), Jerome Boateng; Patrick Vieira, Gareth Barry, Gneri Toure Yaya, Adam Johnson, Emmanuel Adebayor (David Silva 73), Carlos Tevez


Juventus
: Alexander Manninger; Zdenek Grygera, Giorgio Chiellini, Paolo De Ceglie (Marco Motta 72), Leonardo Bonucci; Milos Krasic (Felipe Melo 75), Mohamed Sissoko, Jorge Andres Barrios Martinez (Simone Pepe 54), Claudio Marchisio; Vincenzo Iaquinta, Alessandro Del Piero

Wasit : Eduardo Gonzalez ( Spanyol )

Kartu Kuning: Krasic (40’), Barry (63’), Grygera (73’)