Senin, 18 Oktober 2010

Del Piero Samai Rekor Boniperti

Alessandro Del Piero mengakhiri puasa gol-nya di Seri A musim ini setelah mencetak Gol pamungkas Juventus ke gawang Lecce dalam lanjutan kompetisi Serie A di pekan ketujuh yang berlangsung di Grande Olimpico, Turin, Minggu (17/10),. Dengan gol ini, maka koleksi gol Del Piero di Seri A menjadi 178 dan membawanya menyamai rekor Giampiero Boniperti yang mengenakan kostum La Vecchia Signora selama 25 tahun, 1946-1961. Empat tahun silam, maskot Juventus itu berhasil mengungguli pencapaian Boniperti yakni catatan 182 gol di seluruh kompetisi.
Saya senang karena di Serie A aku belum mencetak gol selama 5 bulan. Saya puas, karena bisa menyamai rekor pemain legenda seperti Boniperti, sosok yang selalu berada di hati para pendukung Juventus, ini adalah alasan untuk berbangga. Apakah aku harus memecahkan rekor nya? Dia selalu mengatakan ia akan senang jika aku bisa memecahkannya. Aku akan menghubunginya dan membicarakan itu tapi.Saya yakin kegembiraan yang akan ia tunjukkan benar-benar tulus,” ujar Del Piero seusai laga lawan Lecce.

Boniperti adalah sayap kanan Juventus periode 1946-1961. Selama periode tersebut, dia mencetak 178 dari 444 penampilannya. Setelah gantung sepatu, Boniperti menjadi presiden kehormatan Bianconeri tahun 1971-1990.

Ketika ditanya seberapa banyak presiden Andrea Agnelli membantu Juventus, sang kapten menjawab: «Keluarga selalu dekat dengan kita. Bahkan Jhon Elkan, ketika kami berada di Serie B, pernah berkata sesuatu yang akan selalu saya ingat: "Kamu akan bangga tahun ini di Serie B" dan dia benar. Tahun ini, kami mengubah banyak sekali, tidak hanya presiden, tetapi juga staf teknis, staf medis dan sepuluh pemain ... Hal ini masih saat sulit bagi kami, tetapi kenyataan bahwa kita memiliki Andrea yang memberikan kita keamanan dan kekuatan.

Dengan jumlah 178 gol, Del Piero masuk dalam jajaran 10 besar top skorer Serie A sepanjang sejarah. Catatan Del Piero masih jauh dari pundi-pundi gol Pangeran Roma, Francesco Totti yang telah mencetak 192 gol. Demikian pula dengan rekor “abadi” Serie A yang tetap dipegang mantan bomber Juventus di era 1945-1947, Silvio Piola yang mengukir 274 gol. Meski demikian, “Saya benar-benar merasa gembira dan bangga,” ujar striker yang telah berusia 35 tahun itu.