Minggu, 14 November 2010

Serie A Pekan 12 : Juventus 1-1 Roma

Sebuah gol sensasional dari tendangan voli Vincenzo Iaquinta di menit 35 membawa Juve unggul 1-0 terlebih dahulu namun dapat disamakan melalui penalti kontroversial Francesco Totti dan membuat skor berakhir 1-1 pada lanjutan kompetisi Serie A pekan 12 di Stadio Olimpico Grande, Turin, Sabtu (13/11) malam waktu setempat.

Sejak awal pertandingan pertempuran berlangsung sengit, terbukti baru delapan menit laga berjalan, Juve sudah mengancam. Iaquinta yang mendapat umpan dari Quagliarela berhasil meloloskan diri dari kawalan bek roma dan sendirian berhadapan dengan kiper Roma, Julio Sergio. Namun sepakan Iaquinta masih bisa ditepis Sergio keluar lapangan.

Di menit 11, giliran Roma yang mendapatkan peluang. Kali ini, tendangan keras Jeremy Menez dari luar kotak penalti memaksa kiper Juve, Marco Storari, bekerja keras melindungi gawangnya.

Juve membuka skor di menit 35. Berawal dari aksi brlian Aquilani menyisir sisi kiri pertahanan Roma yang tak mampu dibendung. Tanpa mendapat banyak kawalan, Aquilani melepaskan umpan silang ke area penalti. Iaquinta yang berdiri bebas menyambut bola dan langsung melesakkan bola dengan tendangan voli membobol gawang Sergio, 1-0 buat Bianconeri.

Di masa injury time babak pertama, Roma mendapatkan hadiah penalti setelah salah seorang pemain Juventus yakni Pepe dianggap handball oleh wasit saat menghadang tendangan bebas Totti dari luar kotak penalty.Eksekusi penalti itu dilakukan oleh Totti dan membuat kedudukan berimbang 1-1. Skor tak berubah hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua Traore melakukan debutnya di Serie A setelah masuk menggantikan Fabio Grosso. Pada menit ke-54, pelatih Luigi Del Neri memutuskan untuk menarik keluar Iaquinta dan menggantikannya dengan Allesandro Del Piero.

Sebuah peluang didapat Juventus di menit ke-65, saat umpan silang Pepe mengarah ke Claudio Marchisio namun bola jatuh kurang sempurna ketika Marchisio mengontrol dengan dada dan disergap kiper Julio Sergio. Marchisio lebih dulu mengambil bola, tapi sudah tak ada ruang dan bola hanya keluar.

Juventus kembali melakukan pergantian pemain pada menit 76 saat Amauri masuk menggantikan Marchioso.

Pada menit ke-82 Melo mampu melewati beberapa pemain belakang Roma untuk menembus area terlarang dan melepaskan umpan kepada Aquilani. Namun sayang, tendangan keras Aquilani masih membentur salah satu pemain Roma. Sebuah tendangan kencang Quagliarela dari jarak jauh pada menit ke-86 masih ditepis oleh Julio Sergio sembari terbang.

Hingga sisa waktu yang ada habis, tidak ada tambahan gol yang tercipta. Kedua kesebelasan pun harus puas dengan hasil imbang 1-1. Bianconeri memainkan pertandingan yang sangat bagus dan karena penalti di akhir babak pertama menggagalkan mereka meraih tiga poin.

Susunan Pemain :

JUVENTUS
: Storari, Sorensen, Bonucci, Chiellini, Grosso (TraorĂ© 45’) , Pepe, Aquilani, Felipe Melo, Marchisio (Amauri 76’), Quagliarella, Iaquinta (Del Piero 54’).

ROMA: Julio Sergio, Cassetti (Rosi 45), Mexes, N. Burdisso, Riise, Simplicio, De Rossi, Greco (Brighi 75’), Menez, Vucinic, Totti (Borriello 68’).

Wasit : Rizzoli from Bologna

Kartu Kuning : Menez (2’), Greco (55’), Burdisso (84’)