Senin, 30 Agustus 2010

Start Buruk Juventus

Allenatore Juventus, Luigi Del Neri yang melakukan pembaharuan dalam skuad La Vecchia Signora menurunkan tak kurang dari enam pemain baru di bursa transfer sebagai starting line-up, termasuk Milos Krasic,dan striker Fabio Quagliarella yang dipinjam dari Napoli.

Namun, Del Neri harus merasakan kekecewaan saat Juventus harus menelan kekalahan 1-0 di kandang Bari. Tampak jelas Alessandro Del Piero dkk butuh waktu untuk saling beradaptasi satu sama lain. Cederanya Amauri dan Vincenzo Iaquinta mempengaruhi daya gedor lini depan Juve.

Saat laga baru berusia tiga menit Juve nyaris saja kebobolan, namun tembakan Barreto melayang jauh di atas mistar Marco Storari.Juve pun langsung bereaksi melalui Leonardo Bonucci yang memberikan ancaman ke gawang "I Galletti", memaksimalkan umpan silang Alessandro Del Piero. Sayang, penyelesaiannya buruk sehingga bola gagal mengenai sasaran.

Massimo Donati yang masuk menggantikan Alessandro Gazzi karena mengalami cedera, hampir membawa timnya unggul pada menit ke-19. Beruntubg, Storari berhasil menepis tembakan yang dilepaskannya dari luar kotak penalti.

Pada menit ke-22 sebuah peluang dari Abdel Ghezzal yang memanfaatkan umpan terobosan Barreto masih bisa ditangkal Marco Storari.Felipe Melo melepaskan tendangan yang masih melenceng pada menit ke-34 Setelah bekerjasama satu-dua dengan Del Piero,.

Beberapa peluang tercipta semakin membuat Bari tambah percaya diri. Mereka terus menekan lawannya. Perjuangan mereka pun berujung manis. Pada menit ke-43, Donati berhasil membawa timnya unggul. Setelah menerima umpan pendek dari Edgar Alvarez dan berhasil melepaskan diri dari kawalan Claudio Marchisio, langsung melakukan tendangan keras dari sisi kotak penalti dan menghujam pojok atas gawang Storari yang tak mampu diantisipasi kiper Juventus tersebut.Kedudukan 1-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua Juve coba meningkatkan intensitas serangan, namun pertahanan mereka malah semakin rentan. Beberapa kali para pemain Bari mampu menembus pertahanan Juve lewat serangan balik. Gawang Juve nyaris kebobolan dua kali. Edgar Alvarez hampir merobek gawang Juve jika saja Storari tidak cermat menghalau bola pada menit ke-47.

Masuknya Sissoko pada menit ke-63 untuk mengganti Felipe Melo tak membawa perubahan yang berarti. Juventus malah nyaris kebobolan lagi pada menit ke-73. Beruntung, Storari mampu memblok bola tembakan Abdelkader Ghezzal.

Sepuluh menit jelang laga usai, Juventus meningkatkan intensitas serangannya. Pada menit ke-83, Marco Motta nyaris mencetak gol balasan lewat tembakan kerasnya yang dilepaskan dari luar kotak penalti. Sayang, bola tembakannya masih mudah diamankan kiper Bari, Jean Francois Gillet.
Di injury time, Chiellini gagal mencetak gol balasan. Berdiri bebas dan lolos dari jebakan off-side, sundulan Chiellini meneruskan free-kick Del Piero justru melambung di atas mistar. Skor 1-0 untuk Bari bertahan sampai akhir pertandingan.

Del Neri merasa kecewa dan mengatakan bahwa performa timnya sangat buruk, terutama dalam melakukan tekanan dan menyebut bahwa Juve masih perlu beradaptasi dengan sejumlah pemain baru yang dimilikinya.

“Kami baru di awal kompetisi. Tim masih mencoba untuk melakukan segalanya untuk memberikan yang terbaik. Namun, kami memang tampil kurang baik dan kurang keberanian dalam melancarkan serangan,” tutur Del Neri kepada Sky Sport selepas laga, Senin (30/8/2010).

“Bagaimana pun, jika saja kami tak kecolongan satu gol spektakuler itu, kami mungkin bisa membawa pulang satu poin,” tambahnya menyesali gol indah Massimo Donati yang tak mampu dibendung Storari.

“Kami masih membutuhkan kerja keras di beberapa area. Jelas, musim ini akan sangat sulit seperti di kompetisi Italia dalam beberapa tahun terakhir,” lanjutnya.

“Saya tak tahu apa target kami musim ini, tapi kami jelas belum memasang target untuk menjadi pesaing serius Inter Milan dalam memburu Scudetto. Saya ulangi, ini baru permulaan dan masih banyak pekerjaan yang harus kami lakukan,” tandasnya.

Susunan pemain:

Bari: Gillet; Belmonte, Andrea Masiello, Rossi, Salvatore Masiello; Alvarez, Gazzi (Donati 16), Almiron, Ghezzal; Barreto (Castillo 75), Kutuzov. Cadangan: Padelli, Raggi, Parisi, Donati, Pulzetti, Rivas, Castillo. Pelatih: Ventura.

Juventus: Storari; Motta, Bonucci, Chiellini, De Ceglie; Krasic (Martinez 45), Felipe Melo (Sissoko 63), Marchisio, Quagliarella,Pepe (Lanzafame 58), Del Piero. Cadangan: Manninger, Grygera, Legrottaglie, Ferrero, Sissoko, Lanzafame, Martinez. Pelatih: Del Neri.

Wasit: Banti dari Livorno.

Kartu Kuning: Marchisio (45), Bonucci (88)