Senin, 20 Desember 2010

Serie A pekan 17 : Chievo 1-1 Juventus

Juventus menutup tahun 2010 dengan menuai hasil imbang saat bertandang ke kandang Chievo di stadion Marc Antonio Bentegodi pada laga lanjutan Serie A, Minggu, 19/12/2010. Sebuah gol dari Sergio Pelliser di menit 92 membuyarkan kemenangan Juventus yang sudah didepan mata setelah sebelumnya unggul 1-0 di menit 28 melalui gol indah Fabio Quagliarella.

Giorgio Chiellini kepada Davide Moscardelli dikotak penalti pada menit 15 membuat wasit harus mengeluarkan kartu kuning untuk Chiellini sekaligus menghadiahi Chievo tendangan penalti. Beruntung bagi Juve karena Marco Storari, yang tampil gemilang berhasil menghadang bola sepakan Marcolini yang mengarah ke sisi kanan.

Fabio Quagliarella membuktikan ucapannya bahwa dia hanya akan mencetak gol dengan indah setelah pada menit 28 berhasil membobol gawang Chievo yang dikawal Stefano Sorrentino. Umpan dari Vicenzo Iaquinta langsung disambar oleh Quagliarella dengan tendangan salto kaki kanannya, bola pun bersarang di pojok kanan atas gawang Chievo, 1-0 untuk Juventus.

Setelah waktu normal dan tambahan waktu 3 menit habis dibabak pertama, Kedudukan sementara tetap bertahan 1-0 untuk keunggulan Bianconeri. Babak pertama laga dikuasai oleh Juventus dengan posession 61% berbanding 39%. Untuk tembakan ke gawang, anak buah Luigi Del Neri juga lebih banyak yakni tiga kali berbanding dua.

Di awal babak kedua, tepatnya pada menit ke-52, Juventus terpaksa harus bermain dengan 10 pemain menyusul kartu merah yang diterima gelandang muda Manuel Giandonato karena mendorong jatuh gelandang Chievo Kevin Constant yang memiliki peluang mencetak gol di menit 52. Hanya bermain dengan 10 orang dan kondisi lapangan yang sangat buruk membuat pasukan La Vecchia Signora harus bekerja ekstra keras untuk mempertahankan keunggulan.

Chievo langsung mengambil alih kendali permainan. Keadaan pun mulai berbalik melawan Juventus. Chievo yang unggul jumlah pemain bermain semakin agresif dan menciptakan sejumlah peluang emas. Namun, justru Juve yang mendapat peluang emas pada menit 68 ketika Iaquinta sudah berhadapan satu lawan satu dengan kiper Chievo namun sayang masih masih dapat digagalkan oleh Sorrentino.Tiga menit kemudian, tembakan keras oleh Pellissier diblok dan dihalau oleh Chiellini.

Meskipun Juve harus bermain dengan 10 orang namun mereka tetap mampu mengancam gawang Chievo untuk menggandakan keunggulan setelah pada menit ke- 79 solo run Krasic dari tengah lapangan melewati dua bek dan penjaga gawang Chievo namun sayang tendangannya mengantam tiang gawang. Enam menit kemudian, upaya dari Pellissier dapat diselamatkan oleh Storari.

Chievo semakin gencar menyerang pada 4 menit tambahan waktu, hingga akhirnya berhasil mencetak gol penyeimbang pada menit 92 melalui kapten mereka, Sergio Pellisier memanfaatkan dengan sempurna umpan silang yang disodorkan Gennaro Sardo. Sepakan Pellissier mendarat di pojok gawang Storari. Skor 1-1 pun bertahan hingga wasit meniup peluit tanda pertandingan telah usai. Total secara keseluruhan Juventus menguasai bola sebanyak 48 persen dan menciptakan lima peluang emas dari delapan percobaan. Adapun, Chievo melepaskan empat tembakan berbahaya dari 16 usaha.

Susunan pemain :

CHIEVO VERONA: Sorrentino (Squizzi 70); Sardo, Mandelli, Cesar, Mantovani; Fernandes (Bogliacino 78), Guana, Marcolini (Granoche 61); Costant; Pellissier, Moscardelli.

JUVENTUS: Storari; Sorensen, Bonucci, Chiellini, Grosso; Krasic (Legrottaglie 87), Giandonato, Aquilani, Pepe (Traore 90); Quagliarella (Salihamidzic 58), Iaquinta.

Wasit : Bergonzi from Genova.

Kartu Kuning : Chiellini (15), Mandelli (45+3), Cesar (49), Bonucci (55), Fernandes (60), Mantovani (80).

Kartu Merah : Giandonato (51)

Hasil pertandingan Serie A lainnya :

19-December-2010

Lazio 3-2 Udinese
Bari 1-1 Palermo
Catania 1-0 Brescia
Napoli 1-0 Lecce
Parma 0-0 Bologna

18-December-2010

AC Milan 0-1 AS Roma
Cesena 1-0 Cagliari