Kamis, 02 Desember 2010

Liga Eropa : Lech Poznan 1-1 Juventus

Juventus Akhirnya harus tersingkir dari ajang Liga Eropa setelah bermain imbang 1-1 melawan tuan rumah Lech Poznan, Kamis (2/12) dini hari WIB. Laga yang dilangsungkan di Stadion Miejski ini nyaris ditunda karena suhu yang dingin dan hujan salju dengan suhu yang diperkirakan mencapai minus 15 derajat Celcius. Kondisi lapangan yang tertutup es membuat kedua tim kesulitan mengembangkan permainan mereka, terutama di babak kedua ketika lapangan sudah tertutup salju tebal.

Ketika petandingan baru berjalan 3 menit, pemain Lech sudah mengancam gawang Alex Manninger lewat tembakan dari luar kotak penalty namun bola masih melenceng dari sasaran.
Tendangan Chiellini dari dalam kotak penalti cuma melebar tipis. Ia memanfaatkan bola liar hasil tangkapan kiper Lech, Krzysztof Kotorowski, yang tidak sempurna.

Beberapa kali menciptakan peluang, Lech akhirnya mampu membuka gol di menit 12. Berawal dari tendangan pojok yang dilakukan Semir Stilic dimanfaatkan Rudnevs setelah menang duel udara dengan bek Giorgio Chiellini.

Pada menit ke-22 kiper Poznan, Kotorowski harus bersusah payah menepis bola sundulan dari Leonardo Bonucci.

Sebuah tendangan bebas dari Del Piero pada menit ke-33 gagal ditahan dengan sempurna oleh Kotorowski. Bola rebound lantas dihajar Bonucci, namun Kotorowski masih sigap menghadang bola.

Simone Pepe yang mendapatkan umpan dari sisi kiri pertahanan Poznan pada menit ke-39 gagal mengeksekusinya dengan sempurna. Keunggulan 1-0 untuk Lech Poznan bertahan hingga babak pertama berakhir.

Juventus menaikkan tempo pemainan di babak kedua. Sejumlah peluang diciptakan anak-anak asuh Luigi Del Neri. Namun, kiper Lech yang tampil brilian membuat Del Piero dkk frustrasi.

Akhirnya Bianconeri mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-84 melalui Vincenzo Iaquinta yang berhasil menyarangkan bola ke tiang jauh gawang Kotorowski memanfaatkan umpan daerah Milos Krasic.

Juve terus berusaha untuk menambah gol, tapi skor 1-1 tetap bertahan hingga laga usa. Hasil ini membuat Juventus berada di posisi ketiga dengan 5 angka dan harus tersingkir dari ajang Liga Eropa. Dengan satu pertandingan tersisa, ambisi Juve untuk lolos ke fase berikutnya mustahil terealisasi. Meski berpeluang menyamakan angka Lech (8), namun Lech dipastikan menang secara head-to-head karena mampu menahan Juventus 3-3 saat tandang ke Turin.

Susunan pemain :

LECH POZNAN: Kotorowski; Wojtkowiak, Bosacki, Arboleda, Henriquez; Peszko, Injac, Djurdejevic, Kryvets (Kikut 54); Stilic (Kaminski 82), Rudnevs (Mozden 61)

JUVENTUS: Manninger; Camilleri, Bonucci, Chiellini, Traore (Libertazzi 80), Krasic, Sissoko (Melo 75), Marchisio, Pepe (Lanzafame 67); Del Piero, Iaquinta.

Wasit : Teixeira Vitienes (Spain)