Kamis, 23 Desember 2010

Langkah Kecil Untuk Tujuan Besar

Gigi Del Neri merasa senang dengan kemajuan di Juventus. "Kita harus membuat langkah-langkah kecil untuk mencapai tujuan yang besar."

Juventus tergelincir dari tempat kedua ke posisi keempat klasemen sementara Serie A setelah hasil imbang yang mereka peroleh saat melawan Chievo, tetapi masih dalam jalur perburuan Scudetto.

"Kami bekerja dengan baik," katanya kepada Sky Sport Italia. "Ada saat untuk memulai dengan yang tidak mudah, tapi kami kembali ke jalur dengan kerja keras dari para pemain.

"Sekarang hasilnya akan datang, tapi kami ingin memperbaiki lebih banyak lagi. Sayang kami keluar dari Liga Europa dengan cara yang tidak tepat, jika saja kami bermain dengan performa seperti sekarang dan bukan seperti tiga bulan lalu, mungkin kami masih bertahan di kompetisi. "

Juventus mempunyai masa terburuk mereka dalam beberapa dekade sebelum Del Neri datang dari Sampdoria untuk melatih.

"Menjadi pelatih Juventus adalah sebuah tes penting, sebuah tantangan dan di atas semua kehormatan. Aku ingat pada awal ada sikap skeptis karena aku tidak pernah benar-benar memimpin klub papan atas. Itu sesuatu yang logis dan benar adanya.

"Seseorang yang mempunyai nama besar bisa saja dimaafkan bila terjadi sesuatu yang buruk, tetapi dengan nama kecil harus bisa membuktikan dirinya sendiri di tengah suasana dan tingkat tekanan yang berbeda.

"Hasil yang kami peroleh masih belum seperti apa yang seharusnya dan dapat menyebabkan ketegangan. Aku tidak akan menyangkal bahwa memang ada kesulitan, "lanjut Del Neri.

"Permainan baru-baru ini telah memberikan kami kepercayaan dan sikap yang lebih tenang di lapangan. Filosofi saya adalah kita harus membuat langkah-langkah kecil untuk mencapai tujuan besar.

"Saya selalu harus menyorot target kecil, seperti mencetak lebih banyak gol, mendapatkan poin lebih banyak dari musim lalu, menyelesaikan kompetisi di posisi kelima, lalu empat, lalu ketiga, lalu kedua. Motivasi ini membantu semua untuk membangun. "