Senin, 31 Januari 2011

Serie A pekan 22 : Juventus 1-2 Udinese

Juventus kembali menelan kekalahan di kandang sendiri saat menjamu Udinese di stadion Olympico, Turin, Minggu atau Senin (31/1/2011) dini hari WIB, Juventus dipaksa menyerah 1-2. Sebelumnya Juventus dipermalukan di kandang sendiri oleh As Roma 2-0 diajang coppa Italia.

Di babak pertama, di bawah kondisi lapangan yang licin, kedua tim tampil terlalu hati-Nyaris tak ada ancaman berarti di menit-menit awal pertandingan. Meski kedua tim melakukan jual beli serangan, gawang masing-masing kubu terbilang aman. Peluang pertama Bianconeri tercipta di menit 19 melalui Leonardo Bonucci. Sayang, Bonucci membuang kesempatan begitu saja.

Peluang emas tercipta bagi Juve terjadi pada menit ke 37. Tendangan keras Alessandro Del Piero masih bisa dimentahkan kiper Samir Handanovic. Sementara peluang emas Udinese pada menit ke 89 melalui tendangan Maurizio Isla yang masih menyamping meskipun kiper Gianluigi Buffon sudah mati langkah.

Hingga babak pertama berakhir kedudukan tetap 0-0. Ball possession juga hanya beda tipis, yaitu 56 persen untuk Juve dan 44 persen untuk Udinese.

Di babak kedua Juve menaikkan tempo permainan. Del Piero sudah memberikan ancaman pada dua menit babak kedua berjalan. Sayang tendangannya masih melenceng di sisi kiri gawang Handanovic. Satu menit berselang, Del Piero kembali memberikan ancaman, tapi Handanovic masih bisa meredamnya.

Udinese mencoba membalas lewat aksi Pinzi pada menit ke-50. Namun, Gianluigi Buffon dengan sigap meninju bola ke luar lapangan. Percobaan kedua Pinzi pada menit ke-54 juga masih belum menemui sasaran.

Peluang emas didapat Antonio Di Natale pada menit ke-55. Lolos dari jebatan offside, Di Natale menceploskan bola melewati Buffon. Sayang bola masih tipis di sisi kiri gawang Buffon. Sebelumnya, Di Natale membuat Buffon harus berjibaku menyelamatkan gawangnya.

Juventus berhasil unggul terlebih dahulu pada menit ke-60 melalui gol spektakuler Claudio Marchisio yang melepaskan tendangan salto yang memanfaatkan bola muntah hasil tendangan Del Piero yang gagal disapu bersih defender Zebrette tanpa bisa dihentikan kiper Udinese Samir Handanovic.

Namun skor 1-0 untuk Juve tak bertahan lama. Udinese berhasil menyamakan kedudukan melalui Cristian Zapata menyamakan kedudukan di menit 67. Berawal dari ketikdasempurnaan penyelamatan Gianluigi Buffon mengamankan bola tendangan Di Natale, sepakan Zapata dari jarak dekat menjadikan skor menjadi 1-1.

Lima menit sebelum pertandinga usai bencana datang buat Juventus karena gawang mereka kembali bobol. Umpan dari Mauricio Isla dimanfaatkan dengan baik oleh Alexis Sanchez dengan tendangan mendatar yang tak mampu dibendung Buffon.

Tertinggal 1-2 membuat permainan menjadi keras dan kasar. Pelanggaran Leonardo Bonucci terhadap Sanchez menit ke-87 langsung dihadiahi wasit Antonio Giannoccaro kartu merah. Selang satu menit berikutnya tim tamu juga kehilangan satu anggota skuadnya setelah Sanchez juga diusir usai mendapat kartu kuning kedua karena melanggar Del Piero. Hingga laga berakhir kedudukan 2-1 untuk keunggulan Udinese tak berubah.

Susunan Pemain :

JUVENTUS: Buffon; Chiellini, Felipe Melo, Grosso, Marchisio ( Libertazzi 88’ ), Del Piero, Aquilani ( Sissoko 84’ ), Bonucci, Grygera, Martinez, Krasic.

UDINESE: Handanovic, Zapata, Isla, Sanchez, Di Natale ( Abdi 70’ ), Domizzi, El Mouttaqui, Asamoah, Armero ( Coda 91’ ), Pinzi, Inler ( Denis 66’ ).

Wasit: Giannoccaro from Lecce
Kartu Kuning: Sanchez 27’, Martinez 31’, Grosso 73’, Abdi 80’.
Kartu Merah : Bonucci 87’, Sanchez 88”

Hasil pertandingan Serie A lainnya :

30 Januari 2011

Brescia 0-3 Chievo
Cagliari 2-1 Bari
Genoa 3-1 Parma
Inter 3-2 Palermo
Lecce 1-1 Cesena
Napoli 4-0 Sampdoria

29 Januari 2011

Catania 0-2 Milan
Lazio 2-0 Fiorentina