Jumat, 14 Januari 2011

Coppa Italia : Juventus 2-0 Catania

Kembalinya penjaga gawang utama Gianluigi Buffon ke bawah mistar Juventus ditandai dengan kemenangan 2-0 atas Catania. Gol dari Milos Krasic dan Simone Pepe ke gawang Catania di Stadion Olimpico Turin, Jumat (14/1) dinihari WIB, mengantarkan Juventus ke babak perempatfinal Coppa Italia.

Ini adalah pertama kalinya Buffon bermain sejak mengalami cedera di Piala Dunia lalu. Penampilannya cukup memuaskan karena ia sanggup menjaga gawangnya tetap steril.

Pemain veteran Juventus Alessandro Del Piero menjadi otak kemenangan Juventus. Dua gol Juventus yang dicetak Milos Krasic dan Simone Pepe berasal dari umpan matang Del Pierro.

Kabar buruk bagi Juve di menit 18 setelah Luca Toni harus keluar dengan tertatih-tatih karena mengalami cidera. Dengan tidak adanya striker lain yang tersedia, Alberto Aquilani datang menggantikannya dan Pepe di dorong untuk lebih ke depan lagi.

Meski tanpa Luca Toni Juve tak menyerah.dan tetap bermain agresif. Serangan-serangan langsung dilancarkan ke daerah berbahaya Catania. Terobosan pemain depan Juventus akhirnya membuahkan hasil lewat gol Milos Krasic di menit ke-35.

Menerima umpan dari Del Piero, Krasic melepaskan tembakan voli yang tak mampu dihentikan oleh kiper Andrea Campagnolo, 1-0 untuk Juve. Kedudukan ini bertahan hingga istirahat.

Seusai jeda, tuan rumah tak menurunkan tekanan mereka. Alhasil, gol kedua pun datang berkat penyelesaian akurat Simone Pepe. Memanfaatkan kemelut di depan gawang, Pepe dengan cerdik melepaskan tembakan kaki kiri yang merobek jala Catania, 2-0 untuk Juve. Sekitar dua menit kemudian, Pepe kembali menjebol gawang Catania yang dijaga Campagnolo. Namun gol itu dianulir wasit karena offside.

Hingga babak kedua berakhir, tim tuan rumah tetap unggul. Di babak perempatfinal nanti, Juve akan bertemu pemenang derby Roma, AS Roma atau Lazio, yang pertandingannya baru akan digelar pada Rabu (19/1).

Susunan pemain :

JUVENTUS: Buffon; Sorensen, Bonucci, Chiellini, Grosso; Krasic, Felipe Melo, Simone Pepe, Marchisio; Del Piero (Motta 90), Toni (Aquilani 18).
CATANIA: Campagnolo; Silvestre, Augustyn, Spolli (Strumbo 90), Marchese; Sciacca; Martinho (Pesce 76), Delvecchio, Mascara (Gomez 74), Ricchiuti; Antenucci.

Wasit : Russo from Nola

Kartu Kuning : Silvestre (62), Marchisio (67), Sciacca (88)