Senin, 10 Januari 2011

Serie A pekan 19 : Napoli 3-0 Juventus

Juventus kembali mengalami kekalahan yang cukup telak, kali ini giliran Napoli yang menumbangkan Bianconeri dengan skor 3-0 pada lanjutan Serie A di Stadion San Paolo, Senin dinihari WIB, 10 Januari 2011.

Striker internasional Uruguay Edinson Cavani menjadi bintang kemenangan Partenopei dengan hattrik yang dicetaknya. Uniknya, Cavani mencetak ketiga golnya melalui sundulan.

Marco Storari harus memungut bola dari dalam gawangnya saat laga berjalan 19. Edinson Cavani yang berdiri bebas di kotak penalti sukses menggetarkan jala Marco Storari melalui sundulan, memanfaatkan umpan silang Christian Maggio. Napoli unggul 1-0.

Dua menit berselang, Ezequiel Lavezzi nyaris menggandakan keunggulan Partenopei. Setelah melewati Znedek Grygera, bomber Argentina melepaskan tembakan keras yang untungnya masih bisa di tepis Storari.

Terus ditekan, Juve membalas melalui peluang Carvalho Amauri di menit ke-22. Striker Italia berdarah Brasil melepaskan tembakan keras yang memaksa Morgan De Santics terbang untuk menyelamatkan gawangnya.

Satu menit kemudian, bomber anyar Juve Luca Toni yang dipercaya Luigi Del Neri bermain sebagai starter, sempat menggetarkan gawang De Santics lewat sundulan mematikannya. Namun, wasit menganulir gol tersebut karena Toni dinilai telah melakukan pelanggaran terhadap De Santics yang terkapar akibat berbenturan dengannya.

Belum sempat menyamakan kedudukan, para pendukung Juve kembali terhenyak saat melihat Cavani kembali menaklukkan Storari di menit ke-26. Gol kedua striker timnas Uruguay ini kembali tercipta lewat sundulan setelah memanfaatkan umpan matang Andrea Dossena. Keunggulan 2-0 untuk Napoli bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Juve langsung mengambil inisitif serangan demi mengejar defisit dua gol. Dua menit berjalan, Pepe yang mengambil eksekusi tendangan bebas, berhasil mengirim umpan yang disambut Toni dengan sundulan. Sayang, upaya mantan bomber Fiorentina, Bayern Munich dan Genoa ini masih belum menemui sasaran (menyamping).

Toni lagi-lagi mendapat peluang emas di menit ke-49. Nahasnya, sundulannya memanfaatkan umpan Claudio Marchisio juga masih belum membuahkan hasil. Kali ini sundulan mantan bomber timnas Italia masih tepat mengarah ke De Santics.

Saat tengah gencar melakukan tekanan, barisan belakang Juve lengah. Kondisi ini langsung dimanfaatkan Napoli untuk menambah pundi-pundi gol di menit ke-54. Berawal dari kerja sama apik Lavezzi dan Marek Hamsik, Cavani melepaskan diving header yang tak kuasa dijangkau Storari. Hattrick yang dicetak Cavani membuatnya manyamai torehan gol striker Udinese Antonio Di Natale dengan 13 gol sebagai top skor sementara Serie A.

Unggul tiga gol, pelatih Napoli Walter Mazzarri menginstruksikan anak asuhnya untuk memfokuskan diri menjaga pertahanan. Hal ini langsung dimanfaatkan Juve untuk menyerang balik. Di menit ke-72, Juve memiliki peluang emas untuk memperkecil ketertinggalan. Alessandro Del Piero mengirim umpan tendangan bebas cantik yang hanya butuh sedikit sentuhan untuk menciptakan gol. Sayang, Giorgio Chiellini yang melompat menyambut bola gagal menjangkaunya.

Di sisa 15 menit pertandingan, Juve terus menggeber serangan. Namun, performa solid barisan belakang Napoli membuat setiap serangan Juve selalu mentah. Hasilnya, Juve gagal mencetak gol hingga berakhirnya laga.

Susunan pemain :


NAPOLI: De Sanctis; Grava, Cannavaro, Campagnaro; Maggio, Gargano, Pazienza, Dossena (Aronica 67); Hamsik (Yebda 77), Lavezzi; Cavani (Sosa 84)

JUVENTUS: Storari; Grygra, Bonucci, Chiellini, Traore (Grosso 45); Krasic, Marchisio, Aquilani, Pepe (Motta 65); Amauri (Del Piero 51), Toni.

Wasit : Morganti from Ascoli Piceno.

Kartu Kuning : Traore (40), Dossena (45), Hamsik (55), Maggio (57), Pepe (60)

Hasil pertandingan Serie A lainnya :

Parma 1-2 Cagliari
Milan 4-4 Udinese
Catania 1-2 Inter
Bari 0-2 Bologna
Lazio 1-2 Lecce
Sampdoria 2-1 AS Roma
Cesena 0-0 Genoa
Fiorentina 3-2 Brescia
Chievo 0-0 Palermo