Jumat, 28 Januari 2011

Coppa Italia : Juventus 0-2 Roma

Langkah Juventus di perempat final Coppa Italia harus terhenti oleh AS. Roma. Dalam pertandingan yang dilangsungkan di Stadion Olimpico Turin, Jumat (28/1/2011) dinihari WIB, dua gol kemenangan Roma datang dari Mirco Vucinic dan Rodrigo Taddei di babak kedua.

Pada menit-menit awal pertandingan kedua tim tampil terlalu hati-hati, laga mulai panas memasuki menit ke-17 ketika tendangan Jeremy Menez disambut Nicolas Burdisso lewat sundulannya yang hanya melebar dari gawang Juve yang dikawal Marco Storari. Dua menit kemudian, Storari berhasil memblok tendangan Vucinic. Juve baru membalas di menit ke-28 ketika tendangan kapten Alessandro Del Piero yang membentur bek Roma ditip kiper Julio Sergio.

Pertandingan ini sendiri cenderung kasar. Beberapa pelanggaran terjadi dan membuahkan satu kartu kuning bagi kedua tim. Satu untuk Philippe Mexes (Roma) dan satu untuk Marco Motta (Juventus). Bahkan pada menit ke-32, Mirko Vucinic harus mendapat perawatan setelah berduel dengan Mohamed Sissoko.

Di babak kedua, pelatih Roma Claudio Ranieri menarik Menez dan memasukkan Marco Boriello untuk menambah daya dobrak timnya. Di lain pihak, Luigi Del Neri memasukkan Milos Krasic menggantikan Carvalho Amauri yang tampil kurang maksimal.

Tiga menit berjalan, Giallorossi memiliki peluang. Berawal dari umpan Vucinic kepada Boriello, mantan striker AC Milan meneruskannya dengan memberikan umpan silang kepada Fabio Simplicio yang langsung menyambutnya dengan sundulan, namun sayang masih bisa diamankan Storari.

Pada menit 63. Krasic menggiring bola menuju kotak penalti dan kemudian melepaskan tembakan chip dengan maksud mengelabui kiper Julio Sergio. Sayang, tendangan Krasic masih melambung di atas mistar.

Roma akhirnya membuka keunggulan di menit 65 melalui tendangan melengkung Vucinic yang mengarah ke sudut tiang jauh gawang. Gol tersebut diciptakan Vucinic usai melakukan kerjasama dengan Simone Petrotta.

Unggul satu gol, Roma kian semangat menekan pertahanan Juve dan hampir saja menambah golnya pada menit ke-68. Namun, tandukan dari Mexes masih bisa diselamatkan oleh Storari.

Di menit 86 kubu Bianconeri mengklaim penalti saat Del Piero dilanggar dari belakang oleh Mexes dalam kotak terlarang. Tim tamu beruntung wasit tak menunjuk titik putih dari insiden tersebut. Satu menit memasuki injury time, Roma memastikan keunggulan melalui gol dari Rodrigo Taddei. Berawal dari umpan lambung Daniele De Rossi ke kotak penalti, Taddei yang lolos dari jebakan offside menyambutnya dengan tendangan akrobatik yang tak mampu dijangkau Storari.

Skor 2-0 untuk Roma menjadi hasil akhir laga. Giallorossi pun berhak melenggang ke babak empat besar dan akan menghadapi Inter Milan yang telah lebih dulu melenggang usai menang adu penalti dari Napoli.

Susunan Pemain :

JUVENTUS: Storari; Motta (Grosso 72’), Bonucci, Chiellini, Grygera; Martinez, Felipe Melo, Sissoko, Pepe (Iaquinta 61’); Amauri (Krasic 46’), Del Piero.

ROMA: Julio Sergio; Cassetti, Mexes, Burdisso, Riise; Simplicio, De Rossi, Brighi (Taddei 40’); Perrotta; Vucinic, Menez (Borriello 46).

Wasit: Damato from Barletta.

Kartu Kuning: Mexes 23’, Motta 30’.