Senin, 17 Januari 2011

Serie A pekan 20 : Juventus 2-1 Bari

Juventus meraih kemenangan pertama di tahun 2011 berkat kemenangan tipis 2-1 atas Bari di Olimpico Turin, Minggu 16 Januari 2011. Setelah dikalahkan Parma dan Napoli dalam dua pertandingan terakhir, Juventus diwajibkan meraih poin penuh saat menjamu Bari jika ingin meramaikan perebutan Scudetto.

Juve memang tengah mengalami krisis striker menyusul cedera yang dialami Luca Toni, Vicenzo Iaquinta dan Fabio Quagliarella. Hal itu membuat pelatih Luigi Delneri terpaksa menurunkan striker muda, Niccolo Giannetti, untuk menemani Del Piero. Buffon tampil pertama kalinya di Serie A musim ini setelah cidera panjang yang dialaminya.

Bintang kemenangan Nyonya Tua di pertandingan ini adalah sang kapten Alessandro Del Piero. Bintang gaek ini menciptakan satu gol dan merancang gol kedua, untuk mengemas poin maksimal di pekan ini.

Juventus mendapat tembakan pertama di menit kesembilan. Alberto Aquillani melepas sepakan kaki kanan dari sisi kiri kotak tetapi masih melebar.

Nicola Belmonte menciptakan peluang pertama untuk tim tamu hasil kerja sama dengan Andrea Masiello. Tetapi Gianluigi Buffon masih sigap menangkap bola yang mengarah ke tengah atas gawangnya.

Bari kembali merepotkan barisan pertahanan tim tuan rumah. Diawali dari tendangan bebas, Alessandro Gazzi mengirim umpan ke dalam kotak yang diterima Jaime Romero Gomez. Tetapi lagi-lagi bola berhasil dijinakkan oleh Buffon.

Peluang emas didapat Juve di menit 27. Sepak pojok Alessandro del Piero membuat Jean Francois Gillet harus berjibaku menyelamatkan gawangnya.

Del Piero kembali membuat sorakan Juventini bergema setelah tendangan bebasnya hanya melambung tipis di atas jaring Gillet.

Juve kembali memperoleh tendangan bebas dari arah tengah dan luar. Tetapi Del Piero menyia-nyiakannya lantaran sepakannya terlalu melambung.

Gol yang ditunggu-tunggu pendukung Juve akhirnya lahir lewat aksi dari Del Piero. Melalui sebuah tendangan bebas, Del Piero mengirim bola ke pojok kanan atas gawang Jean Francois Gillet. Kedudukan 1-0 untuk Juve bertahan hingga jeda..

Bari mencoba keluar menyerang di awal babak kedua. Hasilnya terlihat di menit 57, Gergely Rudolf mampu menjebol gawang Gianluigi Buffon, memaksimalkan umpan dari Edgar Alvarez.

Edgar Alvarez berlari kencang dengan menusuk dari sisi kiri lapangan, bola diumpankan kepada Gergely Rudolf yang lantas melesakkan bola tanpa dapat dibendung Buffon. Skor kini 1-1.

Gawang Bari diancam oleh serangan Juve. Sepakan Aquillani dan heading Jorge Martinez melebar tipis saja ke arah kiri gawang Gillet.

Juve akhirnya sukses menambah keunggulannya di menit 79. Umpan tendangan bebas Del Piero ke kotak penalti dihalau oleh bek Bari, namun bola jatuh ke kaki Alberto Aquilani dan sukses dihunjamkan sang gelandang ke pojok kiri bawah gawang Gillet.

Kerja sama Milos Krasic-Aquilani melahirkan sebuah peluang. Tapi sepakan Aquillani dari luar kotak masih terlalu tinggi.

Massimo Donati mengancam di masa injury time. Namun sepakannya dari luar kotak terlarang juga masih tinggi dan melebar.

Tambahan tiga angka membuat Juventus naik ke posisi lima dengan 34 poin. Sedangkan Bari kian terpuruk di dasar klasemen dengan 14 poin.

Susunan Pemain :

JUVENTUS: Buffon, Sorensen (Motta 64th), Chiellini, Bonucci, Traore (Grygera 77th), Krasic, Sissoko, Aquilani, Pepe, Del Piero. Giannetti (Martinez 58th).

BARI: Gillet, Masiello, Rossi, Glik, Belmonte, Alvarez, Donati, Gazzi, Romero, Kutuzov (Okaka 50th), Rudolf (Castillo 76th).

Wasit :
Brighi

Kartu Kuning : Donati (39), Sorensen (51), Castillo (91), Grygera (95)

Hasil pertandingan serie A lainnya :

Lecce 1-1 AC Milan
Catania 1-1 Chievo
Genoa 2-4 Udinese
Cesena 0-1 AS Roma
Cagliari 3-1 Palermo
Lazio 1-0 Sampdoria
Brescia 2-0 Parma
Napoli 0-0 Fiorentina
Inter 4-1 Bologna