Sabtu, 22 Januari 2011

Buffon :" Aku ingin mengakhiri karier di Juventus "

Kiper Juventus Gianluigi Buffon telah berusaha untuk mengakhiri spekulasi tentang masa depannya dengan menyatakan bahwa ia ingin bermain bagi Juventus selama sisa karirnya.

Namun kiper Italia No 1 itu, yang telah menjadi kiper paling mahal sepanjang masa sejak dia bergabung dengan Juve dengan nilai transfer 32.600.000 £ pada tahun 2001, telah menekankan berulang kali bahwa dia merasa bahagia di klub dan menyatakan ingin tetap berada di Juventus untuk waktu yang lama.

Pernyataan itu merupakan tanggapan terhadap media-media Italia yang menyebut Buffon bakal pindah ke Manchester City atau Manchester United, akhir musim ini.

Berikut adalah wawancara panjang Buffon untuk Federico Ferri dari Sky Sports yang dikutip dari situs resmi Juventus.


Selamat datang kembali, Gigi. Apa yang Anda rasakan ketika Anda memakai sarung tangan Anda dan mengambil kembali tempat anda?
Pertama kali saya memakai sarung tangan saya kembali sekitar sebulan lalu, sebelum saya memainkan pertandingan pertama saya. Tentu saja itu sedikit terasa emosional, bahkan jika saya berlatih jauh dari Vinovo, sering kali saya di Isokinetic. Mengenakan sarung tangan adalah momen yang signifikan, dan mengembalikan kepercayaan diri dan harapan saya.

Apakah Anda pernah merasa khawatir? Khawatir bahwa Anda tidak akan dapat kembali, atau sebaik seperti sebelumnya, mengingat risiko pada operasi yang Anda jalani ...
Lebih dari khawatir. Saya selalu menganggap sangat serius setiap cedera yang saya alami. Tapi saya percaya pada nasib dan saya percaya bahwa jika ada masalah, Anda akan dapat menemukan solusinya. Tapi Jika tidak, itu tidak akan menjadi masalah.

Bagaimana dengan hari-hari di fisioterapi dan berlatih di gym setelah cedera Anda?
Aku harus hidup tanpa terlalu memikirkan tentang hal itu karena, jelas, berada di luar selama enam sampai tujuh bulan tidak mudah bagi seseorang seperti saya. Tapi aku sudah punya pengalaman sebelum Piala Dunia 2006 ketika saya keluar dengan cedera bahu selama lima bulan. Pada kesempatan itu, saya menghabiskan seluruh waktu pemulihan saya bersama dengan skuad dan saya merasa jadi lebih menderita. Ini tak terelakkan dikelilingi oleh rekan tim, mendengar mereka berbicara tentang permainan dan sayangnya saya masih cedera dan tidak bisa terlibat sama seperti mereka. Saya rasakan bahwa sangat sulit untuk bisa menanganinya.

Jadi karena ini Anda tinggal jauh dari tempat pelatihan?
Ya, kali ini saya mengatur situasi dengan cara yang berbeda, dan kembalinya saya untuk tindakan lebih bertahap.
Apakah tim banyak berubah sejak Anda tidak bisa dimainkan?
Pada bulan Mei tidak diragukan lagi Juventus yang terjatuh pada setiap rintangan. Karena dalam beberapa pertandingan terakhir menjadi sangat mengecewakan bagi mereka yang bisa mengingat Juventus sebagaimana mestinya. Saya pikir itu pasti titik terendah kita.

Dan bagaimana dengan Juventus hari ini?
Ini adalah Juventus yang terdiri dari banyak pemain muda, dengan banyak dihuni pemain Italia, ada beberapa pemain juara, beberapa pemain berbakat, dan yang lainnya yang ingin menjadi besar. Jika kita bekerja di mode yang tepat dan memiliki sedikit keberuntungan, kami akan dapat memiliki musim yang hebat karena sampai tiga, empat hari Minggu yang lalu kita tidak memiliki kekalahan di dua pertandingan berturut-turut. Kami akhirnya berhasil saat melawan Bari dan berharap untuk terus bergerak maju.

Bagaimana menurut Anda yang bisa Juventus raih? Juara, tempat di Liga Champions ...
Tentu saja ada beberapa tim di posisi yang lebih baik dari kita, tapi itu bukanlah rahasia. Jelas kita tidak bisa maju hanya dengan diri kita sendiri, atau berpikir bahwa kita sudah kalah. Sebuah tim seperti kita harus selalu memainkan setiap pertandingan, mengetahui bahwa kita mempunyai sisi yang sangat bagus untuk dapat terus berkembang. Tapi yang terpenting bahwa kita tidak kembali ke posisi terendah tahun lalu. Itu sesuatu yang saya sangat yakini

Siapa favorit untuk juara?
favoritnya? Bagi saya tim terkuat adalah Inter. Tentu saja. Tapi favoritnya adalah Milan karena mereka mulai lebih baik dari Inter.

Anda telah mengatakan: Pada waktu itu banyak yang membicarakan tentang aku, tapi aku tetap diam. Yah aku ingin kau tahu apa yang telah dikatakan tentang Anda, dan pendapat Anda. Mulai dari: "Buffon marah karena Storari dibeli sebelum dia mengalami cidera, sehingga dia tahu bahwa klub berniat untuk menjual dia." Benar atau salah?
Juni lalu, saya bertemu dengan direktur olahraga baru, Marotta, untuk mengetahui visi klub dan mereka ingin jika saya tetap tinggal. Dia meyakinkan saya bahwa saya adalah bagian penting dari tim dan mereka ingin saya tinggal di klub. Dan kemudian, tentu saja, ketika saya cidera mereka membutuhkan seorang penjaga gawang.

Lanjut pada: "Buffon marah karena pelatih kiper dan pelatih pribadi Alessandro Nista kontraknya tidak diperpanjang untuk musim ini".
Tidak, aku bisa katakan bahwa hal semacam ini adalah biasa, terutama ketika ada manajer baru, seperti Del Neri, tiba dengan staf pribadinya. Dan kemudian segalanya beradaptasi dengan manajemen baru. Tapi itu adalah hak klub.

Lagi: "Hubungan dengan klub yang tegang. Buffon tidak lagi dianggap penting, seperti yang sebelumnya ".
Hal semacam ini harus ditanyakan kepada klub. Sejauh yang saya ketahui, saya berbicara dengan Andrea Agnelli, Marotta dan Del Neri, dan saya merasa yakin bahwa saya tetap penting untuk klub.

Apakah Anda berpikir bahwa ada hubungan tegang dalam klub?
Tidak, aku sering mendengar ini, juga sejauh manajer kami yang bersangkutan, tapi aku berbicara banyak dengan manajer dan dari itu kita menemukan sesuatu yang lucu. Jika saya memiliki hubungan tegang dengan seseorang, aku tidak akan berbicara dengan mereka.

Satu lagi: "Buffon mendapatkan gaji terlalu besar, klub harus menjual dia"
Apa yang bisa saya katakan? Ini adalah topik lain untuk membicarakannya dengan klub. Saya tidak dapat memberikan jawaban. Saya tidak tahu apakah ini bisa menjadi masalah atau tidak. Tentu saja, saya berpikir bahwa pemain beruntung karena kita mendapatkan gaji yang besar, tapi di sisi lain ada pemain tertentu yang memang layak untuk mendapatkan jumlah tersebut.

Anda diberi sebuah perayaan besar ketika Anda kembali. Bagaimana yang Anda rasa?
Itu adalah salah satu momen paling menyentuh dalam 10 tahun saya sebagai pemain Juventus. Setelah keluar selama tujuh bulan, Anda tidak pernah tahu bagaimana pendukung akan bereaksi ketika mereka melihat Anda lagi. Sudah jelas bahwa ada cinta tanpa syarat yang di tunjukkan mereka kepada saya, itu adalah sesuatu yang benar-benar menyentuh saya, itu tidak dapat dipungkiri.

Minggu lalu, para penonton memberikan standing ovation kepada Marco Storari, yang menggantikan Anda selama ketidakhadiran Anda, Anda juga terlihat bertepuk tangan untuk dia. Bagaimana Anda dengan dia?
Sangat baik karena dia tipe pria yang dapat Anda ajak bicara, bekerja dengannya dan bercanda dengannya. Oleh karena itu, saya berpikir bahwa dia juga serupa dengan saya. Dalam 17 tahun bermain sepakbola saya pikir saya punya hubungan yang baik dengan hampir semua rekan tim saya.

Apa yang akan Anda sarankan untuk Storari? Haruskah ia tinggal atau harus dia pergi?
Marco harus melakukan apa yang ingin dia lakukan. Dia sudah cukup dewasa untuk membuat keputusan itu. Setelah berbicara dengannya, jelas bahwa dia menikmati hidup di Juve, dan melakukan pekerjaan yang sangat baik, seperti yang dia lakukan, dan telah menciptakan hubungan yang baik dengan rekan tim dan pendukungnya. Tapi dia seorang pria ambisius, seorang pria yang mungkin, sekarang dia berusia 33 atau 34 tahun yang sudah berada di puncak kematangan dan dia mungkin ingin terus bermain. Ini, menurut pendapat saya, lebih dari alasan untuk dimengerti. Tapi itu juga benar, Anda tahu, bahwa Juve selalu Juve dan meninggalkan mereka selalu terasa berat.

Del Neri menjelaskan makna kutipan tentang Anda dan Storari yang ia katakan pada bulan yang lalu. Saya akan menanyakan apa yang Anda pikirkan ketika Anda mendengar kata-katanya dan, apakah Anda berbicara kepadanya setelah konferensi pers?
Sejujurnya, saya tidak mendengar apa yang dikatakan. Jelas saja, delapan puluh ribu orang setelah itu memberitahu saya. Tapi sejujurnya, setelah hari itu, manajer kami segera membawaku ke samping di ruang ganti dan menjelaskan alasan di balik apa yang dia katakan. Dia juga menjelaskan bagaimana wartawan memutar kata-katanya. Saya berharap bahwa ini adalah tanda hormat terhadap Storari dan itu benar apa yang dikatakannya. Aku selalu mendapatkan tempat di tim ketika saya sudah fit dan bahkan ketika tidak berada dalam kondisi prima. Ketika aku tidak merasa yang terbaik, hal itu benar saja jika ia lebih memilih orang lain.


Anda menjadi kapten untuk tim nasional praktis ketika Anda berada di meja pengobatan, apakah Anda merasa Anda berutang kepada Prandelli?
Tentunya untuk berterima kasih padanya, itu setidaknya yang aku bisa lakukan. Pada waktu itu saya tidak merasa yang terbaik, baik secara fisik dan psikologis, karena itu adalah operasi sulit yang saya alami. Tapi mengetahui bahwa ada seseorang, manajer tim nasional, yang menghargai Anda adalah sesuatu yang bisa memberikan kekuatan, meningkatkan semangat Anda dan memberi Anda keinginan untuk dapat pulih kembali secepat mungkin. Anda tahu seseorang yang menunggu untuk Anda dan Anda tahu bahwa selama beberapa tahun, mudah-mudahan, akan ada target penting, yang perlu sekali adalah berada dalam kondisi baik dan memiliki rasa lapar untuk sukses. Saya berpikir bahwa mungkin waktu saya dengan tim nasional ini tidak cepat berakhir dan orang masih memiliki keyakinan besar dengan kemampuan saya. Ketika orang mengharapkan hal-hal yang besar dari saya, saya ingin memenuhinya untuk mereka.

Dalam beberapa hari Anda akan berusia 33 tahun. Apakah Anda merasa bahwa Anda memasuki fase kedua dari karir Anda?
Nah, tahap kedua ... aku pikir aku sudah berada pada tahap yang berbeda dalam karir saya. Bergabung ke Juventus dari Parma sepuluh tahun yang lalu itu mau tak mau merupakan fase kedua. Di Parma aku adalah rising star, aku adalah orang yang jelas telah melakukan hal-hal indah. Di Juve, malah saya harus berjuang untuk mendapatkan tempat saya di tim yang hebat, dalam sebuah kenyataan besar dan semua ini yang terjadi. Dan kemudian kami memenangkan Piala Dunia 2006, kemudian setelah hanya satu bulan harus bermain di Serie B, kembali lagi ke Serie A, kelahiran kembali Juventus, memasuki usia 30, kemudian cedera, dan sekarang aku 33 tahun ... Anda bisa mengatakan karir saya telah ditandai oleh banyak tahapan penting yang berbeda.

Berapa lama ingin terus bermain?
Saya ingin bermain selama saya bermain di tim nasional, tentu saja, dan jika saya bisa tinggal di tim nasional selama lebih dari dua tahun - itu akan sangat menyenangkan untuk bisa bermain di Piala Dunia berikutnya. Tapi yang pasti, tim nasional akan memiliki dampak besar pada berapa lama aku akan terus bermain.

Apakah ada sesuatu yang ditemukan kembali tentang diri Anda, maksud saya dalam arti positif, selama Anda menghabiskan waktu berbulan-bulan menjalani hidup yang berbeda, jauh dari lapangan dan pada hari Minggu tanpa sepak bola?
Andabisa lihat, ketakutan besar mempengaruhi orang-orang seperti kita setiap hari yang terlibat dengan sedemikian intens dalam kehidupan dan berada di bawah tekanan. Dan berkata, "Oh, siapa yang tahu kalau di rumah saya akan dapat hidup normal, seperti orang normal, ketika istri saya dan anak-anak saya ..." adalah salah satu ketakutan saya. Saya harus katakan bahwa saya membahas situasinya dan telah memutuskan bahwa keluargaku sudah dibangun bersama dengan istri saya ... untuk memilih seorang wanita seperti dia ... yah, itu benar karena ketika kita akan menghabiskan banyak waktu dengan satu sama lain, kita tidak merasa bosan, kita bersama dapat saling memahaminya dengan baik. Hal ini sangat penting.

Jadi keluarga Anda sangat penting melalui masa cedera Anda: Alena, orang tua Anda ...
Ya, mereka hebat. Aku tidak bisa menyangkalnya, ketika Anda memiliki masalah seperti itu, saat hati Anda dan kebanggaan Anda terlibat, Anda selalu memerlukan orang terdekat Anda, Anda tahu bahwa mereka tidak akan mengkhianati Anda. Seperti orang tua saya, adik saya, istri saya, anak-anak saya dan dua atau tiga orang teman yang saya miliki.

Menurut pendapat Anda, menurut Anda Del Piero harus bermain untuk Juventus musim depan?
Saya berpikir bahwa Ale masih akan bermain untuk Juventus dan di atas semua ia akan selalu memiliki peran penting. Perannya di lapangan karena dia masih tajam, tetapi juga diluar lapangan, ia akan mampu menunjukkan kepada pemain muda apa dan semua tentang Juve,tentang apa yang perlu orang-orang pahami. Karena, ketika saya tiba di sini 10 tahun yang lalu, jika saya tidak memiliki contoh untuk diikuti seperti Antonio Conte, Ciro Ferrara dan Paolo Montero, integrasi saya akan ke sisi lebih keras. Sebaliknya, berkat orang-orang yang memiliki pengalaman bertahun-tahun di Juventus, hidup saya terasa lebih mudah.

Anda dan Del Piero seperti dua panda yang akan punah. Anda adalah pemain terakhir yang tersisa dari juara Piala Dunia yang memutuskan untuk tinggal di Serie B, Anda adalah figure pemimpin yang terakhir ...
Panda, tentu saja, jadi kita bisa tinggal di dunia Fiat ... Tapi saya berpikir bahwa antara Del Piero dan saya dan juga dalam beberapa kasus lain seperti Totti atau Materazzi di Inter, atau Zanetti, ada begitu banyak pemain yang melakukannya dan masih membuat sejarah di klub mereka masing-masing. Jelas, Anda mendengar orang sering mengatakan bahwa figur utama tidak ada, tapi itu tidak benar. Saya pikir mereka itu ada. Kemudian, kadang-kadang, karena itu sepakbola menjadi bisnis yang lebih berorientasi. Tetapi kadang-kadang, bukan karena hanya bergantung pada pemain, tapi pada kemauan banyak orang, termasuk manajemen. Oleh karena itu, Saya berpikir bahwa itu tergantung pada dunia sepakbola pada umumnya, yang telah berubah.

Dan ini berlaku bagi Anda juga?
Tidak, saya harap tidak. Saya hanya berharap untuk dapat mengakhiri karir saya di Juventus.

Tahun depan, Buffon akan bermain di Juventus?
Saya tidak melihat alasan mengapa tidak. Saya pikir saya akan melakukannya. Hari ini akan terus berlanjut, juga karena saya baru bermain di dua pertandingan, saya ingin bisa berpartisipasi lagi dalam lima belas laga lagi untuk sedikit lebih memiliki kejelasan. Jadi, ini adalah apa yang aku tuju. Kemudian terserah Tuhan dan semua yang bisa anda lakukan adalah bersabar. Tapi saya berpikir bahwa kesempatan akan ada di sana.