Jumat, 07 Januari 2011

Serie A pekan 18 : Juventus 1 – 4 Parma

Pertandingan pertama Juventus pada tahun 2011 berakhir dengan hasil yang mengecewakan. Bermain di stadion Olimpico, Bianconeri mengalami kekalahan yang cukup telak dari Parma dengan skor 1 – 4 dalam lanjutan Seri A Italia, Kamis (6/1) malam.

Pertandingan baru berjalan empat menit, Juventus sudah harus melakukan pergantian pemain. Fabio Quagliarella mengalami cedera dan digantikan oleh Amauri.

Musibah buat La Vecchia Signora berlanjut di menit ke-17. Felipe Melo diusir wasit setelah menendang muka Massimo Paci setelah keduanya berbenturan. Juve pun harus meneruskan laga dengan 10 pemain.

Juve sempat mencetak gol di menit ke-24, tapi dianulir oleh wasit karena Giorgio Chiellini lebih dulu melakukan pelanggaan kepada kiper Parma.

Dua menit berselang, Alberto Aquilani melakukan percobaan dari luar kotak penalti. Sayang tendangan kaki kanannya melebar ke sisi kiri gawang Parma.

Tim tamu ganti menekan lewat usaha Francesco Valiani. Namun tendangan kaki kirinya dari luar kotak penalti masih melambung.

Aquilani kembali mengancam di menit ke-37 namun usahanya dari luar kotak penalti lagi-lagi belum menemui sasaran.

Parma berhasil mencuri gol di menit ke-41 lewat Sebastian Giovinco. Pemain sayap yang dimiliki Juve sejak 2006 namun dilepas ke Parma awal musim itu menyambar bola muntah kiper Marco Storari yang tak sempurna menghalau tendangan Massimo Gobi. Giavinco menolak melakukan perayaan demi menghormati klub yang saat ini masih berstatus sebagai pemiliknya.

Hingga turun minum, Juve masih tertinggal satu gol.

Awal babak kedua kembali menjadi mimpi buruk Milos Krasic cs. Baru berjalan tiga menit, Juventus sudah harus tertinggal dua gol. Kembali Giovinco jadi momok buat Bianconeri. Memanfaatkan umpan Valiani, gelandang 23 tahun itu kembali menggetarkan gawang mantan klubnya lewat sepakan kaki kiri dari dalam kotak penalti.

Tim tuan rumah mampu memperkecil ketertinggalannya di menit ke-60. Berawal dari sepak pojok Aquilani, Nicola Legrottaglie mampu menanduk bola dan menjebol gawang Mirante.

Parma mendapat hadiah penalti dua menit kemudian setelah Giorgio Chiellini melakukan kesalahan fatal dengan menekel Hernan Crespo di kotak terlarang. Walhasil, wasit menunjuk titik putih. Eksekusi yang dilakukan Crespo mulus dan mengelabui Storari. Skor 3-1.

Juve masih belum menyerah. Milos Krasic melepaskan tembakan kaki kanan dari luar kotak penalti, namun masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Parma.

Di menit ke-73, Antonio Candreva melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti, namun Marco Storari masih sigap mengamankan gawang Juve.

ketika pertandingan memasuki meni terakhir di injury time, Parma memperbesar keunggulan menjadi 4-1 melalui sontekan striker pengganti Raffaele Palladino yang merupakan bomber yang dibuang Juve di bursa transfer musim panas 2008. Hingga pertandingan berakhir skor tetap bertahan 4-1 untuk keunggulan Parma.

Susunan Pemain :

JUVENTUS:
Storari, Sorensen (Sorensen 56), Legrottaglie, Chiellini, Grosso, Krasic, Felipe Melo, Aquilani, Marchisio, Del Piero (Pepe 30). Quagliarella (Amauri 5)

PARMA: Mirante, Zaccardo, Paletta, Paci, Gobbi, Morrone, Dzemaili, Valiani, Candreva, Crespo (Palladino 65th), Giovinco (Calvo 86)

Wasit : De Marco
Kartu Kuning : Zaccardo (45+1), Paletta (58).
Kartu Merah : Felipe Melo (17)

Hasil pertandingan Serie A lainnya :

Genoa 0-0 Lazio
AS Roma 4-2 Catania
Brescia 1-2 Cesena
Udinese 2-0 Chievo
Palermo 3-0 Sampdoria
Bologna 1-1 Fiorentina
Cagliari 0-1 AC Milan
Lecce 0-1 Bari
Inter 3-1 Napoli