Selasa, 03 Mei 2011

Serie A Pekan 35 : Lazio 0-1 Juventus

Gol tunggal Simone Pepe berhasil membawa Juventus meraih kemenangan penting atas tuan rumah Lazio dalam pertandingan Serie A di Stadion Olimpico, Selasa (3/5) dini hari. Kemenangan itu sangat krusial bagi Juventus karena menjaga asa mereka untuk berlaga di kompetisi Eropa musim depan.

Dalam interval tiga menit sejak peluit tanda dimulainya pertandingan, dua peluang sukses dihadirkan pasukan arahan pelatih Edy Reja itu. satu milik Mauro Zarate dan satu lagi dari Hernanes. Namun, ketangguhan kiper Gianluigi Buffon di bawah mistar menggagalkan kedua peluang tersebut.

Lazio kembali memiliki peluang di menit ke-19. Sayang, tendangan Christian Brocchi dari jarak dekat memanfaatkan umpan silang Stephan Lichtsteiner masih belum menemui sasaran.
Menit ke-24, Brocchi lagi-lagi gagal memberikan keunggulan bagi Lazio. Tendangan kaki kirinya dari sisi kiri sukses dimentahkan oleh Buffon.

Saat laga memasuki menit ke-26 sebuah peluang dari Lazio kembali tercipta ketika sebuah crossing cantik dikirimkan kapten Lazio, Cristian Ledesma. Namun Christian Brocchi yang menerima umpan tersebut gagal mengkonversikan umpan tersebut menjadi sebuah gol. Sundulannya masih terlalu melebar di sudut kanan gawang Gianluigi Buffon.

Juventus sendiri baru bisa keluar dari tekanan di pertengahan babak pertama. Mereka memiliki peluang untuk unggul di menit 36 melalui Alessandro Matri. Sayang peluang eks striker Cagliari itu berhasil digagalkan Fernando Muslera.

Hernanes nyaris memberikan keunggulan di menit ke-38 bagi Lazio. Namun, sepakannya dari jarak dekat berhasil ditepis dengan gemilang oleh Buffon.
Tendangan Felipe Melo di akhir babak pertama juga gagal menemui sasaran. Hingga turun minum, kedua tim hanya mampu bermain 0-0.

Di babak kedua, lagi-lagi aksi heroik dari Muslera berhasil mengagalkan peluang Juventus lewat kerjasama Matri-Grosso. Tak mau kalah, Lazio mengancam di menit 66 melalui kerjasama Floccari dan Zarate. Tekel Chiellini berhasil menghentikan peluang itu.

Pada menit ke-69, Laziale hampir saja bersorak. Sebuah tendangan jarak jauh dilepaskan Ledesma. Jika saja bukan karena respon Buffon, bisa saja Juventus tertinggal terlebih dahulu.

Sepuluh menit jelang bubaran Lazio harus kehilangan Cristian Ledesma karena menerima kartu kuning keduanya setelah melanggar Felipe Melo. Unggul jumlah pemain, Juventus berhasil memanfaatkan momentum Juve langsung tancap gas dengan menggempur Lazio.

Akhirnya di menit 87, Pepe melepas tembakan akurat ke sisi kiri bawah gawang Lazio usai memanfaatkan umpan Hasan Salihamidzic, yang menyentuh Luca Toni. Fernando Muslera tak berdaya menghentikan bola. Juventus pun unggul 1-0 dan berhasil mempertahankannya hingga laga usai.. Di sisa waktu, Lazio tak mampu mengejar defisit satu gol atas Juve.

Skor 1-0 untuk keunggulan Juventus bertahan hingga wasit meniup peluit panjang. Namun dengan tambahan tiga angka (56), skuad arahan Luigi del Neri urung beranjak dari peringkat tujuh klasemen sementara Serie A. Lazio pun tak bergeser dari peringkat empat, dengan raihan 60 poin.

Susunan pemain

Lazio: Fernando Muslera; André Dias, Giuseppe Biava (Lionel Scaloni 71), Javier Garrido, Stephan Lichtsteiner, Francesco Matuzalem, Cristian Ledesma, Christian Brocchi, Hernanes; Mauro Zárate, Sergio Floccari

Juventus: Gianluigi Buffon; Giorgio Chiellini, Andrea Barzagli, Fabio Grosso, Marco Motta (Hasan Salihamidzic 71); Alberto Aquilani, Felipe Melo, Simone Pepe, Milos Krasic; Alessandro Del Piero, Alessandro Matri (Luca Toni 71)

Wasit : Mazzoleni from Bergamo
Kartu Kuning : Grosso 23’, Ledesma 38’, Pepe 58’, Salihamidzic 72’, Ledesma 80’
Kartu Merah : Ladesma 80’