Selasa, 10 Mei 2011

Serie A Pekan 36 : Juventus 2-2 Chievo

Laga Juventus kontra Chievo berlangsung di Olimpico Grande Torino, Selasa (10/5/2011) dinihari WIB. Tuan rumah unggul 2-0 terlebih dahulu lewat penalti Alessandro del Piero dan gol Alessandro Matri.

Namun kemudian Chievo berhasil mencetak dua gol dalam kurun waktu sekitar satu menit. Usai memperkecil lewat Fernando Uribe di menit ke-68, Gennaro Sardo menyelamatkan I Mussi Volanti dari kekalahan lewat gol menit ke-69. Gol-gol tim tamu lahir akibat buruknya koordinasi lini belakang Juventus.

Dalam laga tersebut, terlihat jelas Juventus mengincar kemenangan untuk merebut tiket Eropa. Juventus membuka keunggulan di menit ke-13 melalui penalti Alessandro del Piero. Berawal dari pelanggaran yang dilakukan Marco Andreolli di kotak 16 terhadap Simone Pepe membuat wasit Andrea Gervasoni langsung menunjuk titik putih. Del Piero yang didaulat sebagai eksekutor menjalankan tugasnya tanpa cela. Juve pun unggul 1-0 setelah tendangannya ke sudut kanan atas tak mampu ditepis Stefano Sorrentino.

Dua menit berselang kiper Chievo Stefano Sorrentino menggagalkan usaha Juventus yang hadir melalui sepakan Alberto Aquilani.

Aquilani kembali mendapatkan kesempatan di menit ke-23. Namun sepakannya setelah menerima umpan Marco Motta masih melambung di atas gawang.

Kans Chievo untuk menjebol gawang lawan hadir saat pertandingan berusia setengah jam. Sepakan Bojan Jokic masih bisa diamankan oleh Gianluigi Buffon. Hingga turun minum skor 1-0 masih bertahan untuk keunggulan Juventus.

La Vecchia Signora menambah keunggulan sepuluh menit babak kedua berjalan. Umpan terobosan Del Piero berhasil dimaksimalkan oleh Alessandro Matri untuk menjebol gawang yang dijaga Sorrentino.

Dua menit berselang, tim Zebra Turin hampir menambah skor. Namun tandukan Milos Krasic yang menyambut umpan Matri masih melebar.

Malapetaka Juventus datang pada menit ke-68 setelah Fernando Uribe berhasil memperkecil ketinggalan Chievo menjadi 2-1 memanfaatkan bola liar di dalam kotak penalti. Tak lama berselang, sepakan Gennaro Sardo dari luar kotak penalti menjebol gawang Juventus dan membuat skor menjadi imbang 2-2. Seluruh gol I Mussi Volanti lahir akibat buruknya lini Pertahanan Si Nyonya Tua.

Setelahnya kedua tim saling melancarkan tekanan. Menit ke-77 tandukan Giorgio Chiellini bisa dihadang Sorrentino. Bola sempat terlepas dari tangan kiper Chievo itu namun tidak ada pemain Juve yang memanfaatkan situasi tersebut.

Hingga menit ke-80 Juve tak lagi mampu mencetak gol membuat Luigi Delneri bereaksi. Luca Toni kini ia masukkan menggantikan Milos Krasic. Pergantian ini kian menambah daya gedor Juve. Bukan hanya itu saja, Toni langsung memberikan peluang melalui umpan sundulannya saat menerima tendangan sudut. Sayang umpan dari Toni tadi tidak bisa diselesaikan oleh Matri karena sundulannya juga masih menghajar mistar.

Sepuluh menit menuju bubaran, usaha Giorgio Chiellini masih membentur tiang gawang. Bahkan mereka hampir saja kebobolan ketika Buffon keluar meninggalkan kotak penalti guna mencegah pergerakan Sergio Pelissier. Usaha Buffon gagal dan Pellissier berhasil berkelit dan mengoper ke Fernando Uribe. Beruntung masih ada Giergio Chiellini di belakang, Fernando Uribe yang tinggal berhadapan dengan bek itu malah gagal memaksimalkan peluang emas tersebut. Tendangan striker Kolumbia ini masih lemah dan mampu diantisipasi dengan bek Juve.

Skor 2-2 pun bertahan hingga pertandingan usai. Tambahan satu angka ini kembali memperkecil peluang Bianconeri untuk merentas jalan ke Liga Champions Eropa musim depan.

Susunan Pemain

Juventus: Buffon; Chiellini, Barzagli, Grosso, Motta, Marchisio, Aquilani, Pepe, Krasic (Toni 79), Del Piero, Matri

Chievo Verona: Sorrentino; Cesar, Mantovani, Andreolli, Rigoni, Fernandes, Constant (Uribe 64), Jokic (Mandelli 78), Sardo, Threau (Bogliancino 40), Pellissier

Wasit : Gervasoni from Mantova
Kartu Kuning : Andreolli 13’, Rigoni 26, Marchisio 40’, Aquilani 54’, Krasic 72’