Jumat, 24 September 2010

Serie A: Juventus Takluk Di Olimpico

Bertanding di Stadion Olimpico Turin, Jumat 24 September 2010, Juventus langsung dikejutkan dengan gol cepat Pastore saat pertandingan belum genap dua menit.

Pastore berhasil memanfaatkan bola muntah dari tendangan Mauricio Pinilla yang gagal di kuasai kiper Juventus Marco Storari. Kedudukan 1-0 buat keunggulan tim tamu.

Setelahnya, Juventus mencoba dan berhasil mendominasi pertandingan. Namun, buruknya penyelesaian akhir, membuat eksekusi mereka kerap kandas ditelan garis lapangan.

Sepanjang babak pertama, Juventus melepaskan sepuluh tembakan, tetapi hanya eksekusi Claudio Marchisio pada menit ke-30, yang menyasar tepat sasaran, yang sayangnya mental diblok oleh Sirigu.

Dua menit sebelum turun minum, Del Piero mencatatkan sebuah peluang lain. Dari kerjasamanya dengan Fabio Quagliarella, Del Piero melepaskan sepakan yang menghantam mistar gawang Palermo. Beberapa saat sebelumnya, justru serangan Palermo yang berakhir di tiang gawang Juve.

Palermo bermain lebih efektif. Dengan penguasaan bola hanya 44 persen, mereka melepaskan empat tembakan akurat dari empat percobaan.

Di babak kedua, Juventus menambah intensitas serangannya dengan memasukkan Vincenzo Iaquinta dan Amauri menggantikan Simone Pepe dan Fabio Quagliarella.

Di sisi lain, Palermo berani meladeni tantangan Juventus dengan juga bermain terbuka. Laga pun berlangsung sengit dan diwarnai aksi saling ancam.

Pada menit ke-55 dan ke-56, misalnya, Del Piero dan Vinczenzo Iaquinta bergantian melepas ancaman ke gawang Palermo, yang meski akurat masih bisa dimentahkan Sirigu.

Palermo membalas itu dengan dua tembakan yang dilepaskan Federico Balzaretti dan Giulio Migliaccio. Sementara eksekusi Balzaretti mentah di tangan Marco Storari, tembakan Migliaccio melenceng dari sasaran.

Terus berusaha menyamakan kedudukan, gawang Juve malah kebobolan lagi pada menit 61. Dari sebuah proses yang nyaris mirip seperti pada gol pertama, Storari berhasil menyelamatkan gawang dari tembakan Pastore kendati lini belakang Juve lantas lalai mengawasi Ilicic yang mampu melakukan rebound.

Juventus sebenarnya mampu memperkecil ketinggalan andai gol Vincenzo Iaquinta di menit 65 tak dianulir wasit. Striker jangkung Juve ini berhasil masuk dalam jebakan off side pertahanan Palermo.

Setelah itu, Juventus menurunkan intensitas serangan dan membenahi lini tengah dan belakang. Hasilnya, selain mampu mengurangi agresivitas lawan, mereka mampu menciptakan sejumlah peluang.

Pada menit 85 Palermo kembali membobol gawang Juventus untuk yang ketiga kalinya melalui tendangan bebas kerasnya Cesare Bovo yang jauh dari luar kotak penalty dan bersarang dalam gawang Juve.

Ketinggalan 0-3 dengan sisa waktu lima menit belum membuat Juventus menyerah. Mereka pun berhasil memperkecil ketinggalan melalui Iaquinta pada menit ke-87. Gol itu ia ciptakan dengan tandukan dari depan mulut gawang Palermo memanfaatkan umpan lambung Marco Motta dari sisi kanan kotak penalty dan masuk ke sudut kanan bawah gawang Sirigu .

Gol itu melambungkan moral Juventus. Mereka pun terus melanjutkan tekanan dan mampu menciptakan setidaknya dua peluang melalui Milos Krasic dan Giorgio Chiellini. Namun, usaha keduanya tak menemui sasaran dan pertandingan pun ditutup dengan skor 3-1 untuk Palermo.

Selama 90 menit, Juventus menguasai bola sebanyak 58 persen dan menciptakan sembilan peluang emas dari 27 usaha. Adapun, Palermo melepaskan delapan tembakan akurat dari sebelas usaha.

Dengan gagalnya Juve meraih poin penuh pada pertandingan ini, maka posisi mereka di klasemen sementara Serie A Italia semakin terperosok. Kini Si Nyonya Tua berada di peringkat 15 dengan raihan empat poin dari empat laga yang telah mereka jalani.

Susunan pemain:

Juventus: 30-Marco Storari; 21-Zdenek Grygera, 3-Giorgio Chiellini, 19-Leonardo Bonucci, 2-Marco Motta; 23-Simone Pepe (9-Vincenzo Iaquinta 45), 8-Claudio Marchisio, 4-Felipe Melo, 27-Milos Krasic; 18-Fabio Quagliarella (11-Carvalho De Oliveira Amauri 45), 10-Alessandro Del Piero (14-Alberto Aquilani 61)

Palermo: 46-Salvatore Sirigu; 42-Federico Balzaretti, 5-Cesare Bovo, 6-Ezequiel Munoz, 16-Mattia Cassani; 23-Antonio Nocerino, 21-Armin Bacinovic (24-Nicola Rigoni 78), 8-Giulio Migliaccio; 27-Javier Pastore (36-Matteo Darmian 90), 51-Mauricio Ferreira Pinilla (9-Abel Hernandez 68), 72-Josip Ilicic

Wasit
: Orsato

Kartu Kuning: Bovo (18), Marchisio (20), Bacinovic (52), Ilicic (89)