Senin, 05 Desember 2011

Serie A Pekan 14 : Juventus 2-0 Cesena

Selain membawa ke puncak klasemen, kemenangan atas Cesena ini juga menjadikan Juventus sebagai satu-satunya tim yang belum menderita kekalahan di kancah Serie A sejauh ini. Mereka kembali meraih poin penuh saat menjamu Cesena di Juventus Stadium, Minggu (4/12/2011).

Juventus melakukan tekanan sejak awal. Namun, mereka bermasalah dengan akurasi tembakan, sehingga serangan mereka jarang membuahkan peluang berarti.

Pada menit keenam dan ketujuh, misalnya, Alessandro Matri melepaskan tembakan yang semuanya melesat ke atas gawang Francesco Antonioli. Hal serupa juga terjadi pada tembakan Simone Pepe dan Arturo Vidal pada menit ke-13 dan ke-20.

Peluang terbaik Juventus akhirnya datang dari Claudio Marchisio pada menit ke-30. Dari luar kotak penalti, ia menembakkan bola kiriman Mirko Vucinic, yang bisa dijinakkan Antonioli.

Sesaat sebelum peluit turun minum berbunyi, Juventus mendapat peluang dari Vucinic. Namun, tembakan yang menyasar sudut kanan bawah gawang itu kembali kandas di tangan Antonioli.

Hingga babak pertama berakhir, Juventus harus puas dengan skor kacamata, kedisiplinan pemain Cesena meski sebagai tim tamu berhasil meredam serangan bertubi-tubi Si Nyonya Tua.

Juventus mengalami peningkatan performa di babak kedua. Dengan tetap menjaga soliditas lini pertahanan, mereka semakin rajin menciptakan tembakan, dengan akurasi lebih baik dari babak pertama.

Juventus langsung menguasai jalannya pertandingan. Mereka nyaris mencetak gol di menit ke-50. Tembakan Matri berhasil ditepis oleh Antonioli dan bola rebound jatuh ke kaki Pepe. Namun, ia gagal merobek jala Cesena karena tendangannya mengarah ke kiper Cesena.

Pelatih Antonio Conte mencoba menambah daya dobrak Juve. Bianconeri memasukkan Fabio Quagliarella dan Alessandro Del Piero. Kedua penyerang menggantikan Matri dan Vucinic, yang tak mampu membongkar pertahanan Cesena.

Namun, gol juga tak kunjung hadir, bahkan Del Piero harus keluar lapangan lebih cepat dan digantikan oleh Emanuele Giaccherini setelah sang kapten mengalami cidera luka dipelipis kirinya akibat pelanggaran yang dilakukan Marco Rossi.

Cesena bukannya tanpa peluang. Seperti yang terjadi pada menit 66, sebuah serangan balik yang cepat coba diperagakan tim tamu. Beruntung, peluang Martinho masih dapat diselamatkan dengan baik oleh kiper Gianluigi Buffon.

Juve akhirnya menjebol gawang Cesena pada menit 72. Lewat serangkaian operan, bola kemudian dikirim Arturo Vidal ke Claudio Marchisio yang langsung melepaskan tendangan dengan kaki kirinya dari dalam kotak penalti dan tidak mampu diblok oleh penjaga gawang, Francesco Antonioli.

Peluang emas lahir pada menit 77 untuk Juve. Emanuele Giaccherini berhasil melewati Marco Rossi dan kemudian mengirim bola ke arah Pepe di tiang jauh. Sial untuk Juve, Pepe luput menyepak bola dengan tepat.

Memasuki menit ke-81 Juventus mendapat hadiah penalti setelah pelanggaran yang dilakukan Antonioli saat mengamankan gawangnya dengan meninju bola yang berasal dari sebuah umpan silang. Tapi, saat melakukan itu tangannya juga menghantam striker Juventus, Emanuele Giaccherini.

Wasit langsung menunjuk titik putih dan mengganjar Antonioli dengan kartu merah dan bek Guillermo Rodriguez terpaksa mengambil alih posisi di bawah mistar karena Cesena telah melakukan tiga kali pergantian pemain. Vidal sukses menjadi eksekutor dan menggandakan kedudukan menjadi 2-0.

Keuntungan jumlah pemain ini tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh Juventus. Eksekusi yang mereka lakukan selepas keluarnya Antonioli banyak meleset dari sasaran.

Sebuah tembakan akurat yang dilepaskan Fabio Quagliarella pada menit ke-89, gagal membuahkan gol karena aksi penyelamatan kiper pengganti Guillermo Rodriguez.

Selama pertandingan, Juventus mencatatkan penguasaan bola sebesar 74 persen dan menciptakan delapan peluang emas dari 29 usaha. Adapun Cesena melepaskan satu tembakan akurat dari dua percobaan.

Susunan Pemain :

JUVENTUS: Buffon; Lichtsteiner, Barzagli, Bonucci, Chiellini; Vidal, Pazienza, Marchisio; Pepe, Matri (Quagliarella 50), Vucinic (Del Piero 56, Giaccherini 63)..
Pelatih: Conte

CESENA: Antonioli; Rossi, Von Bergen, Rodriguez, Lauro; Ghezzal, Guana, Parolo, Martinho (Candreva 78); Bogdani (Malonga 46, Eder 78), Mutu.
Pelatih: Arrigoni

Wasit: Doveri
Kartu Kuning: Ghezzal 15, Rossi 29
Kartu Merah: Antonioli 83