Jumat, 09 Desember 2011

Coppa Italia : Juventus 2-1 Bologna

Juventus harus kerja keras untuk bisa melangkah ke perempat final Coppa Italia. I Bianconeri harus melewati babak tambahan untuk mengalahkan Bologna 2-1 di Juventus Stadium, Jumat 9 Desember 2011 dini hari WIB.

Babak 16 besar Coppa Italia antara Juventus menghadapi Bologna berlangsung lambat di babak pertama. Conte membuat sembilan perubahan dari starter yang bermain melawan Cesena akhir pekan lalu dengan hanya menyisakan Andrea Barzagli dan Leonardo Bonucci.

Kiper Genoa, Federico Agliardi boleh dibilang menjadi faktor penting Bologna untuk mementahkan agresivitas I Bianconeri. Beberapa kali, Agliardi membuang bola sepakan Milos Krasic dan Del Piero. Pun demikian dengan Bologna yang terus melancarkan serangan ke jantung perthanan Juventus yang dikawal Andrea Barzagli dkk.

Hingga turun minum tak ada gol yang tercipta, meski peluang demi peluang berhasil diciptakan oleh kedua tim.

Di babak kedua, permainan pun semakin ketat, namun peluang lebih banyak diciptakan oleh Juve, namun, kesigapan kiper Bologna, Federico Agliardi berhasil meredam hampir semua peluang emas yang diciptakan oleh Juve.

Berkali-kali Alessandro Del Piero yang tampil sejak menit pertama terus menguji kemampuan Agliardi, selain itu, Quagliarella, Eljero Elia dan juga pemain lainnya ikut membuat Agliardi jatuh bangun, namun tetap saja gol tak tercipta

Sedangkan, Marco Storari sedikit bekerja di babak kedua ini, jarang sekali serangan Bologna yang masuk ke jantung pertahanan Juventus.

Akhirnya usaha keras Juventus berbuah hasil semenit sebelum laga berakhir. Berawal dari manuver bertenaga Gianccherini melewati beberapa pemain Bologna, punggawa 26 tahun itu melepaskan tendangan diagonal untuk menjebol gawang Bologna, seisi Juventus Arena pun bersorak melihat gol yang dicetak Gianccherini di masa injury time babak kedua.

Kedudukan pun berubah menjadi 1-0 untuk Juventus, sebuah usaha yang tak kenal lelah ditunjukkan oleh skuad asuhan Antonio Conte ini, pasalnya, Agliardi selalu berhasil menahan setiap gempuran yang dilakukan oleh pemain Juve.

Juventus sepertinya akan memenangkan pertandingan di pertandingan reguler, namun saat memasuki menit 90+5, Bologna berhasil menyamakan kedudukan melalui gol sundulan Andrea Raggi. Gol tersebut berawal dari sebuah tendangan penjuru. Raggi, yang tak terkawal oleh barisan pertahanan Juve, sukses membobol gawang Juve yang dikawal oleh Marco Storari dan mengubah kedudukan menjadi imbang 1-1.

Pertandingan pun dilanjutkan dalam babak tambahan waktu 2 x 15 menit. Jual beli serangan pun terus dilancarkan, puncaknya pada menit ke-103, Juventus kembali unggul melalui gol Marchisio. Gol berawal dari Umpan terobosan yang dilepaskan oleh Eljero Elia dan diterima Marchisio yang berhasil mengecoh dua bek Bologna sebelum kemudian melakukan tendangan kaki kiri yang tak mampu dijangkau oleh Agliardi, kedudukan pun berubah menjadi 2-1 untuk Juve.

Unggul 2-1, Juventus coba meningkatkan tempo permainan. Del Piero nyaris saja memperlebar keunggulan andai golnya tidak dianulir wasit karena pemain veteran tersebut sudah berada di posisi off side. 15 menit pertama babak tambahan waktu pun berakhir, keunggulan tetap milik Juve 2-1.

Di 15 menit kedua babak tambahan waktu, kelelahan mulai terlihat dari kedua tim, pertandingan berjalan sedikit imbang.

Sebuah kejadian cukup unik terjadi ketika wasit, S Peruzzo mengalami gangguan pada engkel kakinya, mungkin Peruzzo juga mengalami rasa letih yang sangat, beruntung setelah mendapatkan perawatan, Peruzzo bisa melanjutkan pertandingan.

Hingga peluit panjang dibunyikan di perpanjangan waktu babak kedua, tak ada gol yang berhasil tercipta, sebuah pertandingan yang cukup ketat, menarik dan penuh emosi ini berhasil dimenangkan oleh Juventus.

Dengan kemenangan ini Juventus berhak melangkah ke perempat final Coppa Italia. La Vecchia Signora akan bertemu pemenang antara AS Roma melawan Fiorentina yang akan bertanding di Olimpiaco Roma pada 11 Januari 2012 mendatang.

Susunan Pemain :

JUVENTUS: Storari; Sorensen, Barzagli, Bonucci, De Ceglie; Marrone (Marchisio 79), Pazienza, Giaccherini; Krasic (Elia 65), Quagliarella (Estigarribia 68), Del Piero.
Pelatih: Conte.

BOLOGNA: Agliardi; Garics (Morleo 56), Loria, Raggi, Crespo; Pulzetti, Perez (Krhin 64), Taider; Gimenez (Paponi 83), Vantaggiato; Acquafresca.
Pelatih: Pioli.

Wasit: Peruzzo
Kartu Kuning: Loria 9, Raggi 57