Kamis, 22 Desember 2011

Serie A Pekan 1 (jadwal ulang) : Udinese 0-0 Juventus

Bermain imbang tanpa gol di Stadion Communale Friuli kontra Udinese, Kamis (22/12) dini hari WIB, rupanya tidak cukup bagi La Vecchia Signora untuk bisa menjadi capolista pada akhir 2011. Meski mengemas poin sama dengan Milan, Juve tetap tidak bisa kembali ke puncak klasemen lantaran kalah selisih gol.

Bermain sebagai tim tamu, pasukan Antonio Conte sebenarnya punya peluang besar untuk memenangi pertandingan. Sejumlah peluang bagus pun diperoleh Juve di babak pertama.

Peluang pertama Juventus diperoleh pada menit ke-8, berawal dari umpan silang Estigarribia, Claudio Marchisio langsung melapaskan tendangan first time namun sayang arah bola masih melebar tipis ke sisi kanan gawang Udinese.

Dua menit kemudian, giliran Simone Pepe yang memberi kejutan dari luar kotak penalti kala ia menerima bola sodoran Alessandro Matri. Namun, bola tendangan kerasnya itu masih bisa diselamatkan oleh Samir Handanovic.

kesalahan yang dilakukan Chielini pada menit ke-12 saat menyundul bola hampir membuahkan petaka bagi Juventus, beruntung Buffon yang sudah berhadapan dengan Isla bisa menghalau bola.

Claudio Marchisio nyaris membawa tim tamu unggul pada menit ke-35. Menguasai bola di depan kotak penalti, dia melepaskan tembakan yang arahnya masih melenceng tipis.

Dua menit kemudian, giliran Arturo Vidal yang mendapatkan peluang. Namun, tendangan volinya dari luar kotak penalti masih bisa diamankan oleh Handanovic.

Satu peluang kembali diraih Juventus di menit ke-40 melalui Tendangan bebas Pirlo namun ketangguhan Handovic masih bisa menggagalkan upaya Bianconeri untuk mencetak skor.

Memasuki babak kedua, tepatnya di menit ke-52, Juve kembali mendapatkan peluang. Kali ini melalui tendangan sudut yang disambut dengan baik oleh sundulan Giorgio Chiellini. Tapi kembali Handanovic masih bisa mengamankan dengan baik.

Pada menit ke-54 tendangan keras Pepe setelah kerja sama yang apik dengan Estigarribia masih melebar ke sisi kanan gawang Udinese.

Udinese sempat memperoleh peluang pada menit ke-57. Bola lambung dari tendangan bebas Di Natale, berhasil disundul oleh Danilo namun dengan mudah ditepis oleh Gianluigi Buffon.
Gelandang Udinese asal Ghaha, Asamoah mencoba untuk mengubah skor pada menit ke-64 dengan tendangan kaki kirinya tapi masih bisa ditangkap oleh Buffon.

Pada menit ke-72, Fabio Qualiarella yang baru semenit di lapangan langsung membahayakan gawang Udinese. Sial buat dia, tembakan kaki kirinya masih menyamping.

Antonio Di Natale menguji ketangguhan Buffon dengan tendangan bebasnya pada menit ke- 73. Namun, arah bola dengan mudah ditebak oleh Buffon.

Pada menit ke-82 Alessandro Del Piero yang baru dua menit masuk menggantikan Pepe mengirimkan umpan daerah ke sisi kiri area pertahanan Udinese yang diterima Lichsteiner namun tendangannya melambung.

Quagliarella kembali mendapatkan peluang pada menit ke-83. Tapi tendangan kerasnya masih bisa ditepis Handanovic yang bermain bagus di pertandingan ini.

Pada menit akhir petandingan serangan balik hampir membahayakan Juventus namun tendangan dari Natale masih melebar. Hingga peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan kedudukan tetap tak berubah 0-0 dan kedua kubu harus puas dengan hasil satu poin.

Susunan Pemain :

UDINESE: Handanovic; Ferronetti, Danilo, Domizzi; Basta, Isla, Pinzi, Asamoah, Armero; Abdi (Floro Flores 86); Di Natale
Pelatih: Guidolin


JUVENTUS: Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Lichtsteiner, Vidal, Pirlo, Marchisio, Estigarribia (De Ceglie 90); Pepe (Del Piero 80), Matri (Quagliarella 71)
Pelatih: Conte

Wasit: Tagliavento
Kartu Kuning: Basta 40, Pinzi 42, Vidal 43, Isla 49, Guidolin 47