Selasa, 13 Desember 2011

Serie A pekan 15 : Roma 1-1 Juventus

Hasil imbang yang diraih juventus dalam lawatannya ke kandang AS Roma di Stadion Olimpico, Roma, mengangkat bianconeri kembali ke puncak klasemen Serie A. Sama-sama meraih 30 poin namun Juve unggul selisih gol atas Udinese yang harus tergeser ke peringkat kedua . Pertandingan yang dihelat pada Selasa (13/12/2011) dinihari WIB, kedua tim menampilkan permainan terbuka. Jual beli serangan terjadi sepanjang 90 menit laga dan banyak peluang tercipta.

Juve lebih mendominasi permainan sejak menit-menit awal. Mereka sempat unggul cukup jauh dalam penguasaan bola dan mempu mengurung pertahanan tim tuan rumah.

Tapi, Roma mampu mencuri gol lebih dulu pada menit keenam. Diawali umpan silang Francesco Totti, De Rossi yang tampil sebagai bek tengah melepaskan tendangan voli yang tak bisa dijangkau kiper Juventus, Gianluigi Buffon.

Tertinggal 1 gol membuat tim tamu menggencarkan serangan ke kubu tuan rumah . Tim tamu berpeluang menyamakan kedudukan tiga menit kemudian. Tapi, tembakan Claudio Marchisio berhasil dimentahkan oleh Maarten Stekelenburg. Di menit ke-11, Simone Pepe melepaskan umpan silang yang disambut Alessandro Matri. Sayang, sundulan bomber andalan Juve ini masih melebar.

Stekelenburg kembali menyelamatkan gawang Roma dari peluang yang diperoleh estigarribia pada menit ke-24, tendangan keras pemain sayap asal Paraguay ini masih mampu di blok Kiper asal Belanda ini.

Roma yang bermain cepat, memiliki peluang melalui serangan balik cepat yang dibangun Erik Lamela di menit 27. Striker Argentina itu kemudian melepaskan umpan yang disambut tandukan oleh Totti namun masih melebar

Berselang enam menit, usaha Juve untuk menyamakan kedudukan kembali gagal. Kali ini, tendangan Arturo Vidal dari luar kotak penalti masih melenceng tipis.

Menit ke-37, Vidal memeberikan umpan manis kepada Pepe di kotak penalti. Di bawah kawalan dua bek Roma, Pepe sempat melepaskan tembakan, namun sepakan kaki kirinya masih terlalu lemah dan mengarah tepat ke pelukan Stekelenburg.

Tendangan bebas Andrea Pirlo pada menit ke-42 juga tak terlalu membahayakan gawang Roma. Karena terlalu pelan, tembakan menyusur tanahnya bisa dengan mudah diamankan oleh Stekelenburg. Hingga babak pertama berakhir Roma masih unggul 1-0 atas Juve.

Pada awal babak kedua pertandingan sempat terhenti lantaran kembang api yang jatuh di depan gawang Gianluigi Buffon. Menit 50, Roma coba membangun serangan. Namun Barzagli dengan gemilang memotong umpan silang Totti yang bermaksud memberikan bola pada Osvaldo.

Akhirnya Juve baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-61. Diawali umpan Stephan Lichtsteiner dari sisi kanan, Estigarribia berupaya menyambutnya dengan tendangan voli, tapi sepakannya tidak sempurna. Bola kemudian memantul ke udara dan dituntaskan oleh Chiellini dengan sundulan terarah.

Namun hanya berselang semenit, Roma mendapat hadiah penalti setelah Vidal dianggap melanggar Erik Lamela di area terlarang. Vidal sendiri diganjar kartu kuning akibat insiden tersebut. Namun, eksekusi Totti ke arah kiri berhasil dimentahkan oleh Buffon.

Di menit ke-76, Simone Perotta melepaskan tembakan dari sudut sempit, namun masih belum menemui sasaran. Roma kembali mendapat peluang pada menit ke-80, melalui Pablo Daniel Osvaldo yang mencoba untuk mengecoh Buffon lewat tembakan lob-nya. Tapi, arah bola masih tipis di atas mistar.

Empat menit kemudian, Lichtsteiner hampir saja membawa Juve berbalik unggul. Sial buat bek asal Swiss ini, sontekannya memanfaatkan umpan Vidal masih melenceng tipis.

Fabio Quagliarella mendapatkan peluang emas pada menit-menit akhir. Namun, dia gagal menaklukkan Stekelenburg meski sudah berhadapan satu lawan satu. Skor imbang 1-1 bertahan hingga akhir pertandingan.

Susunan Pemain :

ROMA: Stekelenburg; Taddei, De Rossi, Heinze, Jose Angel; Pjanic (Perrotta 74), Viviani (Simplicio 58), Greco; Lamela; Totti, Osvaldo (Borriello 86).
Pelatih:: Luis Enrique

JUVENTUS: Buffon; Lichtsteiner, Barzagli, Bonucci, Chiellini; Vidal, Pirlo, Marchisio; Pepe (Elia 86), Matri (Quagliarella 67), Estigarribia (Giaccherini 72).
Pelatih: Conte

Wasit: Orsato
Kartu Kuning: Pjanic 53, Vidal 63, Greco 64, Bonucci 67, Quagliarella 69, De Rossi 91