Senin, 19 Desember 2011

Serie A pekan 16 : Juventus 2-0 novara

Juventus kembali merebut puncak klasemen Serie A dari AC Milan, usai menekuk tamunya Novarra 2-0 di Stadion Juventus Arena, Minggu 18 Desember 2011. Dengan kemenangan ini, Juventus mengumpulkan 33 poin atau unggul dua angka dari AC Milan.

Bermain di Juventus Arena, tuan rumah langsung menggebrak lewat Simone Pepe yang membuka skor saat pertandingan baru berusia empat menit. Gol berawal dari pergerakan Paolo De Ceglie yang berhasil menerobos sisi kiri pertahanan Novara. Ia langsung mengirimkan umpan terobosan kepada Simone Pepe yang telah berada di depan gawang Novara. Pepe yang tidak terkawal dengan mudah mencocor bola ke gawang kiper Samir Ujkani.

Tuan rumah terus menekan pertahanan Novara dan mendapatkan sejumlah peluang. Salah satunya melalui Alessandro Del Piero pada menit ke-26. Usai menerima umpan tarik Pepe, sang kapten melepaskan sundulan yang masih ditepis kiper Novara.

Del Piero kembali mendapatkan peluang pada menit 31. Giaccherini berhasil mengirimkan umpan lambung kepada Del Piero yang telah berada di daerah kotak penalti lawan. Pemain veteran Juventus tersebut mencoba mengarahkan bola ke sudut pojok gawang namun bola masih melebar dari gawang.

Pada menit ke-40 peluang Juve menggandakan keunggulan muncul lewat Giaccherini. Menyambut umpan lambung Pepe, Giaccherini berhasil menanduk bola tersebut dengan keras ke arah gawang namun lagi-lagi masih bisa diblok dengan cemerlang oleh Ujkani.

Dipenghujung babak pertama Novara mendapat peluang untuk mencetak gol penyeimbang melalui tandukan Marco Rigoni, menyambut umpan Michel Morganella dari sisi kanan lapangan, namun masih bisa ditangkap oleh Gianluigi Buffon dengan sempurna. Kedudukan 1-0 untuk keunggulan Juventus tetap bertahan hinnga turun minum.

Di babak kedua, Juventus nyaris menggandakan kedudukan di menit ke-48. Pepe berhasil menerobos pertahanan Novara hingga berhasil masuk ke area kotak penalti. Ia langsung mengirimkan umpan terobosan kepada Del Piero tengah tak terkawal namun sayangnya Sang kapten gagal mengkonversinya menjadi sebuah gol setelah tembakan melengkungnya masih melebar tipis di gawang Novara.

Novara kembali mendapatkan peluang untuk menyamakan kedudukan menit ke-56. Dalam posisi tiga lawan satu, Novara tetap tak mampu mencetak gol karena sepakan Meggiorini masih melebar.

Namun, Novara bukannya tanpa peluang. Menit ke-65, tim tamu nyaris membuat fans tuan rumah terdiam. Umpan matang Morganella dari sisi kanan pertahanan Juventus ditanduk Rubino ke pojok kiri gawang yang sebelumnya berhasil mengecoh Chiellini. Namun, Buffon dengan aksi gemilangnya menggagalkan peluang emas tersebut.

Setelah beberapa kali gagal memanfaatkan peluang, Juventus akhirnya bisa menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-75. Berawal dari sepak pojok dari Pepe, Fabio Quagliarella menanduk bola ke sudut kiri gawang Novara dan tak mampu dihalau Ujkani. Skor 2-0 untuk keunggulan Juventus.

Bianconeri hampir saja memperbesar kemenangannya pada menit 82. Tendangan pojok dari Pepe berhasil diterima oleh Matri. Ia berhasil mengirimkan umpan matang kepada Marchisio yang berdiri tak terkawal di depan gawang dan langsung menendang bola ke arah pojok kiri gawang. Kiper Ujkani sudah tidak berhasil menghadangnya namun pemain bertahan Novara, Paci berhasil menghadangnya dengan susah payah.

Kedudukan 2-0 bertahan hingga wasit Andrea Gervasoni meniupkan peluit panjang. Juventus pun kembali merebut capolista dari tangan Milan.

Selama pertandingan, Juventus menguasai bola sebanyak 66 persen dan menciptakan 12 peluang emas dari 24 usaha. Adapun Novara melepaskan dua tembakan akurat dari sembilan percobaan.

Susunan Pemain :

JUVENTUS: Buffon; Lichtsteiner, Barzagli, Chiellini, De Ceglie; Marchisio, Pirlo (Pazienza 80), Giaccherini; Pepe, Quagliarella (Matri 77), Del Piero (Estigarribia 64)
Pelatih: Conte

NOVARA: Ujkani; Morganella, Dellafiore (Paci 21), Centurioni, Ludi, Gemiti; Marianini (Porcari 55), Radovanovic, Rigoni; Rubino (Mazzarani 76), Meggiorini
Pelatih: Tesser
Wasit: Gervasoni
Kartu Kuning: Marianini 44, Centurioni 52, Giaccherini 60