Senin, 26 Maret 2012

Serie A Pekan 29 : Juventus 2-0 Inter Milan

Juventus berhasil menumbangkan Inter Milan 2-0 dalam Derby d'Italia, di Juventus Arena, Senin (26/3) dinihari WIB. Dengan kemenangan ini Juventus masih terus menempel ketat AC Milan dalam perebutan Scudetto Serie A 2011-2012.

Bertanding di hadapan pendukung sendiri, Juventus mendominasi penguasaan bola. Saat babak pertama baru dua menit dimulai, Bianconeri mendapat mendapatkan sebuah peluang melalui Simone Pepe, namun Julio Cesar masih sigap menghalau bola.

Pada menit ke-14, giliran Inter yang mengancam. Berawal dari umpan terobosan Maicon yang mampu dikontrol dengan baik oleh Diego Milito di kotak penalty dan membuat Gianluigi Buffon harus bekerja keras dalam menahan tembakan Milito yang berdiri dalam posisi yang pas untuk menceploskan bola.

Tiga menit kemudian, giliran Juventus yang memiliki peluang bagus untuk mencetak gol. Umpan silang Caceres disambut sundulan Matri ke arah gawang. Sayang, sundulan yang dilepaskan Alessandro Matri juga masih gagal membuahkan gol lantaran bola melayang di atas mistar Julio Cesar. Skor belum berubah karena Julio Cesar mampu menepis sundulan tersebut.

Pada menit ke-23, Julio Cesar kembali bekerja keras untuk menangkap bola yang kali ini dilepaskan oleh Arturo Vidal.

Inter kembali mendapat peluang di menit ke-29. Berawal dari sepak pojok yang dilepaskan Maicon, Forlan mampu menyundul bola dengan baik. Namun, lagi-lagi Buffon menunjukkan kualitasnya dengan menepis sundulan pemain Uruguay itu.

Pada menit ke-32, Peluang emas Milito berhasil dipatahkan kembali oleh Buffon. Menerima umpan jarak jauh, Milito berhasil mengontrol dan melepaskan tendangan keras ke gawang. Buffon lagi-lagi membloknya. Bola rebound sempat mengarah ke Milito dan dia menendangnya kembali, tetapi terlalu melambung.

Tiga menit berselang, Buffon lagi-lagi bisa menyelamatkan gawangnya dari kebobolan. Joel Obi yang melakukan tendangan jarak jauh keras dan mengarah ke gawang, dengan gemilangnya ditepis Buffon.

Juventus mengancam di menit ke-37. Tendangan Vucinic dari luar kotak penalti masih bisa diamankan oleh Julio Cesar.

Tendangan voli keras Stankovic dari luar kotak penalti pada menit ke-40 masih bisa mentahkan dengan kakinya oleh mantan pemain Parma itu. Hingga pertandingan babak pertama usai, kedua tim masih gagal mencetak gol. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua Juventus melakukan perubahan taktik dan mencoba tampil lebih tenang. Mereka berusaha lebih sabar membongkar pertahanan Nerazzurri. Pada menit ke- 56, Claudio Marchisio melepaskan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti, tapi upayanya masih bisa digagalkan oleh Julio Cesar dan hanya menghasilkan sepak pojok saja.

Pada menit 57, Juve akhirnya bisa memecah kebuntuan melalui Martin Caceres. Berawal dari sepak pojok yang diambil oleh Pirlo, bola mengarah ke Martin Caceres yang berdiri bebas dan dengan mudah menanduk bola masuk menghujam gawang Julio Cesar. Setelah gol itu, Juventus sempat meraih sejumlah peluang apik.

Pada menit 70, Mirko Vucinic yang lolos dari jebakan offside untuk mengejar umpan terobosan Del Piero dan sudah tinggal berhadapan dengan Cesar namun gagal untuk mencetak gol karena arah tendangannya masih bisa dimentahkan kiper asal Brasil itu.

Hanya berselang satu menit setelah itu, juventus menggandakan keunggulannya melalui gol yang dicetak oleh Alessandro del Piero. Berawal dari sebuah serangan cepat, umpan terobosan Arturo Vidal berhasil dikonversi menjadi gol oleh Del Piero, melalui sepakan mendatar ke pojok kanan bawah gawang Cesar.

Juventus kembali mengancam di menit ke-77. Chiellini berhasil menerobos kotak penalti Inter dan memberikan umpan kepada Quagliarella yang bebas di mulut gawang. Beruntung bagi Inter, di sana ada Douglas Maicon yang dengan sigap menghalau bola sepakan dari Quagliarella yang sudah mengarah masuk kedalam gawang.

Kedudukan nyaris berubah 3-0 ketika Chiellini berhasil menanduk bola dengan sempurna ketika menerima umpan tendangan bebas yang dilepaskan Pirlo, namun Cesar kembali mementahkannya. Hingga laga usai, skor tetap bertahan 2-0.

Menurut statistik yang ada, Juventus melakukan 18 kali tembakan dan 12 diantarnya mengarah ke gawang. Sedangkan Inter Milan hanya mempunyai 6 kali tendangan yang mengarah ke gawang dari 10 kali tembakan yang dilakukan. Dengan hasil ini maka Juventus masih bisa menjaga peluang mereka dalam perburuan Scudetto dan masih menjaga rekor mereka sebagai tim yang belum terkalahkan sepanjang musim ini.

Susunan Pemain:

JUVENTUS: Buffon; Caceres, Barzagli, Chiellini, De Ceglie; Vidal, Pirlo, Marchisio; Pepe (Bonucci 53), Matri (Del Piero 53), Vucinic (Quagliarella 73)
Pelatih: Conte

INTER: Julio Cesar; Maicon, Lucio, Samuel, Nagatomo; Zanetti, Poli (Pazzini 68), Stankovic, Obi (Faraoni 68); Milito, Forlan
Pelatih: Ranieri

Wasit: De Marco
Kartu kuning: Nagatomo 34, Poli 45, De Ceglie 75