Rabu, 21 Maret 2012

Semifinal II Coppa Italia : Juventus 2-2 AC Milan

Hasil imbang 2-2 yang diraih Juventus saat melawan Milan pada semi final Coppa Italia yang berlangsung di Juventus Stadium, Selasa 20 Maret 2012 (Rabu dini hari WIB) cukup untuk mengantar pasukan Antonio Conte menuju babak final Coppa Italia. Secara agregat Juventus unggul 4-3 atas AC Milan.

Pertandingan berjalan cukup keras. Sulley Muntari sempat menghadang Stephan Lichsteiner dengan sangat keras pada menit 15. Tindakannya ini bisa saja berbuah kartu merah namun wasit lebih memilih memberikan kartu kuning. Conte terlihat sangat geram atas kejadian itu

Pada menit ke-20 Milan memiliki peluang emas lewat aksi Ibra. Dari sebuah kesalahan yang dilakukan Lichtsteiner, Ibra langsung melepaskan tembakan keras. Namun, kiper Juve, Storari, berhasil mementahkan tembakan penyerang asal Swedia tersebut. Peluang tim tamu berikutnya datang dari Clarence Seedorf, saat tendangan jarak jauh yang dia lepaskan melenceng tipis dari sasaran.

Tuan rumah berhasil unggul lebih dulu pada menit ke-28 melalui sang kapten Alessandro Del Piero. Berawal dari sukses Andrea Pirlo melewati Djamel Mesbah, dia kemudian mengirim umpan ke Stephan Lichtsteiner yang kemudian mengirim umpan tarik tengak kotak penalti. Del Piero berhasil mengalahkan Marco Amelia saat akan menjemput bola, dan dengan sontekannya dia membawa Juventus unggul 1-0 atau agregat 3-1.

Miro Vucinic nyaris membawa Juve mengandakan keunggulannya di menit ke-35. Tapi sayang tembakannya dari jarak jauh masih melebar tipis di sisi kanan gawang Milan.

Milan berusaha sekuat tenaga untuk mencetak gol balasan. Dua peluang yang diperoleh Milan pada menit 41 hanya menemui sebuah kegagalan. Tendangan keras dari Seedorf dan usaha dari Ibrahimovic tidak berhasil dimanfaatkan menjadi sebuah gol. Hingga laga babak pertama usai, keunggulan satu gol Juventus tetap tak berubah.

Di babak kedua Milan bermain lebih baik, terbukti saat pertandingan babak kedua baru berjalan enam menit, Milan akhirnya berhasil menyamakan kedudukan. Umpan lambung dari Philippe Mexes ke depan gawang Juventus berhasil dimaksimalkan oleh Djamel Mesbah yang tengah berada dalam posisi bebas. Bola hasil tandukannya berhasil menjebol gawang Juventus.

Tendangan Mirko Vucinic pada menit ke-65 masih mengenai tiang gawang. Tak lama setelah itu Maxi Lopez yang masuk menggantikan Zlatan Ibrahimovic di awal babak kedua nyaris membawa Milan berbalik unggul. Namun tembakannya masih sedikit tinggi di atas mistar.

Luca Antonini hampir saja mengakhiri perjuangan Milan pada menit 78 saat berniat menghalau bola tendangan bebas Andrea Pirlo yang justru nyaris menciptakan gol bunuh diri.

Butuh satu gol tambahan untuk menyamakan skor agregat, Milan terus menyerang dan akhirnya mampu berbalik unggul 2-1 berkat gol yang diciptakan Maxi Lopez pada menit ke-80. Pemain asal Argentina tersebut berhasil mengecoh dua pemain Juventus, sebelum melepaskan tembakan keras yang gagal dibendung Storari.

Jelang akhir pertandingan Juve memiliki beberapa peluang, salah satunya ketika Marco Borriello gagal menceploskan bola meski hanya tinggal berhadapan dengan Amelia. Hingga 45 menit babak kedua berakhir, kedudukan tetap bertahan 2-1 untuk Milan. Pertandingan pun harus dilanjutkan dengan babak tambahan.

Memasuki babak perpanjangan waktu Juve langsung menekan. Sebuah gol spektakuler Mirko Vucinic pada menit ke-96 membuat kedudukan menjadi 2-2. Berawal dari umpan Pirlo, tembakan keras Vucinic mengarah ke sudut kiri atas melesat deras ke gawang Amelia.

Gol dari Vucinic tersebut membuat keadaan menjadi berbalik. Milan balik tertekan dan kurang mampu mengendalikan permainan mereka.Usaha terakhir Milan pada menit 120 melalui Maxi Lopez gagal berbuah gol. Bola hasil tandukannya berhasil dihalau oleh Bonucci.

Hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda laga usai, skor bertahan di angka 2-2. Dengan hasil ini, Juventus berhak melangkah ke final dengan agregat kemenangan 4-3.

Dari statistik yang ada, dengan penguasaan bola sebanyak 46 % Juventus melakukan 22 kali tembakan dan 11 diantaranya mengarah ke gawang sedangkan AC Milan dari pengusaan bola sebanyak 54% hanya membuat 15 kali tembakan dan 6 diantaranya mengarah ke gawang.

Susunan Pemain :

JUVENTUS: Storari; Lichtsteiner (Caceres 46), Bonucci, Chiellini, De Ceglie; Giaccherini, Pirlo, Vidal; Pepe (Marchisio 63), Del Piero (Borriello 74), Vucinic
Pelatih: Conte

MILAN: Amelia; Antonini, Mexes, Thiago Silva, Mesbah; Aquilani (Nocerino 68), Muntari, Seedorf; Emanuelson, Ibrahimovic (Maxi Lopez 46), El Shaarawy (Inzaghi 78)
Pelatih: Allegri

Wasit: Orsato

Kartu Kuning: Muntari 16, Aquilani 35, Vucinic 38, Seedorf 56, Borriello 80, Thiago Silva 101, Vidal 112