Minggu, 18 Maret 2012

Serie A pekan 28 : Fiorentina 0-5 Juventus

Setelah dalam empat pertandingan sebelumnya terus meraih hasil imbang, akhirnya Juventus meraih kemenangan telak atas tuan rumah Fiorentina dengan skor 5-0, dalam lanjutan kompetisi Serie-A, di Artemio Franchi, Minggu (18/3) dini hari.

Walaupun bermain dikandang lawan, Juventus mampu mendominasi atas tuan rumah dan baru tujuh menit laga dimulai, dua peluang langsung dimiliki oleh Juventus. Sebuah sepakan keras Mirko Vucinic mengenai tiang gawang dan bola muntah masih belum bisa dimaksimalkan oleh Alessandro Matri.

Juventus membuka keunggulan saat pertandingan memasuki menit ke 15 melalui sepakan terarah Mirko Vucinic. Berawal dari umpan-umpan pendek Machisio dan Pirlo di area pertahanan Fiorentina dan diselesaikan oleh Vucinic dengan tendangan melengkung dari luar kotak pinalti. 1-0 untuk Juve.

Upaya Fiorentina untuk mencetak gol penyeimbang menjadi lebih berat karena kartu merah yang diterima oleh Alessio Cerci yang dengan secara sengaja menendang bagian belakang kaki Paolo De Ceglie.

Unggul jumlah pemain, Juventus kian leluasa mengontrol permainan atas tuan rumah. Pada menit ke- 28, Bianconeri memperbesar keunggulan menjadi 2-0 melalui Arturo Vidal. Bermula dari skema sepak pojok, Menerima umpan dari Mirko Vucinic, gelandang asal Chile itu melepas sepakan yang masih ditepis Artur Boruc. Namun dengan cepat dia menyambar bola rebound dan masuk ke sudut kanan gawang Fiorentina. Keunggulan 2-0 untuk Juventus bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Fiorentina mencoba untuk menekan pertahanan Juventus. Tiga menit babak kedua berjalan, Fiorentina memperoleh peluang lewat tendangan bebas usai pelanggaran yang dilakukan Vidal pada Andrea Lazzari. Namun sundulan Cesare Natali memanfaatkan tendangan bebas masih melebar.

Sebuah gol dari Marchisio dimenit 54 mengubah skor menjadi 3-0. Diawali dari sebuah serangan balik, tandukan dari Marchisio setelah menyambut umpan matang Vucinic dari sisi kiri lapangan akhirnya membobol gawang Fiorentina kembali.

Andrea Lazzari sempat menghidupkan asa Fiorentina setelah sepakannya membentur mistar gawang Gianluigi Buffon. Juve semakin memimpin jauh tatkala Andrea Pirlo turut menyumbang gol di menit ke-69. Memanfaatkan bola umpan terobosan dari Vucinic, Andrea Pirlo sukses membobol jala Boruc dengan tendangan pelan terarah kaki kirinya.

Simone Padoin yang baru masuk di menit 70 menggantikan Vidal melengkapi pesta kemenangan Juve lewat golnya di menit 72. Memanfaatkan bola pantul dari hasil tendangan Pirlo yang sempat membentur bek Fiorentina, Padoin sukses menaklukkan Boruc. Skor 5-0 untuk Juventus itu bertahan sampai akhir pertandingan.

Berdasarkan statistik yang ada, Juventus menguasai bola sebanyak 66 persen dan menciptakan delapan peluang emas dari 13 usaha. Adapun tuan rumah melepaskan satu tembakan akurat dari delapan percobaan.

Susunan Pemain :

FIORENTINA : Boruc; Cassani, Natali, Nastasic, Pasqual; Olivera (De Silvestri 46), Montolivo, Lazzari; Cerci, Amauri,Vargas.
Pelatih: Rossi

JUVENTUS: Buffon; Lichtsteiner, Bonucci, Caceres, De Ceglie; Vidal (Padoin 70), Pirlo, Marchisio; Pepe, Matri (Quagliarella 59), Vucinic (Borriello 70).
Pelatih: Conte

Wasit: Bergonzi
Kartu Kuning: Lichtsteiner 24, Olivera 34
Kartu Merah: Cerci 20