Minggu, 04 Maret 2012

Serie A Pekan 26 : Juventus 1-1 Chievo

Juventus harus puas berbagai angka saat ditahan imbang 1-1 oleh Chievo Verona di Juventus Stadium, Minggu (4/3/2012) dinihari WIB. Hasil imbang ini tetap membuat rekor tak terkalahkan La Vecchia Signora belum terpecahkan. Namun, hasil ini membuat jarak 3 poin dengan pemuncak klasemen, AC Milan.

Juventus langsung berinisiatif melakukan serangan sejak babak pertama dimulai. Namun justru tim tamu lebih dulu mengancam pada menit kedua. Berawal dari umpan silang Cyril Thereau, sundulan Paolo Sammarco masih bisa diamankan oleh Gianluigi Buffon.

Hingga pada menit ke 18, Juventus baru berhasil memecah kebuntuan melalui gol yang diciptakan oleh Paolo De Ceglie. Gol bermula dari tendangan bebas Andrea Pirlo yang berhasil ditanduk Giorgio Chiellini. Bola tandukan Chiellini sempat mengenai tiang gawang dan bola rebounds coba dihalau kiper Chievo, Stefano Sorrentino. Namun Paolo De Ceglie yang berada di hadapannya langsung menyambar dengan sebuah tandukan guna melesakkan bola ke gawang Chievo.

Pada menit ke-25, Chievo kembali membahayakan gawang Juve kala crossing Sammarco berhasil diteruskan oleh Francesco Acerbi dengan kepalanya. Namun, bola masih melenceng tipis.

Juventus semakin gencar melakukan serangan setelah unggul 1-0 dengan hampir menguasai jalannya pertandingan. Mirko Vucinic nyaris menggadakan keunggulan timnya pada menit ke-27. Namun tembakan Vucinic masih membentur pemain lawan dan melebar dari gawang Chievo.

Si Nyonya Tua besar nyaris menggandakan keunggulan pada menit ke-40. Namun, sepakan keras Simone Padoin dari luar kotak 16 masih bisa ditepis dengan susah payah oleh Sorrentino. Tak lama berselang Vucinic kembali mendapatkan peluang namun tandukannya masih menjauh dari gawang Sorrentino. Begitu juaga dengan tendangan first time Emanuele Giaccherini yang cuma menerpa sisi luar jala gawang Cheivo.

Menjelang babak pertama usai Juventus kesulitan mengembangkan permainan dan mendapat tekanan dari Chievo. Meski begitu, Bianconeri berhasil mempertahankan keunggulan 1-0 hingga saat turun minum.

Pada bebak kedua Chievo langsung mengancam melalui tendangan bebas Acerbis yang masih bisa diselamatkan dengan gemilang oleh Buffon. Beberapa menit kemudian gentian Juventus yang mengancam melalui Padoin namun masih terbuang percuma. Mendapat ruang tembak terbuka, penyelesaiannya masih bisa dihalau oleh Sorrentino dengan kakinya.

Davide Moscardelli mendapatkan peluang bagus untuk menggetarkan gawang Juve pada menit ke-68 dan 72. Di usaha pertama tembakannya masih melebar, sementara di percobaan kedua sundulannya juga masih menyamping.

Pada menit ke-76, Chievo berhasil menyamakan kedudukan melalui tendangan keras kaki kiri Drame yang masuk ke gawang setelah sempat berbelok karena mengenai kaki Leonardo Bonucci.

Usai kedudukan imbang, kubu Juve kembali melakukan serangan yang cukup banyak tercatat beberapa peluang hampir membuat Juve menggandakan keunggulan. Del Piero yang masuk sebagai pemain pengganti hampir mencetak gol, namun tembakannya berhasil diblok oleh pemain Chievo dan hanya menghasilkan sepak pojok begitu pula dengan tendangan Pirlo dari luar kotak pinalti yang masih mampu diantisipasi oleh Sorrentino. Skor imbang 1-1 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Susunan Pemain:

JUVENTUS Buffon; Lichtsteiner (Del Piero 78), Barzagli (Bonucci 41), Chiellini, De Ceglie; Padoin, Pirlo, Marchisio (Caceres 71) Giaccherini; Matri, Vucinic
Pelatih: Conte

CHIEVO: Sorrentino; Frey, Andreolli, Acerbi, Dramé; Bradley, Rigoni, Luciano (Moscardelli 55); Sammarco (Hetemaj 64), Thereau; Paloschi (Vecek 83).
Pelatih: Di Carlo

Wasit: Gervasoni
Kartu kuning: Dramé 48