Senin, 02 April 2012

Serie A Pekan 30: Juventus 3-0 Napoli

Juventus semakin mendekati AC Milan sebagai Capolista setelah mengalahkan Napoli dengan skor 3-0 dalam laga lanjutan kompetisi Serie A giornata 30 di Juventus Arena, (2/4/2012) dinihari WIB. Dengan kemenangan telak itu, selisih poin Juventus dan Milan hanya tinggal dua poin saja.

Meski bermain di hadapan publik sendiri, Juventus mendapatkan perlawanan ketat dari Napoli sepanjang babak pertama.

Juventus nyaris membuka keunggulan ketika pertandingan baru berjalan sekitar lima menit melalui sundulan Marco Borriello yang menerima umpan silang dari andrea Pirlo tetapi masih menyamping tipis dari jala Morgan De Sanctis.

Boriello kembali membuang peluang di menit 10 ketika umpan Stephan Lichtsteiner menemui kepala penyerang internasional Italia itu. Tapi lagi-lagi bola hanya menyasar sisi gawang.

Napoli memperoleh peluang pertamanya di menit 13 ketika umpan terobosan Ezequiel Lavezzi menemui Marek Hamsik. Yang kemudian langsung melepaskan tembakan tetapi masih bisa ditepis Gianluigi Buffon.

Pada menit ke-23 Napoli mendapatkan sebuah peluang melalui Ezequiel Lavezzi. Yang melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti setelah menerima operan Inler, tetapi masih bisa dimentahkan barisan pertahanan Juventus. Di menit 30, giliran sundulan Arturo Vidal yang menyambut umpan dari tendangan bebas Pirlo tetapi berhasil diselamatkan oleh De Sanctis.

Di menit 43 tembakan keras Pirlo dari jarak jauh memaksa De Sanctis melakukan penyelamatan atas gawangnya.

Kedua tim, baik Juventus maupun Napoli, sama-sama tampil agresif dan berhasil menciptakan sejumlah peluang pada paruh waktu awal itu. Namun hingga babak pertama berakhir kedudukan imbang tanpa gol.

Di babak kedua, tempo pertandingan masih sama-sama cepat, namun Juventus lebih gencar melakukan serangannya dan hasilnya mereka berhasil memecah kebuntuan di menit 53.

Berawal dari tendangan bebas Pirlo ke kotak penalti gagal diamankan dengan sempurna oleh barisan pertahanan Napoli,, Mirko Vucinic yang menguasai bola liar, langsung melepaskan tendangan. Bola sempat mengenai kaki Leonardo Bonucci dan berbelok masuk ke dalam gawang Napoli. Unggul satu gol, Juventus kian bersemangat dan bahkan, dua menit berselang, mereka bisa mencetak gol. Namun, gol Vucinic dianulir wasit lantaran berada dalam posisi offside.

Menit ke-63, Marek Hamsik kembali mengancam gawang Buffon. Sayangnya, tendangan kaki kiri pemain Slovakia dari luar kotak penalti itu belum bisa mengarah ke sasaran dengan baik. Di menit ke-73, sebuah tendangan keras dari Vucinic masih bisa diselamatkan oleh De Sanctis.

Vidal menggandakan keunggulan Juventus dengan aksi briliannya di menit ke-75. Melakukan akselerasi di sisi kanan pertahanan Napoli dan melakukan step over sebelum melepaskan sepakan keras ke arah tiang jauh tanpa mampu dicegah oleh De Sanctis.

Vidal nyaris mencetak gol kedua pada menit ke- 76, tetapi tendangan jarak jauh yang dilepaskannya dari sektor sayap, setelah melihat posisi De Sanctis yang cukup jauh dari gawang, masih menyamping. Tak lama setelah itu, Fabio Quagliarella nyaris menciptakan gol spektakuler dari tengah lapangan. Sayang arah sepakannya hanya menyasar sisi kanan gawang Napoli.

Alessandro Del Piero yang baru masuk menggantikan Vucinic pada menit 83, langsung memberikan memberi umpan manis yang berhasil diselesaikan Fabio Quagliarella menjadi gol ketiga bagi Juventus.

Kebobolan tiga gol membuat Napoli semakin menderita, ditambah lagi di menit ke-86, mereka harus bermain dengan 10 pemain setelah wasit mengusir Juan Camilo Zuniga lantaran menyikut wajah Giorgio Chiellini.

Pada menit akhir pertandingan, Juventus masih terus menekan pertahanan Napoli dan menciptakan beberapa peluang masih salah satunya melalui Del Piero yang nyaris membobol gawang Napoli di masa injury time, andaikan tembakan kerasnya tak dihadang De Sanctis. Hingga pertandingan usai, skor 3-0 bagi kemenangan pasukan Antonio Conte tetap bertahan.

Kemenangan ini juga membuat Bianconeri kini hanya terpaut dua poin dari pemuncak klasemen AC Milan di klasemen sementara Serie A. Berikut adalah statistik lengkap pertandingan Juventus vs Napoli.

Susunan Pemain :

JUVENTUS: Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Lichtsteiner (Caceres 66), Vidal, Pirlo, Marchisio, De Ceglie; Borriello (Quagliarella 70), Vucinic (Del Piero 83)
Pelatih: Conte

NAPOLI: De Sanctis; Campagnaro, Cannavaro, Aronica; Maggio (Dossena 25), Gargano, Inler (Pandev 62), Zuniga; Hamsik (Dzemaili 71); Lavezzi, Cavani
Pelatih: Mazzarri

Wasit: Orsato
Kartu Kuning: Lichtsteiner 37, Vidal 39, De Ceglie 45, Gargano 63, Cannavaro 68, Marchisio 73
Kartu Merah: Zuniga 86