Senin, 23 April 2012

Serie A Pekan 34 : Juventus 4-0 Roma

Juventus tampil gemilang saat menjamu AS Roma dalam lanjutan Seri A. Kemenangan telak 4-0 atas AS Roma, Senin (23/4) dini hari WIB membuat La vecchia Signora kokok di puncak klasemen Serie A, unggul tiga angka dari pesaing terdekatnya, AC Milan.

Memainkan tempo cepat sejak awal pertandingan, pasukan Antonio Conte langsung mendominasi pertandingan dan membuat kelabakan pertahanan pasukan Luis Enrique. Menit ketiga Juve langsung membuka peluang lewat tendangan bebas dari Andrea Pirlo yang bermula dari pelanggaran bek Roma kepada Fabio Quaqliarella. Namun tendangan Pirlo masih terkena pagar hidup para pemain AS Roma.

Saat pertadingan memasuki menit ke-4, Arturo Vidal akhirnya mampu membobol gawang AS Roma. Gol ini diawali Berawal dari umpan terobosan Mirko Vucinic kepada Paolo De Ceglie yang langsung melepaskan umpan mendatar ke kotak penalti dan disambut tendangan keras oleh Vidal mengarah ke pojok kanan gawang tanpa bisa diantisipasi kiper Roma, Maarten Stekelenburg.

Setelah unggul 1-0, Bianconeri masih terus melakukan serangan ke daerah pertahanan tim tamu. Hanya empat menit berselang, gelandang asal Chile itu sukses menggandakan keunggulan timnya melalui tendangan keras menyilang dari dalam kotak penalti mengarah ke tiang jauh setelah memanfaatkan umpan manis dari Mirko Vucinic.

Sebuah tendangan Vucinic sambil membalikkan badan pada menit ke-11, hampir menjadi gol ketiga bagi tim tuan rumah, namun masih bisa diamankan Stekelenburg. Memasuki menit ke-21, Giorgio Chiellini nyaris membawa Juventus unggul. Namun, sundulan Chiellini meneruskan tendangan bebas Pirlo tak mengarah ke sasaran.

Claudio Marchisio yang melakukan sebuah akselerasi di kotak penalti Roma pada menit ke- 26 dihentikan secara ilegal oleh Stekelenburg. Akibatnya fatal, selain dihukum tendangan penalti, kiper asal Belanda itu juga dihadiahi kartu merah oleh wasit Paolo Bergonzi.

Sepakan Andrea Pirlo yang maju sebagai eksekutor berhasil ditepis kiper pengganti Gianluca Curci. Namun, Pirlo langsung menyambar bola muntah di mulut gawang, menjebol gawang Roma untuk ketiga kalinya. 3-0 untuk keunggulan Juventus.

De Ceglie mempunyai peluang untuk menambah gol Juve pada menit ke-37. Namun sayang, tendangan kerasnya dari luar kotak penalti masih melenceng tipis. Begitu juga percobaan yang dilakukan Fabio Quagliarella beberapa saat kemudian belum juga menambah gol. Sepakan Quagliarella masih bisa dihentikan oleh Curci. Kedudukan 3-0 bertahan hingga rehat.

Selepas turun minum, Juventus masih mendominasi jalannya pertandingan dan membuat 10 pemain Roma tak kuasa mengembangkan permainannya. Tiga menit selepas babak kedua dimulai, Juve kembali meneror gawang Roma, kali ini lewat tendangan keras Marchisio. Namun, Curci masih sigap menangkap bola.

Tekanan yang dilancarkan akhirnya kembali menghasilkan gol keempat pada menit ke- 52 bagi La Vecchia Signora. Berawal dari aksi De Ceglie yang masuk ke area pertahanan kemudian memberikan umpan kepada Vucinic, yang lantas memberikan umpan dengan tumitnya kepada Marchisio. Gelandang timnas Italia itu lantas melepaskan tembakan terukur ke pojok kiri bawah tanpa bisa dicegah Curci.

Vidal hampir mencetak hatrik di menit ke-60 ketika menerima umpan matang dari Pirlo. Beruntung De Rossi mampu memotong bola tersebut. Memasuki menit ke- 71, Marchisio kembali membahayakan gawang Roma. Namun, tendangan gelandang 26 tahun itu mampu ditepis oleh Curci.

Pada menit ke- 72 kemudian, giliran Giaccherini yang melepaskan tendangan ke gawang Roma, namun arahnya masih melebar. Menit ke-74, Del Piero melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Namun arahnya masih terlalu tinggi di atas mistar.

Sepuluh menit jelang permainan berakhir kedua tim mulai menurunkan tempo permainan dan lebih sering bermain di tengah lapangan saja. Keduanya hanya sesekali bergantian melakukan serangan walau tidak terlalu membahayakan gawang masing-masing.

Hingga peluit panjang berbunyi, Bianconeri unggul 4-0 atas Il Lupi. Dengan hasil ini membuat Juventus semakin nyaman di posisi teratas klasemen semantara Serie A Italia dan masih belum terkalahkan hingga saat ini. Berikut ini adalah statistik pertandingan Juventus – AS Roma.

Pemain :

JUVENTUS : Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Lichtsteiner, Vidal (Giaccherini 67), Pirlo, Marchisio, De Ceglie; Vucinic (Borriello 57), Quagliarella (Del Piero 61).Pelatih : Conte

ROMA : Stekelenburg; Rosi, Kjaer, De Rossi, Josè Angel; Perrotta, Marquinho, Gago; Pjanic (Lamela 61); Borini (Curci 28), Osvaldo (Bojan 57).
Pelatih : Luis Enrique

Wasit : Bergonzi
Kartu Kuning : Bojan 85
Kartu Merah : Stekelenburg 26