Kamis, 12 April 2012

Serie A Pekan 32 : Juventus 2-1 Lazio

Juventus kembali meraih capolista Serie A dari AC Milan setelah susah payah mengatasi Lazio dengan skor 2-1 dalam lanjutan kompetisi Serie A 2011-1012. Tampil di Juventus Arena, Kamis (12/4/2012) dini hari, mengandalkan duet Mirko Vucinic dan Fabio Quagliarella, Juve langsung menlancarkan serangan sejak peluit pertama dibunyikan. Pada menit ke-6, Juve bahkan sudah membuka peluang lewat Quagliarella. Sebuah umpan silang Giorgio Chiellini dari sisi kiri berhasil disambut oleh Fabio Quagliarella sambil menjatuhkan badan. Namun, sepakan kerasnya masih melebar.

Peluang kembali didapat Quagliarella pada menit ke-9. Mantan bomber Udinese dan Napoli ini melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Tetapi tendanganya hanya menghantam wajah dari Federico Marchetti.

Lazio mendapatkan peluang lewat tendangan bebas Cristian Ledesma pada menit ke-26. Tendangan bebas Cristian Ledesma melaju kencang ke pojok kanan, namun Gianluigi Buffon tak kesulitan untuk mengamankan bola.

Pada menit ke-27, Juventus mendapat peluang emas. Pepe menerima umpan manis dari Arturo Vidal di kotak penalty dan berhasil lolos dari penjagaan pemain Lazio. Tetapi, peluang tersebut gagal berbuah gol karena sontekannya masih mampu dimentahkan oleh Marchetti.

Dua menit berselang Pepe akhirnya membuat Juventus unggul. Umpan Andrea Pirlo diterima Pepe dengan dadanya dan langsung melakukan sebuah tendangan akrobatik untuk membobol jala Marchetti.

Usai gol pertama itu, Juventus kian gencar membombardir pertahanan Lazio. Menit ke-31, Arturo Vidal nyaris saja menciptakan sebuah gol spekatakuler. Melihat posisi Marchetti yang terlalu maju, dia melepaskan tendangan dari belakang garis tengah. Tepat sasaran, tapi, Marchetti dengan susah payah masih bisa menepis bola. Satu menit berselang, Quagliarella melepaskan tembakan keras dari jarak dekat, namun Marchetti kembali mampu melakukan penyelamatan gemilang.

Pada menit ke-38, Pirlo mengirim umpan manis ke Stephan Lichtsteiner yang kemudian melepaskan umpan silang ke kotak penalti. Quagliarella yang menyongsong bola dengan sepakan keras, kembali harus gigit jari setelah tembakannya masih mampu diblok Mobido Diakite.

Vidal kembali memaksa Marchetti bekerja keras pada menit ke- 40. Kali ini, sepakannya dari luar kotak penalti, mampu ditepis mantan kiper Timnas Italia tersebut.

Terus menyerang membuat pertahanan Juventus lengah dan puncaknya di akhir babak pertama gawang Gianluigi Buffon kebobolan. Memanfaatkan sebuah umpan silang, Stefano Mauri sukses melepaskan tandukan yang bersarang telak di pojok gawang Buffon. Skor imbang 1-1 menutup babak pertama.

Di babak kedua, serangan frontal masih diperagakan Juventus guna mencari gol kemenangan. Menit ke-50, tendangan melengkung Quagliarella masih melambung diatas mistar gawang. Menit ke-51, Juve mendapat peluang lewat Vucinic yang menerima umpan Vidal. Namun, sepakan Vucinic dari sisi gawang hanya melintas di sisi gawang. Pada menit ke-58, tendangan bebas Pirlo mengancam gawang Lazio. Beruntung bagi tim tamu, Marchetti tetap sigap mengamankan gawangnya.

Pada menit ke-78, pemain pengganti, Alessandro Del Piero, mampu melepaskan bola ke arah gawang. Karena tendangannya masih lemah, bola dengan mudah ditangkap oleh Marchetti.

Terus menerus menekan, Juve akhirnya berhasil unggul di menit ke-84 melalui tendangan bebasnya yang hanya mampu dilihat oleh Marchetti dan menembus sudut kanan gawang Lazio. Gol tersebut menggenapi penampilan ke-700 Del Piero bersama Juve.

Setelah kebobolan, Lazio kian sulit mengejar lantaran harus bermain dengan sepuluh orang setelah Libor Kozak menerima kartu kuning keduanya karena menyikut Leonardo Bonucci dalam sebuah perebutan bola. Sebelumnya, pelatih Edoardo Reja telah lebih dahulu diusir wasit lantaran melakukan protes berlebihan. Skor 2-1 bertahan hingga laga usai. Statistik pertandingan Juventus - Lazio, klik disini.

Susunan Pemain:

JUVENTUS: Buffon; Lichtsteiner, Barzagli, Bonucci, Chiellini; Vidal (Giaccherini 80), Pirlo, Marchisio; Pepe (Matri 72),Vucinic (Del Piero 72), Quagliarella.
Pelatih: Conte

LAZIO: Marchetti; Scaloni, Diakitè, Biava, Garrido; Cana, Ledesma; Gonzalez (Brocchi 81), Mauri (Hernanes 72), Candreva; Rocchi (Kozak 74).
Pelatih: Reja

Wasit: Damato
Kartu Kuning: Diakitè 12, Biava 34, Lichsteiner 47, Chiellini 49, Mauri 54, Quagliarella 56, Kozak 80, Ledesma 81, Kozak 93
Kartu Merah: Kozak 93