Kamis, 26 April 2012

Serie A Pekan 33 (Jadwal Ulang) : Cessena 0-1 Juventus

Bertandang ke Stadion Dino Manuzzi, Juventus masih terus mempertahankan rekor tak terkalahkannya musim ini. Bianconeri kembali meraih poin saat mengalahkan Cesena 1-0 dalam laga lanjutan Liga Serie-A, Rabu (25/4/2012). Gol tunggal dari Marco Borriello sudah cukup membawa Juve nyaman berada di puncak capolista sekaligus mengirim Cesena ke Serie B.

Juventus harus dipaksa untuk bekerja keras menghadapi perlawanan tuan rumah Cesena. Hanya dalam lima menit pertandingan berjalan, Cesena bisa menghasilkan dua kali tendangan pojok.

Pada menit ke- 8, Juventus sebenarnya sudah punya kesempatan emas untuk unggul. Handsball yang dilakukan oleh Vangelis Moras di kotak terlarang berhadiah penalti bagi Juventus. Namun, eksekusi Pirlo membentur tiang gawang dan gagal memberi keunggulan kepada La Vecchia Signora.

Usai kegagalan penalti yang dilakukan Pirlo saat mengeksekusi tendangan penalti, determinasi Juve kian deras. Beberapa peluang terus diciptakan anak-anak Turin ini. Sebuah tendangan Marchisio dari luar kotak penalti pada menit ke-24 masih belum menemui sasaran. Selang beberapa menit kemudian, sundulan Vucinic memanfaatkan sepak pojok Pirlo masih melambung di atas mistar.

Menit ke-38, Juventus nyaris mencetak gol andai sundulan De Ceglie setelah menerima umpan Pirlo lebih terarah. Sundulannya justru memantul tanah dan masih bisa ditepis Antonioli dan hanya menghasilkan tendangan pojok.

Di menit-menit akhir babak pertama, giliran Cesena yang mengancam lewat tendangan jarak jauh Marco Parolo. Namun, bola tak mengarah ke sasaran.Babak pertama pun berakhir dengan skor tetap kacamata.

Di babak kedua, Juventus tetap mengurung pertahanan Cesena. Pada menit ke-50 Juve mendapatkan peluang emas, di mana Alessandro Matri yang lolos dari jebakan offside melakukan tendangan keras. Bola yang sempat terhadang lajunya karena mengenai Antonioli nyaris masuk ke gawang Cesena. Beruntung, Antonioli bertindak cepat hingga bisa menyapu bola tepat di garis gawang.

Juve yang makin mendominasi, kembali mendapatkan bebrapa peluang emas. Diantaranya Tendangan keras Claudio Marchisio pada menit ke-53 masih melayang di atas mistar. Sundulan Matri di menit ke-66 memanfaatkan umpan silang Pirlo masih melebar di kanan gawang. Pada menit ke-68, giliran Bonucci yang menyambut sepakan pojok Andrea Pirlo, tapi bola hasil sundulannya ternyata masih tipis disamping kiri gawang Antonioli.

Memasuki menit 74, Antonio Conte melakukan pergantian penting dengan memasukan Marco Borriello dan Alessandro Del Piero untuk menggantikan Alessandro Matri dan Paolo De Ceglie.

Del Piero langsung memberikan peluang melalui tendangan bebas yang memaksa Antonioli harus bekerja keras untuk menyelamatkan gawangnya dari kebobolan. Hanya berselang dua menit, Borriello berhasil mencetak gol untuk membawa Juventus unggul.

Gol berawal dari sebuah umpan lambung Del Piero dari sisi kiri pertahanan Cessena yang berhasil disundul Vucinic untuk memberikan umpan kepada Borriello yang langsung menyambutnya dengan tendangan mendatar dengan kaki kirinya dan tidak mampu dijangkau oleh Antonioli.

Juventus punya beberapa peluang untuk menambah gol sebelum laga berakhir. Namun, tak ada lagi gol yang tercipta dan Juve harus puas hanya menang tipis 1-0. Selama pertandingan Juve tampil dominan. Statistik Soccernet mencatat tim tamu unggul penguasaan bola hingga 72 persen.

Susunan Pemain :
CESENA: Antonioli; Benalouane, Moras, Rodriguez, Ceccarelli, Dokovic (Rossi 77); Santana, Parolo, Colucci (Guana 32); Del Nero (Arrigoni 65), Rennella,
Pelatih: Beretta

JUVENTUS: Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Caceres (Giaccherini 69), Vidal, Pirlo, Marchisio, De Ceglie (Del Piero 74); Matri (Borriello 74), Vucinic
Pelatih: Conte

Wasit: Guida
Kartu Kuning: Colucci 8, Vidal 33, Rennella 43, Pirlo 57, Matri 62, Guana 64