Senin, 30 April 2012

Serie A Pekan 35 : Novara 0-4 Juventus

Juventus sukses mempertahankan capolista alias pemuncak klasemen Serie A usai mencukur tuan rumah Novara dengan skor 4-0 dalam lanjutan Liga Italia Serie A pekan ke- 35 di stadion Silvio Piola, Minggu (29/4/2012).

Juve turun dengan formasi andalannya, 4-3-3 di laga ini. Trio Emanuele Giaccherini, Marco Boriello. dan Mirko Vucinic menjadi tumpuan di lini depan. Juventus langsung memberikan tekanan ke tim tuan rumah. Menit-menit awal babak pertama pun sukses dikuasai oleh para pasukan Bianconeri.

Pada menit ke-12, Si Nyonya Tua langsung mendapatkan peluang untuk membuat gol pembuka lewat sepakan Arturo Vidal. Tetapi, tendangan kerasnya masih melambung tinggi dari gawang Novara.

Vucinic memecah kebuntuan Juve kala pertandingan menginjak menit ke-16. Menerima umpan Andrea Pirlo, Mirko Vucinic dengan akurat melepaskan tendangan dengan kaki kirinya dan menjebol gawang Novara.

Setelah unggul 1-0, Juve terus mencoba membuka pertahanan Novara dan hampir saja menggandakan golnya pada menit ke-17, melalui tendangan dari Claudio Marchisio. Namun, sayang arah tendangannya masih me;ayang di atas gawang Novara yang dikawal oleh Alberto Fontana. Tuan rumah juga bukan tanpa peluang, Giuseppe Gemiti berhasil mendapatkan ruang tembak, tapi sepakannya masih bisa dihalau oleh Giorgio Chiellini di menit ke-22.

Memasuki menit ke-30an Juve masih mendominasi jalannya pertandingan dan terus melancarkan serangan ke gawang Novara. Kini, giliran Pirlo yang melakukan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti, meski keras tendangannya masih sanggup diblok oleh kiper Fontana.

Pada menit ke-40, Juve baru bisa menggandakan keunggulannya melalui gol yang dicetak oleh Marco Boriello. Gol yang bermula dari pergerakan Emanuele Giaccherini yang menyisir di sayap kiri dan mengirimkan umpan silang yang berhasil diselesaikan dengan baik oleh Marco Boriello lewat tandukannya. 2-0 Juventus memimpin hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, uventus semakin mendominasi dan sering mengancam gawang Novara. Saat baru lima menit babak kedua bergulir, gol ketiga Juve pun tercipta. Memanfaatkan tendangan Vucinic sempat dihalau Fontana, tembakan Arturo Vidal dengan kaki kirinya berhasil menembus gawang Novara.

Pesta gol Juventus akhirnya ditutup Vucinic di menit 64. Giaccherini yang berhasil melewati beberapa defender lawan sebelum melepaskan tembakan yang masih bisa dihalau Fontana. Namun, Vucinic masih bisa menyambar bola muntah tersebut untuk dikonversi menjadi gol keempat Juventus.

Pada masa injury time, Juve sebenarnya berpeluang menciptakan gol ke-5 andai tendangan bebas Andrea Pirlo tak membentur tiang gawang. Hingga pertandingan usai, keunggulan 4-0 Juve tetap tak berubah. Secara statistik Juve memang lebih dominan dalam laga ini, tercatat mereka mampu menguasai jalannya pertandingan sebanyak 62%. Sedangkan, tuan rumah hanya 38% saja.

Susunan Pemain :

NOVARA : Fontana; Dellafiore (Da Silva 46), Lisuzzo, Paci, Garcia; Porcari, Pesce, Gemiti; Rigoni; Mazzarani (Radovanovic 67), Caracciolo (Morimoto 51).
Pelatih : Tesser

JUVENTUS : Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Lichtsteiner, Vidal (Padoin 56), Pirlo, Marchisio (De Ceglie 60), Giaccherini; Borriello, Vucinic (Elia 65).
Pelatih : Conte

Wasit : Celi

Kartu Kuning : Pesce 14