Minggu, 08 April 2012

Serie A Pekan 31 : Palermo 0-2 Juventus

Juventus meraih kemenangan penting 2-0 atas Palermo dalam laga lanjutan Serie A di Renzo Barbera, Sabtu, 7 April 2012 (Minggu dinihari WIB). Juventus kembali menggeser posisi AC Milan di puncak klasemen Serie-A dengan raihan 65 poin dan unggul satu angka dari Milan.

Pada awal pertandingan, Juve langsung mengambil alih permainan. Dengan memaksakan Palermo yang bertindak sebagai tuan rumah bermain sedikit bertahan. Beberapa peluang pun tercipta di kubu Juve yang kali ini menduetkan Mirko Vucinic dengan Fabio Quagliarella.

Peluang pertama Juventus datang di menit ke-10. Menerima umpan Pirlo, Vucinic melepaskan tendangan sambil membalikkan badan. Namun tendangannya mengarah tepat ke pelukan kiper Palermo, Viviano.

Dua peluang beruntun bagi Juventus tercipta pada menit ke-13 melalui Quagliarella yang menerima umpan dari Marcelo Estigarribia. Tapi tendangan yang dilesakkannya masih menipis di samping kanan kiper Viviano. Peluang selanjutnya tercipta pada menit ke-14 lewat Mirko Vucinic yang meski sudah mengecoh kiper Emiliano Viviano, namun Vucinic masih gagal menceploskan bola karena hanya menyamping tipis di sisi kiri gawang Palermo.

Enam menit berselang giliran Martin Caceres yang mendapatkan peluang emas pada menit ke-19. Mendapatkan umpan terobosan matang dari, Caceres yang berhasil lolos perangkap offside langsung menyambut umpan itu dengan tendangan keras dari dalam kotak penalti Sayang, sepakan Caceres melebar di kanan gawang.

Pertandingan pun sempat dihentikan di menit ke-30, ketika Milanovic yang beradu kepala dengan Estigarribia dalam duel udara, mengakibatkan Milanovic berdarah di bagian hidungnya.

Pada menit ke-32, Andrea Pirlo mendapat peluang untuk menambah keunggulan Juve. Akan tetapi, bola tendangan kerasnya dari luar kotak penalti masih dapat ditepis cukup baik Viviano. Sebuah peluang kembali diperoleh Pirlo pada menit ke-40. Namun, tendangan kerasnya dari luar kotak penalti mengarah tepat ke pelukan Viviano.

Sepanjang babak pertama, Juventus lebih menguasai jalannya pertandingan. Palermo sendiri bermain bertahan dengan hampir sepuluh orang berada di daerahnya jika Juventus melakukan serangan. Mereka hanya mengandalkan serangan balik yang tidak terlalu membahayakan barisan pertahanan Juventus. Hingga babak pertama usai kedudukan masih imbang 0-0.

Juventus melanjutkan dominasinya di babak kedua dan tak mengendurkan tekanannya. Peluang emas kembali didapat oleh Juventus di menit ke-54, berawal dari sepak pojok yang diambil alih Pirlo hingga menimbulkan kemelut di depan gawang Viviano. Bola rebound sempat disambar tendangan keras Atruro Vidal, tapi masih cukup nyaman mendarat di pelukan Viviano.

Dua menit berselang, Juventus mampu memecah kebuntuan dengan gol yang diciptakan oleh Bonucci. Memanfaatkan umpan tendangan pojok Pirlo, Bonucci melepaskan sundulan terarah yang yang tidak mampu dijangkau kiper Viviano.

Mirko Vucinic berpeluang menggandakan keunggulan Juventus pada menit ke-64. Namun, sepakan kerasnya dari luar kotak 16 bisa dimentahkan oleh Viviano.

Palermo nyaris menyamakan kedudukan di menit ke-68. Miccoli berhasil melewati hadangan Chiellini di kotak penalti dan melepaskan umpan silang mendatar ke mulut gawang. Namun, bola terlalu deras dan tak mampu dijangkau Ilicic meski telah menjatuhkan badan.

Bermula dari sebuah serangan balik cepat, Juventus pun menggandakan keunggulannya menjadi 2-0. Menerima umpan Matri, Quagliarella yang mendapatkan kawalan ketat bek Palermo,melepaskan tembakan cantik dengan kaki kirinya ke arah pojok gawang Palermo.

Palermo nyaris mencetak gol balasan di menit ke-86. Tendangan keras Bacinovic dari luar kotak penalti masih melambung di atas gawang Buffon.

Dua menit menjelang akhir pertandingan Juventus mendapat peluang emas untuk menambah keunggulan melalui pemain pengganti Alessandro Del Piero. Setelah berhasil mengecoh beberapa pemain Palermo, namun arah tendangannya masih bisa dimentahkan oleh Viviano dengan kakinya. Hingga laga usai, kedudukan tidak berubah 2-0.

Berdasarkan statistic, selama pertandingan, Juventus menguasai bola sebanyak 62 persen dan melepaskan sembilan tembakan akurat dari 21 usaha. Adapun Palermo menciptakan satu peluang emas dari enam percobaan.

Susunan Pemain :

PALERMO : Viviano; Munoz, Milanovic, Labrin; Pisano, Migliaccio (Bacinovic 73' ), Della Rocca, Barreto, Acquah ( Budan53'), Ilicic ( Vasquez 83'), Miccoli
Pelatih: Mutti

JUVENTUS : Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Caceres, Vidal (82' Pepe), Pirlo, Marchisio, Estigarribia; Quagliarella (Del Piero 78'), Vucinic (67' Matri)
Pelatih: Conte

Wasit : Brighi
Kartu Kuning : Marchisio 77'.