Jumat, 18 November 2011

Wawancara Del Piero Dengan 'El Pais'

Ini adalah musim perubahan di Juventus. Pekerjaan manajemen kami telah membuahkan hasil, kami memiliki stadion baru yang indah, Conte telah kembali dan membawa kembali keberanian dan organisasi permainan taktis. Tim ini melakukan dengan sangat baik di Serie A. Namun, ada kesedihan yang akan datang pada akhir musim ini 2011-12. Karena sesungguhnya, mungkin akan menjadi salah satu yang terakhir dari pemain yang paling ikonik dan perwakilan klub yang pernah ada.

Hal ini mungkin mengapa Alessandro Del Piero telah memilih pers asing, surat kabar Spanyol El Pais, untuk wawancara ini. Mungkin karena semua orang di semenanjung Italia sudah tahu tentang masa kecilnya, idolanya, saat-saat kemuliaan, kesedihan, kegembiraan. Atau mungkin juga pertanyaan yang diajukan kepadanya, mungkin tentang sesuatu yang lain daripada konferensi pers oleh Andrea Agnelli awal bulan ini.

Sepotong bacaan yang sepenuhnya diterjemahkan oleh JuventiKnows, yang membawa angin nostalgia ke Turin dan di seluruh dunia. Hanya beberapa kata, lambang kebesaran seorang pria yang kita punyai (dan masih memiliki, untuk sementara sedikit lebih lama) memimpin klub tercinta kita.

Ini hari yang cerah dan indah di Turin. Ini Kamis. Semua pergi untuk pertandingan internasional dengan Tim Nasional mereka. Tidak termasuk Alessandro Del Piero, saat ini Dia menjadi starter dalam latihan pertandingan Juve vs Savona. Dia tidak menggiring bola & berlari seperti biasa, tetapi sunnguh indah melihat dia berjuang untuk setiap bola. Para pemain lawan menunggu berakhirnya babak pertama untuk sebuah kesempatan berfoto dengan dia.

Saat ini Del Piero berusia 37 tahun, dan selama 18 tahun ia habiskan di Juve. Ini akan menjadi musim terakhirnya di Turin. Ketika kami menunjukkan kepadanya foto ketika masa kanak-kanak, ia berpose dengan bola yang hampir sebesar dia, ada cahaya yang terlihat berbeda di matanya.

Apakah Anda ingat di mana Anda berada dalam foto itu?
"Ya, aku ingat benar, ini adalah di belakang rumah saya. Aku bahkan belum berumur satu tahun . Anda jelas bisa mengatakan apa yang ingin saya lakukan ... Ini gambar yang selalu saya ingat. Juga karena di teknologi dan pada masa kini, sudah tidak banyak gambar seperti ini. "

Apakah Anda menyimpan bola sepak, atau sesuatu yang lain dari masa itu?
"Bola sepak, saya tidak menyimpannya. Tapi aku masih menyimpan poster yang ada di dinding kamar saya. Dan tiga piala yang saya menangkan di turnamen bocce pada musim panas. Piala pertama saya adalah dari bocce, bukan dari sepak bola. "

Anda suka bermain bocce?
"Ya, karena aku sendirian di pantai dan juga sangat pemalu. Terasa sangat sulit untuk bersama di sekitar anak-anak lain. "

Apa poster yang Anda miliki?
"Poster-poster Juve, Platini dan penyanyi yang sering saya dengarkan lagunya bersama dengan saudara saya, dan kita berbagi kamar. Kami mendengarkan Michael Jackson, Genesis, U2, Dire Straits ... Saya juga memiliki sepeda yang fantastis yang saya beli bersama dengan saudara saya ketika aku masuk ke kelas satu. Saya menggunakannya seperti sebuah sepeda motor. "

Bagaimana Anda berubah setelah bertahun-tahun?
"Saya lebih percaya diri dan telah belajar untuk mengatasi sedikit rasa malu saya. Tapi aku masih seorang anak negeri ini [Veneto]:. Sangat pendiam dan pragmatis "

Apakah Anda pernah memiliki sebuah album stiker?

"Tidak, itu terlalu mahal. Kami tidak memiliki banyak uang. Aku hanya meminta ibu saya untuk membelikan saya beberapa stiker saja. Aku menempelkannya pada sepeda saya. "

Ayahmu adalah seorang tukang listrik, ibu Anda seorang wanita pembersih. Jika bukan sepak bola, apa yang akan Anda pilih?
"Aku tidak punya gagasan sedikit pun. Aku ingat satu hari, di kelas kami harus memilih profesi dan saya memilih tiga: listrik, seperti ayah saya, sopir truk, karena aku suka bepergian, dan masak, karena saya suka makan. Impian saya adalah menjadi pemain sepak bola, tapi saya tidak pernah menuliskannya.

Apa yang membuat Anda bersemangat?
"Selain melihat anak-anak saya tumbuh dewasa , olahraga prestasi pada umumnya dan beberapa film ."

Olahraga Prestasi terakhir yang Anda sukai?
"Saya mengikuti Piala Dunia Rugby,namun pada saat pertandingan final saya tidak bisa menyaksikannya karena kami harus berlatih pada hari itu. Lagu kebangsaan nasional, persiapan pertandingan ... itu membuat saya merinding. "

Apakah Anda menonton olahraga di TV?
"Tentu saja, setiap kali saya bisa dan setiap kali mereka (anak-anaknya) membiarkan aku ... Karena anak-anak saya suka menonton 'Dora the Explorer' dan 'Teletubbies' ..."

Apakah anak-anak Anda tidak terlalu banyak menonton televisi ?
"Tidak ada bahaya tanpa itu. Tapi setengah jam TV kita berikan kepada mereka? Mungkin itu akan diberkati! "

Saat masih anak-anak, berapa jam yang Anda habiskan bermain sepak bola jalanan ?
"Sebanyak PR saya (saya menyelesaikannya secepat mungkin) dan pada siang hari jika diizinkan. Pada musim dingin , terutama di Utara, siang hari lebih panjang dan matahari biasanya tenggelam pada pukul 4:30 sore. Tanpa cahaya, orang tua kita tidak akan membiarkan kami keluar. Untuk alasan itu saya sering bermain sendiri di jalan, di pedesaan, di rumah. Ketika malam datang, ayah saya membawa mobil keluar dari garasi untuk memberi saya ruang bermain. Pada musim panas aku menjadi lebih gila lagi. Aku hanya pulang untuk makan malam. "

Apa nasehat ibumu yang paling anda ingat?

"" Hati-hati, jangan berkeringat,jangan lari... '. Dan aku katakan pada Beliau: "Tapi Ibu, buat apa keluar jika saya tidak dapat berlari? '. Ketika saya berusia 13 dan mulai bermain dan bepergian ke Padova (saya harus naik kereta api 2 kali), Beliau ingatkan kepada saya untuk tidak berbicara dengan orang asing. "

Sepatu pertama Anda?
"Adidas Littbarski yang saya terima pada ulang tahun saya. Saya sangat menyukainya. "

Dengan siapa kau pernah meminta tanda tangan?
"Saya tidak berpikir saya bisa memintanya, aku sangat pemalu! Sejujurnya aku tidak tahu apa yang akan lakukan dengan tanda tangan tersebut. Bagi saya, kebahagiaan sejati bisa melihat idola saya, tetapi seumur hidup saya tidak satupun dari Juve, Platini, Bono atau U2 yang pernah melewati San Vendemmiano [kota kelahirannya, populasi: 10.000]. "

Apakah pelatih pernah melarang Anda untuk menggiring bola?
"Tidak, Saya mempunyai guru yang sangat baik. Saya ingat pujian pertama untuk saya masih terasa seperti kemarin saja. Aku mempunyai celana pirus yang bagus. Suatu hari, aku bermain sepak bola bersama dengan tim lokal saya dan pelatih memberi kami latihan teknis : membawa bola atas dan bawah, cepat, dengan banyak sentuhan dengan kaki kanan dan kiri. Aku harus melakukannya dengan baik karena pelatih berkata, "Bagus sekali anak-anak, seperti itu, lakukan seperti anak yang bercelana pirus itu. 'Itu sangat berkesan bagi saya. Dia adalah pelatih pertama saya, seseorang yang tahu apa yang penting pada usia muda adalah belajar untuk bersenang-senang dan semangat untuk membangun tim. "

Mazzola selalu berkata bahwa menggiring bola adalah sesuatu yang disukai di Italia.
"Saya suka melihat dribble bola yang bagus, tapi pemain jenius tidak hanya datang dari mengetahui bagaimana untuk menggiring bola, bertahan , atau membuat skor. Melainkan, adalah mengetahui untuk memilih tindakan yang benar. Bagian yang sulit adalah berpikir dalam hal apa yang tim Anda butuhkan. "

Hari ini kami melihat Anda meluncur ke tanah dalam rangka untuk mendapatkan bola kembali ... Bagaimana Anda masih bisa melakukannya pada usia 37 tahun?
"Karena saya tidak merasa seperti seorang pria yang berumur 37 tahun. Aku masih didorong oleh hasrat terhadap benda bulat yang mereka sebut bola. Ada kalanya Anda harus mampu melakukan setiap dan dengan segala sesuatu, bahkan jika harus meluncurkan diri ke tanah untuk mengambil bola, atau lari karena Anda perlu menjalankan. Tidak apa-apa, dan aku sangat senang untuk memiliki semua ini dalam diriku. "

Apa yang sudah sepakbola berikan kepada anda?
"Semua yang saya inginkan telah terwujud. Itu secara sistematis malam memeluk saya ketika saya akan tidur. Ini telah membuat saya memenuhi impian saya. "

Bagaimana pertandingan terlihat dari bangku cadangan?
"Sungguh buruk. Kebanyakan bangku cadangan membeku. Oh tidak, itu benar-benar jauh lebih baik untuk berada di lapangan. "

Apakah itu berat bagi Anda?
"Anda mempersiapkan diri untuk bermain, Anda ingin bermain. Jika Anda tidak bisa, Anda tidak bahagia. Tapi Anda juga tahu bahwa itu adalah semua tentang manajemen tim. "

Seorang teman yang Anda miliki dalam sepak bola?
"Di Livio.

Gol yang paling membuat Anda berteriak?
"Yang di Jerman vs Italia di Piala Dunia 2006. Atau salah satu dari Tokyo 96.

Memenangkan Piala Dunia adalah sensasi terbesar?
"Ya. Saya memenangkannya di usia 32 tahun setelah menghabiskan 14 tahun sebagai protagonis. Untuk mendapatkan hasil seperti itu, tanpa memiliki keterbukaan yang Anda miliki ketika Anda pertama kali mulai bermain, itu memberikan Anda kepuasan lebih. "

Pertahanan yang paling memberi Anda masalah?
"Cannavaro, Nesta dan Thuram. Sangat menjengkelkan untuk bermain melawan mereka karena kemampuan antisipasi mereka. "

Stadion yang terkesan paling Anda?
"Untuk emosi dan untuk apa yang mewakili dalam karir saya, Bernabéu selalu dihati saya. Tepuk tangan dari orang-orang distadion yang ditujukan kepada saya [pada November 2007, ketika ia mencetak dua gol] adalah serasa seperti memenangkan piala. Juga Old Trafford, yang selama bertahun-tahun telah menjadi lambang sepak bola, belum lagi suasana Glasgow dan Anfield. Aku menggigil walau hanya berpikir tentang hal itu. "

Terakhir kali Anda menangis?
"Aku tidak bisa menangis bahkan ketika ayah saya meninggal. Aku hanya tidak bisa berkata-kata. Aku berharap dia ada di sini sekarang sehingga saya bisa berterima kasih atas apa yang dia ajarkan kepada saya tanpa menyadarinya. "

Anda menandatangani kontrak untuk Juventus pada Juni 1993. Bagaimana markas klub saat itu?
"Indah. Terletak di Piazza Crimea saat itu, sebuah alun-alun kecil di Turin, di dalam rumah dari tahun 1800-an yang tampak seperti benteng. Berasal dari sebuah kota kecil dan itu semua terasa sangat baru dan besar bagi saya ... "

Waktu yang terasa paling berat dan paling sulit bagi Anda?
"Tahun pertama saya di Padova. Saya adalah seorang anak kecil jauh dari orang tuanya. Terasa sulit bisa menyatu. Aku tinggal di sebuah rumah yang dipenuhi dengan tempat tidur saja. "

Yang paling berkesan bagi Anda, antara Lippi, Capello, Trapattoni dan Ancelotti?
"Mungkin, Lippi, karena dia adalah pelatih saya lebih lama dari yang lainnya dan karena dengan dia saya telah memenangi segalanya. Saya telah bekerja dengan dia dengan 360 derajat. "

Ketika Anda datang ke Juve Anda menemukan Vialli, Ravanelli, Baggio ... apa saran yang mereka berikan Anda?
"Saya tidak berbaur dengan mereka. Saya lihat itu semua melalui mata seorang anak kecil. Apa yang saya lakukan adalah mengamati dan melihat. Alasan saya belajar begitu banyak adalah karena aku telah menghabiskan hidup saya untuk mengamati. "

Bagaimana Inzaghi, Vieri dan Trezeguet?
"Inzaghi mencetak gol bahkan ketika dia tidak mau. Dia berbalik, bola datang kepadanya dan ... bum! Golll. Vieri perwujudan kekuatan. Trezeguet memiliki cara yang indah untuk menembak. Dia sangat tinggi. Melihat dia tampaknya tidak memiliki koordinasi. Pada kenyataannya, ia memiliki tendangan yang luar biasa. "

Ibrahimovic mengatakan dia hampir berkelahi dengan Guardiola. Seperti apa dia sewaktu di Turin?
"Dia hampir berkelahi dengan pemain lain."

Dengan Anda?
"Nooo! Aku akan menendang pantatnya. (Tertawa) Zlatan sehari-hari, adalah orang yang tenang tapi dia sangat penuntut. Dia ingin melakukan yang terbaik dan orang lain pun melakukan hal yang sama. "

Anda mewarisi # 10 dari Baggio. Apakah dia pemain terbaik yang pernah bermain bersama Anda?
"Ya. Seiring dengan Zidane. Dan Jugovic. Tapi Zizou dan Baggio, secara teknis, menyenangkan untuk ditonton. "

Di mana Anda ingin menyelesaikan karir Anda?
"Ini bukan sesuatu yang ingin saya jawab. Saya ingin mengakhiri karir saya dengan ketenangan. Apa yang akan terjadi ... terjadilah. "

Berapa lama Anda akan bermain?
"Sampai aku berusia 40."

Bagaimana tubuh Anda telah berubah begitu banyak?

" November 8, 1998. Aku mengalami cidera dan harus beristirahat selama 12 bulan, selama 4 bulan aku harus memakai kruk untuk berjalan. Ini mengubah karir saya dan membuat saya menjadi pemain yang lebih baik lagi. Sebelumnya saya adalah orang yang kuat, cepat, mempunyai teknis bagus, hanya mengikuti insting saja. Kemudian saya terlalu lemah untuk itu, sekarang saya mencoba untuk menemukan keseimbangan. "

Bagaimana perasaan Anda duduk di depan pengadilan dengan tuduhan Anda memakai doping?

"Saya merasa marah dan bingung. Ini adalah pengadilan yang tidak memiliki alasan untuk ada. Dan itu banyak yang telah terbukti. Bagi saya, sepak bola adalah permainan 11 vs 11 dimainkan di lapangan hijau. "

Apakah ada yang Anda sesali?
"Tidak, tapi aku mungkin suka mengulang beberapa game lama saya dengan pikiran yang saya miliki saat ini. Namun Saya senang atas semua yang telah terjadi padaku. "