Senin, 21 November 2011

Serie A pekan 12 : Juventus 3-0 Palermo

Juventus kembali ke puncak klasemen kompetisi Serie A setelah menang 3-0 atas tamunya Palermo, Minggu (20/11/2011), dan unggul selisih gol dengan Lazio.

Tim yang dijuluki "Nyonya Tua dari Turin" itu juga masih memiliki selisih satu pertandingan dan tetap sebagai tim yang masih belum terkalahkan dalam laga liga musim ini.

Sejak menit pertama, Bianconeri langsung menggempur pertahanan lawannya, Andrea Pirlo di lini tengah Juve menjadi motor serangannya.

Baru empat menit berjalan, Juve sudah mengancam. Andrea Pirlo mengirim umpan meski Giorgio Chiellini membuang peluang emas di muka gawang. Tiga menit kemudian, giliran Claudio Marchisio yang gagal memanfaatkan kans.

Pada menit sembilan, peluang tercipta bagi Palermo, yakni ketika Josep Ilicic lepas dari pengawalan dan melakukan tendangan keras dari jarak dekat, namun Buffon berhasil mengandaskan usaha Ilicic.

Empat menit berselang, giliran Fabrizio Miccoli yang coba peruntungan dengan melepaskan bola lewat sepakan kaki kanan dari luar kotak penalti. Upaya ini juga gagal karena bola belum menemui sasaran.

Juve akhirnya memimpin pada menit 20. Dari sebuah umpan silang yang dilepaskan Chiellini, Simone Pepe berhasil menyundul bola masuk ke dalam gawang Palermo.

Pada menit 30 Andrea Pirlo nyaris menggandakan keunggulan dengan tembakan dari jarak 20 yard yang melengkung melewati kiper Alexandros Tzorvas namun bola masih membentur tiang, gawang Palermo.

Semenit sebelum turun minum, Palermo melakukan serangan balik dan Buffon kembali dipaksa melakukan penyelamatan. Josip Ilicic kembali gagal memanfaatkan peluang untuk mencetak gol saat Fabrizio Miccoli membuat dia berhadapan satu lawan satu dengan kiper Gianluigi Buffon, tapi pengatur serangan asal Slovenia itu gagal menjangkau bola. Hingga turun minum kedudukan tetap 1-0 untuk keunggulan Juventus.

Di babak kedua, Juve langsung mengejutkan lawannya, pertandingan baru berjalan tiga menit, gawang Tzorvas kembali dibobol oleh Juve melalui striker tunggalnya Alessandro Matri, setelah memanfaatkan umpan terobosan dari bek sayap kanan Stephan Lichtsteiner, dengan mudah dia melepas kawalan dari Federico Balzaretti di sisi kiri pertahanan Palermo dan mampu melesakkan bola ke sudut kanan gawang kiper Palermo, Tzorvas.

Gol tersebut benar-benar mengejutkan Palermo, bahkan permainan tim yang kini dilatih oleh pelatih caretaker, Devis Mangia ini semakin tak berkembang.

Pada menit 65, Juve membuat skor jadi 3-0. Berawal dari pergerakanMirko Vucinic dari sisi kanan gawang Palermo yang menusuk ke jantung pertahanan. Kemudian Vucinic memberikan umpan ke Matri yang melalukan gerak tipu meloloskan bola dan langsung disambar oleh Marchisio untuk membuat gol ketiga Juve.

Juventus terus mendominasi laga. Mereka mampu unggul dalam penguasaan bola. Sayang, keunggulan ini tak mampu dimanfaatkan pasukan Antonio Conte tersebut untuk mencetak gol keempat mereka.

Jelang laga berakhir, Palermo beberapa kali mencoba untuk menerobos masuk ke dalam kotak penalti Juventus. Namun, upaya mereka kerap gagal oleh para pemain belakang Juventus yang tampil disiplin dalam pertandingan ini. Sampai akhir laga., skor 3-0 untuk kemenangan tuan rumah tak berubah.

Susunan Pemain :

JUVENTUS:
Buffon; Lichtsteiner, Barzagli, Bonucci, Chiellini; Vidal, Pirlo, Marchisio (Pazienza 77); Pepe, Matri (Del Piero 81), Vucinic (Quagliarella 68)
Pelatih: Conte

PALERMO:
Tzorvas; Pisano, Silvestre, Cetto (Della Rocca 59), Balzaretti; Barreto, Bacinovic, Migliaccio; Ilicic, Bertolo (Zahavi 46); Miccoli.
Pelatih: Mangia

Wasit: Bergonzi
Kartu Kuning: Balzaretti 46, Pisano 85.