Minggu, 27 November 2011

Serie A Pekan 13 : Lazio 0-1 Juventus

Rekor Juventus yang tak pernah kalah di Olimpico sejak 2003 menjadikan mereka tampil penuh percaya diri meski bermain di kandang lawan. Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Olimpico Roma, Minggu (27/11/2011) dinihari WIB, Juventus tampil relatif lebih dominan dibandingkan tuan rumah. Mereka mendapatkan beberapa peluang di babak pertama.

Mikro Vucinic sempat mengancam di menit keenam. Namun, tendangan jarak jauhnya belum menemui sasaran, melenceng tipis di sebelah gawang yang dikawal Federico Marchetti.

Di menit sembilan, giliran Lazio membuka peluang lewat tendangan keras Hernanes dari luar kotak penalti. Tapi, bola masih melayang di atas mistar gawang.

Beberapa menit berselang, Claudio Marchisio mengancam gawang Marchetti. Sundulannya menyambut umpan silang yang dilepaskan Stephan Lichtsteiner masih melambung di atas gawang.

Pada menit ke-16, Marchetti melakukan aksi penyelamatan gemilang dengan menepis tendangan bebas menawan Andrea Pirlo kendati dia sempat salah posisi. Tidak lama setelah itu giliran Buffon berhasil menyelamatkan gawang Juventus dari tendangan Christian Brocchi.

Lazio yang tak mau dipermalukan di depan pendukung sendiri membalas melalui usaha Cristian Ledesma dan Hernanes.Namun tendangan keduanya masih melenceng dari sasaran.

Pada menit ke-33, , Tommaso Rocchi melepaskan umpan terobosan yang tampak ditujukan kepada Hernanes. Namun, Gianluigi Buffon berhasil memotong alur umpan. Bola kemudian berada di tangan Juventus dan dari sinilah gol bermula.

Berawal dari Buffon, Juve membangun serangan balik melalui Mirko Vucinic yang kemudian diteruskan oleh Alessandro Matri yang menusuk di sektor kanan pertahanan Lazio dan memberikan umpan silang. Pepe yang luput dari pengawalan bek lawan berhasil mengirim bola ke sudut kanan bawah gawang dengan kaki kanannya. Kedudukan berubah untuk keunggulan Juve pada menit ke-34. Juve 1, Lazio 0.

Setelah tertinggal Lazio meningkatkan serangan demi menyamakan kedudukan, namun gagal saat peluang terbaik mereka yang lahir lewat Hernanes masih bisa ditepis oleh Buffon. Juve memimpin 1-0 hingga babak pertama berakhir.

Di awal babak kedua, Matri melepaskan sebuah sepakan kaki kiri dari dalam kotak penalti, namun lagi-lagi bola melenceng dari gawang. Juve belum mampu menambah keunggulan.

Di babak kedua berjalan, Lazio terlihat lebih agresif dalam menyerang. Gelandang kreatif Hernanes tampil cukup menawan dan menjadi poros serangan tim biru langit ini. Sayangnya sebuah tendangan yang dilepaskannya di menit 58, hanya membentur tiang gawang Juventus.

Hal serupa juga dialami Miroslav Klose melalui dua peluang emas, yang masih bisa diantisipasi Buffon, yang pada pertandingan itu tampil gemilang. Bahkan dia menggagalkan tiga upaya Djibril Cisse guna menyamakan kedudukan.

Juve sendiri juga mempunyai sejumlah peluang salah satunya melalui Emanuele Giaccherini yang membuat pergerakan indah yang menipu pertahanan Lazio. Tapi tendangan first timenya masih bisa diselamatkan dengan gemilang oleh Federico Marchetti. Pada menit-menit akhir pertandingan Juventus kembali mempunyai peluang untuk memperbesar keunggulan melalui Matri namun kembali tidak membuahkan hasil.

Skor 1-0 bagi kemenangan Juventus tetap bertahan hingga akhir pertandingan. Kemenangan atas Lazio ini membawa Juventus ke puncak klasemen sementara Serie A.Selama 90 menit, Lazio menguasai bola sebanyak 46 persen dan menciptakan lima peluang emas dari 12 kali usaha. Adapun Juventus melepaskan lima tembakan akurat dari 17 kali percobaan.

Susunan Pemain :

LAZIO : Marchetti; Konko, Stankevicius, Diakité, Radu; Brocchi (Gonzales 46), Ledesma, Lulic (Sculli 72); Hernanes; Rocchi (Cissé 65), Klose
Manager: Reja

JUVENTUS : Buffon; Lichtsteiner, Barzagli, Bonucci, Chiellini; Marchisio, Pirlo, Vidal; Pepe (Estigarribia 81), Matri (Quagliarella 84), Vucinic (Giaccherini 66).
Manager: Conte

Wasit: Rocchi
Kartu Kuning: Marchisio 55, Ledesma 67, Sculli 79