Selasa, 15 November 2011

Buffon Akan Menyamai rekor Zoff

Laga Italia melawan Polandia, Jumat (11/11), membuat Gianluigi Buffon mampu menyamai torehan caps milik kiper legendaris Italia, Dino Zoff.
Zoff yang menjadi kapten Italia saat menjuarai Piala Dunia 1982, mengoleksi 112 caps sepanjang kariernya di timnas. Kini, Buffon bakal menyamai rekor itu jika ia diturunkan dalam laga persahabatan lawan Uruguay di Roma, Selasa (15/11).

“Saya pertama kali melihat Gigi saat dia berusia 19 tahun dan bermain bersama Parma. Anda bisa langsung paham dia memiliki kemampuan fantastis. Namun ketika melihat seseorang dalam umur itu melakukan debut, Anda tak akan membayangkan dia akan melampaui 100 penampilan,” ungkap Zoff.

“Bisakan ia bermain hingga melewati Piala Dunia 2014? Itu bergantung pada kondisi fisiknya. Dalam beberapa tahun terakhir ia mengalami sejumlah masalah, tapi jika ia bugar kembali maka saya tak melihat itu sebagai hal yang mustahil. Italia memiliki kiper berbakat seperti Morgan De Sanctis, Salvatore Sirigu, dan Federico Marchetti. Namun Buffon adalah sebuah jaminan,” tambahnya

“Namun, ia tidak akan bisa mengalahkan rekor saya untuk 330 penampilan beruntun saya bersama Juventus," lanjutnya

Sampai saat ini Zoff masih tercatat sebagai kiper pengoleksi caps terbanyak di Juventus dengan 330 penampilan. Sedangkan hingga kini Buffon baru mengoleksi 296 bersama klub berjulukan I Bianconeri itu. Dengan usia yang sudah menginjak 33 tahun,d an kondisi rentan cedera, Buffon diragukan bisa mencapai koleksi milik Zoff.
Sementara itu Buffon mengawali debut bersama timnas pada 1997. Sampai sekarang, dia sudah 111 kali membela "Gli Azzurri".

"Baru dua atau tiga tahun lalu aku mulai sadar bisa menyamai, bahkan mengalahkan rekornya (Zoff). Namun, ketika aku menjalani debut bersama timnas Italia pada 1997, pencapaian ini masih sebuah mimpi," kata Buffon.

Secara teknis, saya selalu ingin seperti Zoff. Ia maestro sejati dan menjadi acuan bagi kiper yang mengikutinya, Zoff adalah legenda sejati. Aku sangat bangga bisa menyamai rekornya," tambahnya.

Pada pertandingan persahabatan lawan Polandia, Jumat (11/11/2011), Buffon juga tampil gemilang. Dia menjaga gawangnya tetap perawan. Salah satunya dengan menggagalkan tendangan penalti Polandia.

"Aku sudah menggagalkan beberapa tendangan penalti lawan. Aku melakukannya pada Piala Dunia 2002 dan Piala Eropa 2008. Aku tak melakukannya dalam Piala Dunia 2006. Namun, aku berharap melakukan beberapa penyelamatan penting untuk Italia. Mungkin pada Piala Eropa 2012 nanti," ujarnya.