Rabu, 30 November 2011

Serie A Pekan 11 : Napoli 3-3 juventus

Juventus masih belum terkalahkan di kancah Serie A. Sempat beberapa kali tertinggal dari Napoli pada laga di Stadion San Paolo, Rabu, 30 November 2011, Bianconeri, akhirnya mampu menutup laga dengan skor imbang 3-3. Pertandingan ini sendiri merupakan penjadwalan ulang dari laga 6 November lalu yang ditunda akibat cuaca buruk.

Juventus lebih dulu mengejutkan tuan rumah di menit ke-6. Vucinic berdiri bebas di kotak penalti dan langsung melepas tembakan ke gawang Napoli. Namun tembakan pemain Montenegro itu masih melebar di kiri gawang De Sanctis.

Napoli sempat mendapatkan keuntungan mendapatkan tendangan penalti setelah Ezequiel Lavezzi dijatuhkan Andrea Pirlo di dalam kotak terlarang. Tapi Marek Hamsik yang ditunjuk untuk melakukan eksekusi gagal menyarangkan gol ke gawang Juventus, setelah tendangannya melesat jauh diatas tiang gawang.

Sebelumnya, tendangan penalti yang dilakukan oleh Hamsik dianulir oleh wasit, karena pemain-pemain kedua tim berhamburan masuk ke dalam area kotak penalti.

Hamsik membayar kegagalannya dalam mengeksekusi penalti di menit ke-23. Sundulannya didepan gawang tidak mampu diselamatkan oleh Buffon. Lima menit berselang, Napoli nyaris menggandakan kedudukan. Umpan tarik Lavezzi ke kotak penalti disambut tendangan keras Pandev. Skor tidak berubah karena tendangan Pandev jauh melebar.

Namun pada menit ke-40 Keunggulan tuan rumah diperbesar melalui Goran Pandev. Setelah menguasai bola liar di dalam kotak penalti, Pandev menggocek Giorgio Chiellini sebelum menaklukkan Buffon dengan tendangan kaki kanan, yang membuat bola bersarang di sudut kanan bawah gawang.

Memasuki babak kedua, giliran anak-anak asuh Antonio Conte yang langsung melancarkan serangan ke lini pertahanan Napoli. Hasilnya, pada menit ke-48, Alessandro Matri mengubah angka di papan skor menjadi 2-1. Ia menaklukkan Morgan De Sanctis dengan tendangan voli, memanfaatkan umpan Arturo Vidal.

Tiga menit kemudian Matri sempat membuat gol keduanya dengan tendangan voli. Namun mantan pemain AC Milan itu sudah terperangkap offside.

Pada menit ke-54 Juve nyaris menyamakan kedudukan. Vucinic berhasil melewati dua pemain Napoli dan melepaskan tembakan dari sisi kiri kotak penalti namun berhasil ditepis oleh De Sanctis.

Namun yang terjadi selisih kembali melebar pada menit ke-68 setelah Umpan silang Maggio dari sayap kanan berhasil dikontrol dengan gemilang oleh Pandev dan langsung menembak ke gawang Juve sambil membalikkan badan.

Juventus hanya perlu waktu empat menit untuk memperkecil kedudukan. Pada menit ke-72 umpan silang Vucinic sempat mengenai kepala Matri dan bola jatuh ke kaki Estigarribia yang berdiri bebas di kiri gawang Napoli. Tanpa kesulitan ia menaklukkan De Sanctis.

Dengan semangat tak kenal menyerah atau yang biasa disebut Lo Spirito Juve, akhirnya pada menit ke-79, Juventus menyamakan kedudukan melalui Simone Pepe. Aksi individu Pepe menerobos kotak penalti Napoli diakhiri dengan tendangan terarah ke sudut kanan bawah gawang De Sanctis. Beberapa peluang untuk Juventus masih tercipta dimenit-menit akhir pertandingan diantaranya melalui Chielini yang melepaskan tembakan keras namun arah bola masih melenceng dan melalui tendangan Estigarribia yang masih bisa ditangkap De sanctis. Hingga pertandingan berakhir kedudukan 3-3 tetap bertahan.

Dengan hasil tersebut, Juventus menguasai klasemen dengan 26 poin, atau unggul dua angka dari AC Milan di tempat kedua. Adapun Napoli tertahan di peringkat keenam dengan 17 poin.

Selama pertandingan, Juventus menguasai bola sebanyak 60 persen dan menciptakan tujuh peluang emas dari 12 kali usaha. Adapun Napoli melepaskan enam tembakan akurat dari sembilan kali percobaan.

Susunan Pemain :

NAPOLI : De Sanctis; Campagnaro, Cannavaro, Aronica (Fernandez 76); Maggio, Gargano, Inler, Zuniga (Dossena 87); Hamsik, Pandev (Santana 71); Lavezzi..
Manager: Mazzarri

JUVENTUS : Buffon; Lichtsteiner, Bonucci, Barzagli, Chiellini; Vidal, Pirlo; Pepe (Pazienza 86), Matri (Quagliarella 89), Vucinic (Del Piero 91), Estigarribia.
Manager: Conte.

Wasit: Tagliavento
Kartu Kuning: Pandev 17, Maggio 19, Bonucci 37, Matri 40, Hamsik 43, Lichtsteiner 43, Vidal 58