Senin, 09 Januari 2012

Wawancara Spesial Dengan Claudio Marchisio

Tak diragukan lagi pemain terbaik yang mewakili pembaharuan Juve, di awal musim 2011-12, adalah gelandang Claudio Marchisio. Untuk semua kontribusinya telah membuat "Principino" menjadi idola baru dari tifosi bianconeri, dan baru saja terpilih sebagai "Pallone d'Oro Bianconero" tahun 2011 Marchisio menjadi salah satu gelandang terkuat di Eropa saat ini.

Disalin dari JuventiKnows, sebuah rangkuman dua wawancara Marchisio yang dilakukan pada musim ini. Yang pertama, di Juventus Channel "Filo Diretto" pada akhir Oktober (dan ulang oleh TuttoJuve.com), sedangkan wawancara yang kedua dilakukan bersama dengan koran Italia La Repubblica belum lama ini. Pertanyaan dari Juve Channel ditandai "JC" dan inisial "LR" pertanyaan dari La Repubblica.


LR: Claudio Marchisio, apakah benar bahwa di 2011 Anda telah memasuki sebuah dimensi yang berbeda?
"Bukan hanya saya, tapi Juventus secara keseluruhan. Bagian pertama tahun itu terasa sangat sulit, tapi untuk menjadi seperti sekarang ini memerlukan waktu yang cukup lama, dan kami akhirnya menemukan cara untuk melakukannya. Kami telah bekerja untuk itu sejak musim panas ini: sekarang kita harus tetap menjaganya, seperti halnya tekad untuk selalu menang yang kita miliki ".

LR: Bagaimana Anda menjelaskan tentang perkembangan Anda?
"Dalam beberapa tahun terakhir, antara Juve dan Azzurri kita sering berubah, tidak hanya peran saya di lapangan, tetapi juga taktik tim kami. Tahun ini akhirnya, aku berada diposisi ideal saya. Peran yang sedang aku mainkan adalah salah satu yang saya sukai, selalu terus bergerak, memungkinkan saya untuk maju dan melakuan penetrasi dan juga untuk mencetak gol, yang merupakan hal yang biasanya menonjol. Setelah tahun lalu saya tidak bermain begitu buruk, tapi ketika saya mencetak gol persepsi penonton pun berubah. Gol yang anda cetak menempatkan Anda ke dalam sorotan, semua mata tertuju pada Anda. Bahkan saya lihat dalam beberapa pertandingan terakhir, di mana saya tidak mencetak gol, beberapa pendapat sudah berubah tentang aku. Jika saya tidak mencetak gol, orang tidak akan menyadarinya berapa banyak bola yang saya ambil. "

LR: Namun fakta mengatakan bahwa butuh waktu lima tahun untuk menemukan peran yang sempurna untuk Anda. Bagaimana itu mungkin?
"Ini adalah wewenang pelatih yang memutuskan di mana saya harus ditempatkan. Saya selalu siap, meskipun dalam hati aku tahu apa yang terbaik bagi saya. Bahkan, saya sudah cocok dengan Ferrara dan saya mendapat panggilan dari tim nasional, tapi kemudian pelatih berganti dan begitu juga line-up kami. Bahkan dengan tim Italia saya punya tugas lain. Conte juga telah mulai dengan skema 4-2-4, tetapi sebagai pelatih yang cerdas ia menyadari apa yang lebih baik bagi semua orang. Setiap orang telah mendapatkan manfaat dari perubahan, bukan hanya saya:. Pepe, Vidal, bahkan Pirlo. "

JC: Kerja sama Anda dengan Pirlo luar biasa. Menggunakan modul taktis itu lebih mudah bagi Anda untuk menempatkan anda di depan gawang dan mencetak gol?
"Saya bukan satu-satunya yang memiliki koneksi ini dengan Andrea, namun Arturo dan Michele juga. Bermain dengan Dia menjadi mudah karena dia adalah dia seorang juara, hal itu telah Dia tunjukkan di Milan dan sekarang dia tunjukkan lagi di Juventus. Aku sudah mengenalnya sejak dari tim nasional, kami sering bermain bersama. Saya pikir hal yang paling penting dalam modul ini adalah, bahwa dengan satu gelandang ekstra ada lebih banyak kemungkinan untuk bisa melakukan penetrasi, memberikan dukungan kepada para penyerang, mencari peluang untuk mencetak gol. Dibandingkan dengan dua midfielder tengah di mana Anda harus mencoba dan mengcover lini tengah pasangan Anda, keseimbangan yang berbeda. "

JC: Seberapa jauh Anda menjadi lebih baik berkat kerja Conte?
"Saya tidak berpikir tentang seberapa jauh tetapi yang lebih penting adalah performa saya telah membaik, tetapi tentu saja semangat pelatih dibawa bersama karyanya, dan kemudian dikirimkan kepada kami. Ini adalah kemauan dan tekad kita yang kemudian kita tunjukkan di lapangan, melakukan latihan di pertengahan pekan dengan berbagai skema taktik, memainkan ide tentang permainan sepak bola yang telah ditanamkan pelatih kedalam diri kita. Kami sangat senang membawanya ke dalam lapangan, dan percaya akan itu. Karena setiap orang memiliki ide tentang bagaimana permainan harus dimainkan, tetapi jika Anda tidak benar-benar percaya tentang itu, maka akan sulit untuk mengaplikasikannya. Jadi saya pikir hal ini adalah penting: bahwa kita semua bekerja pada gelombang yang sama. Dan itu sudah kami tunjukkan sejak musim dimulai. "

JC: Conte menuntut untuk bermain dengan intensitas yang tinggi. Pada akhir pertandingan, Anda dan seluruh tim akan terkuras ...
"Ya, ini benar. Bahkan ketika kami bermain dengan 4-2-4 atau dengan gelandang ekstra, pelatih selalu meminta kami bermain dengan kecepatan tinggi dan ini terlihat khususnya selama babak pertama, di mana kita akan lebih banyak menekan lawan. "

JC: Apakah ini musim terbaik Anda sejak Anda mulai bermain sepak bola?
"Jawabannya adalah tunggu sampai Juni, karena saya tidak ingin mendapatkan kesialan apapun. Memang benar kami memulai musim dengan baik, bahwa performa saya juga mulai membaik, tapi jalan masih panjang (...) Seperti yang saya katakan sebelumnya, itu adalah jalan yang harus kita ikuti dan kami bekerja keras untuk itu. Selain itu bila Anda hanya mengikuti satu kompetisi saja, itu akan lebih mudah, karena Anda bisa fokus hanya pada satu hal saja. Mungkin tahun ini akan lebih baik bagi kami, karena tahun-tahun sebelumnya dengan dua kompetisi, kami mengalami sedikit masalah. Tahun ini, saya pikir fokus hanya pada satu hal adalah cara terbaik untuk kembali ke Eropa. "

JC: Ngomong-ngomong mari kita sapa Roberta, istri Anda, yang sedang menunggu kelahiran putra kedua Anda ...
"Ya, bayi laki-laki lain."

JC: Apakah Anda sudah memilih nama?
"Belum, itu cukup menantang. Kami sedang mendiskusikannya. Bahkan bertengkar "(tersenyum).

JC: Anda memilih yang pertama (Davide - Ed.), Kan?
"Ya, itu benar."

JC: Jika tahun depan, diruang ganti Juve dan pelatih memutuskan untuk memberikan ban kapten kepada Anda, bagaimana perasaan Anda?
"Saya pasti akan senang dan bangga, tetapi masih ada pemain lain yang mempunyai pengalaman dan penampilan dipertandingan yang lebih banyak dari saya. Ada Gigi dan Giorgio: tahun ini, ketika Alessandro tidak di lapangan, mereka lebih beruntung dari saya. Jadi saya berpikir bahwa itu terserah mereka. Jika mereka memilih saya, itu normal jika aku akan merasa senang memakainya, tapi saya pikir itu akan lebih adil mendahulukan mereka dulu, karena mereka lebih tua dan memiliki pengalaman lebih banyak. "

JC: Untuk orang seperti Anda, lahir dan dibesarkan sebagai seorang Juventino, dilatih oleh mantan pemain hebat seperti Antonio Conte.. apa yang akan anda nyatakan?
"Ini sangat penting. Seperti yang saya katakan sebelumnya, Dia masih membawa semangat Juventus. Ia hidup sebagai pemain dan Anda dapat melihatnya berkali-kali selama perayaan kita: ketika kami mencetak gol seolah-olah dia masih di lapangan dengan kami, dia masih hidup seperti pemain sepak bola. Ini memberi kita motivasi lebih. Dia sudah akrab dengan lingkungan ini, tahu apa itu arti Juventus, apa artinya menuju ke lapangan dengan mengenakan seragam Juventus, apa yang harus Anda berikan untuk itu. Dan dia tularkan semua itu dengan sangat efektif untuk siapa pun yang tidak pernah mengenakan seragam Juventus, juga selalu mengingatkan mereka yang sudah memakainya selama bertahun-tahun. "

JC: Bagaimana perasaan Anda dengan pernyataan Conte, yang melihat dirinya di dalam Anda?
"Ini memberi saya kesenangan yang luar biasa. Aku ingat saat dia masih sebagai pemain, tidak pernah menyerah di lapangan, mencetak gol penting, selalu menembus ke depan, itulah sesuatu yang beresonansi dengan cara saya bermain. Satu yang pasti, seperti yang saya katakan di awal musim, bahwa saya berharap untuk bisa menang sebanyak yang dia menangkan selama karirnya. "

JC: Tahun ini tampaknya Anda bahkan lebih kuat ...?
"Setelah beberapa kali terjatuh akan membuat karakter Anda menjadi lebih kuat. Saya juga berpikir bahwa dengan usia, kepribadian dan karakter, Anda akan menjadi lebih berpengalaman ... itu semua mengarah kepada perbaikan diri sendiri, dan perbaikan pada hal-hal kecil dari kepribadian Anda. "

JC: Conte pernah mengatakan bahwa Stadion Juventus haruslah hiruk-pikuk. Semua sektor terisi penuh, dan juga banyak dari fans Klub DOC.
"Ya, kami telah melihat dan mendengar itu, mereka benar-benar telah menjadi pemain kedua belas kami di lapangan. Tetapi kita harus ingat karena kerap kali itu akan sangat membebani anda... menyebabkan Anda untuk melakukan sesuatu tanpa berpikir dulu. Kita bisa saja sering menekan dan lupa untuk menutup misalnya, sehingga dengan cara sederhana kami telah terbiasa untuk itu. Ini sebuah hal yang baru, hebat, sesuatu yang baru dan indah, dan seperti yang dikatakan pelatih (dan juga rekan setim saya ) itu harus benar-benar bisa menjadi senjata ekstra. Apalagi di kandang kita tidak boleh kehilangan poin, karena kita memiliki audiens yang besar yang ditahun ini memberikan kita begitu banyak. "

JC: Apakah Conte membawa kembali mental juara yang selalu menjadi karakter tim dalam sejarah Juve?
"Ya, tapi selain fakta bahwa ia begitu banyak bermain bersama dengan Juventus, ia menularkan mentalitas ini karena itu adalah bagian dari karakternya juga. Bahkan jika ia tidak bermain di sini, saya pikir karakternya adalah apa yang ada dalam dirinya, ia memiliki mentalitas itu sebagai pribadi, bukan hanya sebagai seorang Juventino. Itu akan mendorong Anda untuk bisa memberikan lebih lagi, untuk menjadi lebih kuat dan lebih ulet. "

JC: Di antara banyak hal, apa yang telah Conte rekomendasikan dan katakan kepada Anda, yang merupakan salah satu yang berkesan dan yang paling memotivasi Anda?
"Salah satu hal penting yang dapat membantu Anda melanjutkan pertandingan, dia katakan itu saat melawan Fiorentina. Saat itu bahu saya sakit sekali, sulit bagi saya untuk lari, tapi aku mendengar dia berkata "Jangan menyerah sekarang, cobalah untuk terus '. Untuk pemain, bagi saya, seperti semua rekan saya, hal itu sangat penting: itu membuat Anda menjadi termotivasi. Jika Anda sakit, itu membuat Anda bertahan lebih baik. Hanya kata-kata yang tepat dapat menanamkan kekuatan ekstra dalam diri Anda. "

LR: Apakah Anda pikir bahwa fans Juventus mulai melihat simbol pada diri Anda?
"Saya kira tidak hanya saya, tapi Chiellini juga. Selama dua atau tiga tahun ke depan akan ada banyak perubahan: Del Piero akan meninggalkan kami di akhir musim, Buffon sudah pada usia tertentu ... sekarang terserah ke generasi saya dan Giorgio. Kami mencoba untuk belajar dari mereka, dan kami siap untuk mengambil tongkat estafet. "

LR: Dibandingkan dengan Chiellini, Anda lahir di Turin dan Juventino seumur hidup: apa itu tidak masuk hitungan ?
"Mencintai seragam ini bukanlah hanya karena tempat lahir saja, hal itu ditunjukkan dengan mempraktekanya. Chiellini seolah sudah berada di sini sejak ia berusia tujuh tahun. "

LR: Sementara itu, Anda adalah satu-satunya yang bertahan dari generasi produk Juventus junior ... kenapa begitu?
"Karena banyak sekali faktor, selain dari bakat Anda juga perlu keberuntungan. Karena seorang pelatih akan mengambil risiko yang lebih rendah dengan mencoba gelandang bertahan, bukan playmaker. Karena jika Anda seorang kiper dengan Buffon di depan Anda, Anda harus menunggu seumur hidup sebelum Anda mendapatkan kesempatan. Kadang-kadang itu hanya masalah tentang cara meraihnya secara instan: naiklah ke kereta saat sedang bergerak dan jangan pernah melangkah turun. Ini berjalan dengan baik dengan saya. "

JC: Anda adalah teman baik Giovinco, Anda tumbuh bersama dalam sepak bola. [Awal tahun ini] dia merilis beberapa pernyataan kontroversial, yang mengatakan bahwa ia tidak ingin kembali ke Juventus. Pernahkah Anda mendengarnya dari dia selama periode itu?
"Ya, kita juga saling mengerti satu sama lain di Azzurri. Tapi saya percaya pernyataannya tidak terkait dengan ketidak inginanya kembali ke Juve. Saya pikir dia hanya ingin orang lain melihat dan mendengar tentang apa yang dia lakukan di Parma, di mana dia melakukan dengan sangat baik. Saya pikir keinginannya untuk kembali ke Juve tidak berubah. Dia hanya ingin menunjukkan bahwa dia bermain dengan kontinuitas dan mencetak gol. "

JC: Maka, ini adalah pernyataan cinta yang melebihi dari apa pun...
"Tentu saja."

LR: Jujur saja: apakah Anda pernah berpikir untuk meninggalkan Juventus, untuk bermain sesuai peran atau karena kekhawatiran tentang kontrak?
"Tentang kontrak, tidak, tapi kalau hal-hal lain, ya. Beberapa tahun terakhir ini telah menjadi beban berat bagi saya, dan itu membuat saya merenung. Aku bertanya pada diriku sendiri: itu adalah tidak mungkin, barangkali Anda yang menjadi masalah, Anda mungkin perlu beralih tim untuk membuat perubahan dalam hidup Anda? Tapi itu adalah sedikit keraguan saja, bukan masalah besar. Dan aku berada disekitar mereka. "

LR: Anda telah bermain di Bianconero sejak Anda masih kecil: apakah Anda tahu ada dunia lain di luar sana, selain Juve?
"Saya berpura-pura jika saya mengatakan tidak tertarik dengan dunia itu, yang saya kenal sebagian kecil ketika saya di Empoli. Tapi sampai aku bisa memenangkan sesuatu, saya akan tetap tinggal di sini. Hanya kemenangan yang dapat memberikan rasa untuk semua tahun di Turin. "

LR: Seberapa besar tifoso kau sebagai seorang anak, dan Anda yang sekarang?
"Dulu sangatlah besar, tapi aku harus membagi dua peran sekaligus: menjadi pemain sepak bola dan berpikir seperti tifoso, itu pendekatan yang salah. Ini menghukum saya pada beberapa tahun pertama. Emosi berlebih dapat menyakiti Anda: pulang di malam hari, menderita sebagai seorang profesional dan juga sebagai seorang penggemar ... itu yang sangat membebani saya. Selain itu, karakter saya adalah untuk menjaga semua yang ada di dalam: Saya menetaskan rasa sakit dan merasa tidak baik. Aku seperti Buffon dalam arti itu. Bahkan, baru-baru ini dia dan saya sering bercanda, mengatakan satu sama lain 'lihat betapa santainya Kamu ... alangkah indahnya wajah tenang yang Kamu miliki'. Bekerja dengan baik membantu untuk hidup dengan baik. Aku masih sangat bersemangat mendukung bagi Juve, tetapi ketika saya melangkah keluar dari lapangan dan kembali dengan keluarga saya harus melepaskannya. Kalau tidak aku akan mengkonsumsi diriku sendiri. "

LR: Apa yang Anda pikir tentang apa yang orang ketahui tentang Anda?
"Hal-hal yang baik, saya pikir. Kadang-kadang, keterlaluan juga. Hal itu berhubungan dengan lagu kebangsaan sebelum Afrika Selatan 2010? Orang-orang telah melemparkan itu di wajahku bahkan ketika aku sedang di pantai, meskipun itu tidak benar. Juga karena saya tidak mencoba untuk membuat orang mengerti bagaimana saya, melainkan saya akan menunjukkan kepada mereka secara langsung. "

LR: Dan bagaimana Anda berpikir orang melihat Anda?
"Pada halaman Facebook saya, mereka menulis untuk memberikan selamat kepadaku, bukan hanya tentang bagaimana saya bermain, tapi juga perilaku saya, bagaimana saya berbicara, cara saya berurusan dengan masalah. Aku senang, karena sebagian komentar yang baik dari mereka bahkan yang bukan dari fans Juventus. Tidak ada sesuatu pun yang lebih baik daripada seorang interista yang mengatakan hal baik tentang seorang juventino. Dan sebaliknya: Saya sangat menghormati Javier Zanetti. Aku senang bahwa sepak bola, meskipun itu mengubah hidup saya, tetapi tidak mengubah saya. "

LR: Apakah begitu sulit untuk tetap normal?
"Saya melihat diri saya, istri saya, orangtua saya ... dan saya menyadari sesuatu yang berbeda tentang mereka karena pekerjaan saya. Ini mengubah kehidupan di sekitar saya, cara hidup kami. Upaya sebenarnya adalah untuk menjaga keseimbangan: kehidupan sebagai pemain sepak bola bergerak cepat dan berlangsung sebentar saja, sehingga risiko kehilangan sentuhan dengan realitas sangatlah besar. Saya mengerti itu pada saat pesta Natal. "

LR: pesta Natal?
"Suatu waktu bersama dengan anak-anak dari Sektor remaja: mereka berbaris di depan saya, dan kemudian aku ingat dulu aku berada di tempat mereka, dan sekarang salah satu tempat dari tim senior telah diwakili oleh saya. Saya dari generasi yang lain: telah jelas bagi saya, contoh cemerlang seperti Buffon, Del Piero, Zanetti. Sekarang, informasi yang tersedia tentang pemain dan paparan publik tentang mereka sangatlah besar, lebih mudah untuk mengidentifikasi diri Anda dengan contoh negatif. Untuk ini saya merasa saya harus menjadi model; di saat sulit seperti ini, ini hanya kontribusi kecil yang bisa diberikan dari orang-orang seperti saya. Ini adalah tugas yang merupakan hutang kita kepada masyarakat. "

LR: Anda juga menonjol dengan fakta bahwa Anda tidak memiliki agen..
"Saya tidak mengatakan bahwa agen pemain tidak berguna, justru sebaliknya: jika suatu hari aku menyelesaikan karir saya di Brasil, aku tidak bisa melakukannya tanpa agen. Selama pembicaraan untuk kontrak terakhir saya sekalipun, saya melihat bahwa ayah saya mengatakan kurang lebih hal yang sama seperti manajer saya. Jadi mungkin, bagaimanapun juga Ayah tidaklah begitu bodoh. Selain itu, saya memiliki kepastian bahwa orang-orang yang berasal dari keluarga saya sendiri benar-benar akan melayani keperluan saya. "

LR: Sebagai kesimpulan, apa yang Anda harapkan di 2012?
"Saya beritahu Anda apa yang saya harapkan dari bulan pertama: kita tidak harus mengacaukannya seperti yang kita lakukan di masa lalu. Kita harus merefleksikan kenyataan bahwa meskipun tidak pernah kalah, kita tidak bisa mendapatkan poin lebih dari AC Milan. Dan itu berarti kita harus bekerja lebih keras lagi, karena apa yang telah kita lakukan belumlah cukup. Begini saja: apa yang terjadi pada bulan Januari akan menentukan hingga sisa tahun secara keseluruhan ".