Minggu, 29 Januari 2012

Serie A Pekan 20 : Juventus 2-1 Udinese

Pada giornata ke-20 Serie A Juventus menjamu Udinese di stadion Juventus Arena, Minggu (29/1/2012) dini hari WIB. Bermain di guyuran salju Juventus berhasil mengalahkan Udinese dengan skor 2-1. Dengan hasil ini sudah cukup bagi si Nyonya Tua untuk mengokohkan posisi mereka sebagai Capolista dengan nilai 44.

Juve langsung tampil menggebrak begitu laga dimulai. langsung mendapat peluang saat babak pertama baru berjalan dua menit ketika Estigarribia menguasai bola dari umpan terobosan Fabio Quagliarella,dan berhasil lolos dari penjagaan bek Udinese dan merangsek ke kotak penalty yang kemudian melepaskan tembakan. Namun, kiper Udinese, Samir Handanovic, cepat keluar dari sarangnya dan berhasil menghalau tembakan Estigarribia. Menit ke-13, sundulan Chiellini dari sebuah sepak pojok masih mampu diredam oleh Handanovic.

Melalui sebuah skema serangan balik, pada menit ke-14 Di Natale mampu melepaskan tendangan keras ke arah gawang Juventus namun kiper Gianluigi Buffon dengan sigap menghalaunya. Hanya berselang dua menit kemudian, Buffon kembali melakukan penyelamatan fantastis dengan menangkal bola tembakan Pablo Armero dari dalam kotak penalti ke pojok gawang.

Memasuki menit ke 20, Giaccherini yang melakukan penetrasi ke jantung pertahanan Udinese. Tapi sayang usahanya hanya menghasilkan tendangan penjuru. Begitu juga dengan peluang Matri di menit ke 23 lewat serangan balik. Matri yang telah berhadapan langsung dengan kiper, ternyata masih bisa dihalau Handanovic. Pada menit ke- 29 giliran Quagliarella yang mencoba mengancam gawang Udinese namun arah tendangannya masih melebar.

Pada menit ke 34, Lichtsteiner gagal memanfaatkan dengan baik umpan dari Quagliarella. Bek Swiss itu tinggal berhadapan dengan Handanovic, tapi pergerakannya yang terbilang terlalu lama mampu diblok dengan baik oleh pertahanan Udinese.

Alessandro Matri mampu memecah kebuntuan saat babak pertama memasuki menit ke-42. Gol berawal dari bola liar hasil tandukan Quagliarella yang sempat ditepis Handonovic dan berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Matri untuk menjadi gol. Kedudukan 1-0 untuk keunggulan Juventus bertahan hingga babak pertama usai.

Selepas turun minum Udinese berusaha untuk mencetak gol penyeimbang. Pada menit ke-53 Di Natale mendapatkan peluangnya melalui serangan balik. Tapi tendangan Di Natale masih melebar dari gawang Buffon. Akhirnya pada menit ke-56 gol penyeimbang pun tercipta. Gol berawal dari serangan cepat yang dipimpin oleh Mauricio Isla. Setelah berhasil mendekati kotak penalti Juve, Isla menyodorkan bola kepada Antonio Floro Flores. Tendangan melengkung dari Floro Flores gagal diantisipasi oleh Buffon yang membuat bola bersarang di sisi kiri gawang Juve.

Tak lama berselang tepatnya pada menit ke- 62, Juventus kembali unggul melalui Matri. Bermula di sektor kiri pertahanan Udinese, Vidal mengirimkan umpan lambung ke Claudio Marchisio, yang langsung memberikan bola ke Matri dengan tumitnya. Walau mendapat kawalan dari bek Udinese,namun Matri masih bisa melepaskan tendangan mendatarnya yang gagal diantisipasi Handanovic.

Dalam keadaan tertinggal, tim tamu keluar menyerang dan memberikan tekanan untuk barisan pertahanan tuan rumah. Namun, Juve langsung menutup ruang bagi Udinese untuk mengembangkan permainannya dan memastikan kemenangan 2-1.

Susunan Pemain :

JUVENTUS: Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Lichtsteiner (De Ceglie 82), Vidal, Pirlo, Giaccherini, Estigarribia (Pepe 64); Matri, Quagliarella (Marchisio 61).
Pelatih: Conte

UDINESE: Handanovic; Ferronetti, Danilo, Domizzi (Batocchio 73); Basta, Isla (Pereyra 85), Fernandes, Armero, Pasquale; Abdi (Floro Flores 46); Di Natale.
Pelatih: Guidolin

Wasit: Valeri
Kartu Kuning: Fernandes 19, Vidal 25, Giaccherini 34, Ferronetti 51, Isla 53, Armero 89.