Minggu, 22 Januari 2012

Serie A Pekan 19 : Atalanta 0-2 Juventus

Juventus memastikan diri menjadi Campione d’Inverno atau juara paruh musim Serie A setelah mengalahkan Atalanta dengan skor,0-2, di Atleti Azzurri d’Italia, Minggu dini hari, 22 Januari 2012. Dengan hasil ini maka Bianconeri unggul 4 poin dan ta akan akan terpegaruh dengan hasil apapun yang diraih atas rival terdekatnya, AC Milan yang baru akan bertanding dengan Novara malam nanti.

Juventus tampil agresif sejak menit awal dan bermain dengan tempo tinggi. Terbukti pertandingan baru berjalan 3 menit sebuah kerjasama Simone Pepe dan Alessandro Matri sudah membahayakan gawang Atalanta. Namun, sepakan Matri menyambut umpan dari Pepe masih melambung di atas mistar gawang.

Pada menit ke- 8, giliran Pepe yang mendapatkan peluang emas. Menerima umpan dari Claudio Marchisio, Pepe yang berada di sisi kiri pertahanan Atalanta melepaskan tendangan ke arah tiang jauh namun, tendangannya masih melenceng tipis.

Juventus mempunyai dua peluang berturut-turut di menit ke 11 dan pada menit ke-12, namun tendangan Matri hasil dari skenario tendangan bebas masih terbentur tiang. Begitu juga tendangan keras Mirko Vucinic, masih bisa diselamatkan oleh penjaga gawang Atalanta, Andrea Consigli.

Memasuki menit ke- 20 Atalanta ganti melakukan tekanan kepada pertahanan Bianconeri. Di mana beberapa peluang tercipta dari Moralez dan Michele Ferri namun masih mampu diredam oleh lini pertahanan Juventus.

Tandukkan Paolo De Ceglie menit ke- 37 masih belum menghasilkan gol karena arah bola masih terbang jauh di atas mistar gawang Atalanta. Setelah itu giliran Atalanta yang mendapatkan peluang pada menit ke- 39 melalui Maximiliano Moralez, namun sepakannya masih bisa diblok. Tak berapa lama kemudian tendangan keras Pepe di menit ke- 40 masih mampu ditepis Consigli.

Sebuah ancaman kembali datang dari Atalanta melalui German Denis pada menit ke-41 namun arah bola masih melebar di sisi gawang Juve. Tiga menit sebelum turun minum, Arturo Vidal melepaskan tendangan keras terarah dari luar kotak penalti. Namun lagi-lagi keberuntungan belum menaungi Juventus karena sepakan Vidal tersebut masih membentur mistar gawang. Juventus pun sempat kesulitan membongkar pertahanan Atalanta sepanjang babak pertama meski lebih banyak menekan. Hingga turun minum kedudukan masih sama kuat 0-0.

Saat pertandingan babak kedua baru berjalan satu menit Matri kembali mendapatkan peluang untuk mencetak gol. Namun, kali ini tendangannya masih melenceng tipis di sebelah kiri gawang Atalanta.

Juve akhirnya membuka keunggulan ketika pertandingan memasuki menit ke-54. Umpan lambung yang dilepaskan Andrea Pirlo melewati barisan pertahanan Atalanta dan akhirnya disambut dengan sundulan oleh Stephan Lichtsteiner yang berada di dalam kotak penalti. Skor berubah menjadi 1-0.

Unggul 1-0 membuat Juve tampil lebih tenang. Matri sempat mendapatkan beberapa peluang lagi. Namun, lagi-lagi ia gagal mengkonversikannya menjadi gol.

Petaka buat Juventus, ketika Pepe yang bermain agresif pada pertandingan ini harus ditandu keluar akibat ditekel oleh pemain Atalanta. Conte terpaksa menggantinya dengan Luca Marrone di menit ke 69.

Menit ke- 75 lewat beberapa serangan yang diciptakan oleh Atalanta, nyaris saja membuat keadaan menjadi imbang, andai saja tendangan salto dari Denis tak mampu ditahan Buffon.

Gol kemenangan Bianconeri akhirnya hadir di menit ke 81, kali ini lewat perpaduan pemain mudanya. Umpan lambung Marrone mampu dikonversi dengan baik oleh Giaccherini yang lolos dari jebakan offside dan menceploskan bola tanpa kesulitan berarti. Skor 0-2 untuk keunggulan si Nyonya Tua.

Selama 90 menit pertandingan Juventus sangat mendominasi dengan pengauasaan bola sebesar 63 % dengan 17 kali tembakan dan 8 diantaranya mengarah ke gawang berbanding 37% milik Atalanta yang melakukan 8 kali tembakan dan 5 kali mengarah ke gawang.

Susunan Pemain :

ATALANTA: Consigli; Raimondi, Ferri, Manfredini, Peluso; Schelotto (Ferreira Pinto 77), Cigarini, Padoin, Bonaventura (Marilungo 62); Moralez (Gabbiadini 83), Denis.
Pelatih: Colantuono

JUVENTUS:Buffon; Lichtsteiner, Barzagli, Chiellini, De Ceglie; Vidal, Pirlo, Marchisio (Giaccherini 46); Pepe (Marrone 64), Matri, Vucinic (Bonucci 86).
Pelatih: Conte

Wasit: Celi

Kartu Kuning: Lichtsteiner 51, Marilungo 67