Senin, 16 Januari 2012

Serie A Pekan 18 : Juventus 1-1 Cagliari

Juventus ditahan imbang 1-1 saat menjamu Cagliari di Stadion Juventus Arena, dalam pertandingan lanjutan kompetisi Seri A Italia, Minggu (15/1/2012) malam WIB.

La Vecchia Signora langsung bermain menyerang sejak menit pertama, serangan demi serangan mereka lancarkan dan sangat membahayakan gawang Cagliari. Hasilnya, 'Si Nyonya Tua' langsung unggul cepat melalui tendangan Mirko Vucinic kala pertandingan babak pertama baru bergulir tujuh menit.

Gol berawal dari Stephan Lichtsteiner yang menusuk dari sayap kanan,memberikan umpan ke Vucinic yang langsung menembakkan bola ke pojok kiri gawang Cagliari dan tak mampu dijangkau oleh kiper Michael Agazzi.

Juventus hampir menggandakan kedudukan di menit ke-13. Kesalahan yang dibuat Alessandro Agostini langsung dimanfaatkan Matri. Tapi sepakan Alessandro Matri dari luar kotak pinalti hanya nyaris menerpa gawang.

Tim tamu mulai memberikan perlawanan serius, yang ditandai tembakan Ekdal pada menit ke-18, yang melesat keluar lapangan, setelah mengenai seorang pemain lawan. Menit ke-21 Juventus kembali berada dalam ancaman. Cossu yang mendapat bola dari Radja Nainggolan langsung memberikan umpan silang kepada Davide Astori, namun sepakannya tidak menemui sasaran.

Menit ke-38 giliran Juve kembali menyerang. Lewat umpan Vucinic di sisi kanan pertahanan Cagliari, Simone Pepe langsung menyambutnya dengan sundulan, namun bola tepat mengarah ke Agazzi. Aksi saling serbu terus terjadi, tetapi angka 1-0 di papan skor tak berubah, sampai peluit turun minum berbunyi.

Babak kedua yang berjalan dua menit, Juve dikejutkan oleh gol balasan Cagliari yang dicetak oleh Andrea Cossu dengan tendangan kerasnya dari luar kotak Pinalti yang tak mampu dijangkau oleh Buffon. Skor pun berubah menjadi 1-1.

Juve yang tak mau menerima hasil seri ini pun terus menggempur pertahanan Cagliari. Matri nyaris membawa Juve berbalik memimpin di menit ke-51. Sayang, tandukannya dari jarak dekat masih melebar tipis di sisi kiri gawang Cagliari.

Demikian pula dengan tandukan Arturo Vidal di menit ke-63 usai memanfaatkan umpan Claudio Marchisio, arahnya juga belum menemui sasaran.

Begitu juga pada menit ke-80. Lewat umpan Andrea Pirlo disayap kanan, Alessandro Del Piero menyambutnya dengan sundulan, namun Agazzi tampil apik dengan menyelamatkan bola tersebut.

Pada lima menit masa injury time, Juventus terus melakukan tekanan dan beberapa kali membuat peluang emas. Umpan matang Marco Borriello kepada Milos Krasic yang tak terkawal namun tak mampu dimanfaatkan dengan sempurna oleh Krasic. Sundulan Vidal menerima umpan crossing dari Paolo De Ceglie juga masih melambung di atas gawang Agazzi. Hingga peluit akhir dibunyikan skor 1-1 bertahan. Walaupun hanya meraih hasil imbang namun cukup membuat 'Si Nyonya Tua' menggeser Milan dari puncak klasemen sementara.

Susunan Pemain :

JUVENTUS: Buffon; Lichtsteiner, Barzagli, Bonucci, De Ceglie; Vidal, Pirlo, Marchisio; Pepe (Del Piero 66), Matri (Krasic 71), Vucinic (Borriello 82).
Pelatih: Conte

CAGLIARI: Agazzi; Pisano, Canini, Astori, Agostini; Dessena, Nainggolan, Ekdal; Cossu (El Kabir 74); Larrivey (Ariaudo 71), Ibarbo.
Pelatih: Ballardini

Wasit: Guida di Torre Annunziata
Kartu Kuning: Cossu 38, Matri 50, Barzagli 73, Dessena 91