Senin, 09 Januari 2012

Serie A pekan 17 : Lecce 0-1 Juventus

Laga pada pekan ke-17 di Serie A mempertemukan Lecce melawan Juventus pada Ahad (8/1/2011). Juventus berhasil memenangkan pertandingan dengan skor tipis 1-0 atas Lecce di Stadion Via del Mare. Dengan kemenangan ini Juventus menempel ketat AC Milan di puncak klasemen Serie A yang pada pertandingan lainnya mengatasi Atalanta 2-0. Juventus dan Milan sama-sama mengoleksi 37 poin, namun La Vecchia Signora kalah produktivitas gol.

Allenatore Antonio Conte mempercayakan slot di lini depan kepada Mirko Vucinic yang telah pulih dari cedera. Pemain yang didatangkan dari AS Roma ini berduet dengan Fabio Quagliarella dan Simone Pepe di lini depan. Sementara Alessandro Matri di simpan di bangku cadangan.

Sejak peluit pertama dibunyikan wasit, Juve langsung mendominasi penguasaan bola. Serangan demi serangan pun kerap dilancarkan I Bianconeri dengan Andrea Pirlo sebagai pengatur serangan. Baru 4 menit laga berjalan, Simone Pepe hampir saja membawa Bianconeri memimpin namun tendangan keras mendatar yang dilepaskannya masih bisa diamankan oleh kipper Lecce, Massimiliano Benassi. Lecce meresponnya tiga menit kemudian melalui Guillermo Giacomazzi. Namun, kiper Juventus Gianluigi Buffon melakukan penyelamatan gemilang untuk mencegah tendangan Giacomazzi.

Peluang kembali didapatkan Juve di menit ke-15. Kali ini melalui Claudio Marchisio yang berhasil mengontrol bola hasil umpan Andrea Pirlo. Namun, lagi-lagi Benassi tampil gemilang dan menepis bola.

Bukan suatu hal yang mudah bagi Juve untuk bisa menembus pertahanan Lecce. Bahkan Conte harus menarik Quagliarella di menit ke-23 karena cedera dan digantikan Allesandro Matri yang langsung mendapatkan peluang pada menit ke- 25. Matri yang lolos dari perangkap offside dan tinggal berhadapan dengan kipper Lecce namun sayang tendangan masih bisa ditangkap oleh Benassi.

Tak lama berselang kemudian pada menit ke- 27 Matri berhasil membawa Juventus unggul. Gol berawal dari tendangan keras Mirko Vucinic yang masih bisa diantisipasi Benassi, namun kemudian bola pantulan dengan cepat disambut Matri dengan sundulan yang tanpa kesulitan menceploskan bola kedalam gawang Lecce. 1-0 untuk Juve.

Pada menit akhir babak pertama sebuah peluang dari Lecce cukup membahayakan gawang Juventus namun kesigapan Buffon berhasil mementahkah tendangan keras dari Di Michele. Hingga babak pertama berakhir kedudukan 1-0 bertahan hingga turun minum.

Di paruh kedua laga, Juve coba terus menekan demi menambah keunggulan. Kolaborasi Claudio Marchisio dan Arturo Vidal di awal babak kedua sempat mengancam gawang Lecce, namun sayang bola masih belum masuk ke gawang.

Lecce coba merespon gempuran Juve di menit ke-57. Guillermo Giacomazzi merangsek ke pertahanan Juve dan melepaskan umpan matang kepada bomber David Di Michele. Namun, eksekusi yang dilepaskan bomber mungil ini masih belum menemui sasaran.

Menit ke-69, Juventus nyaris menggandakan keunggulan lewat Giorgio Chiellini. Sayang, tendangan bek internasional Italia itu masih mampu diantisipasi Benassi. Matri yang kembali lolos dari perangkap offside pada menit ke- 77 gagal untuk menambah gol setelah tendangannya dari sebelah kiri pertahanan Lecce masih bisa ditangkap Benassi.

Juventus kembali mendapatkan peluang pada menit ke-81 melalui Vucinic setelah menerima umpan Matri. Tapi, lagi-lagi Benassi melakukan penyelamatan gemilang untuk menepis tendangan terarah Vucinic hingga hanya menghasilkan sepak pojok. Sebuah peluang dari Lecce melalui Pasquato setelah menerima umpan crossing dari Mesbah hanya melebar ke sisi kanan gawang Buffon.

Peluang kembali didapat Matri pada menit ke-89, tapi tendangan yang dilepaskan bomber yang direkrut dari Cagliari ini masih bisa digagalkan Benassi. Pergerakan Cuadrado pada menit ke-90 yang menusuk pertahanan Juventus dan langsung melakukan tendangan kea rah gawang dapat ditangkap dengan mudah oleh Buffon. Hingga peluit panjang dibunyikan Juve pun harus puas hanya menang tipis 1-0.

Susunan Pemain :

LECCE: Benassi; Cuadrado, Oddo, Tomovic, Esposito, Mesbah; Strasser (Olivera 5), Giacomazzi, Obodo (Corvia 83); Muriel, Di Michele (Pasquato 73).
Pelatih: Cosmi

JUVENTUS: Buffon; Lichtsteiner, Barzagli, Bonucci, Chiellini; Vidal, Pirlo (Marrone 87), Marchisio; Pepe (De Ceglie 85), Quagliarella (Matri 23), Vucinic.
Pelatih: Conte

Wasit: Bergonzi

Kartu Kuning: Oddo 39, Olivera 53, Vidal 53, Chiellini 64, Cuadrado 68