Rabu, 25 Januari 2012

Coppa Italia : Juventus 3-0 Roma

Juventus melenggang ke semi final Coppa Italia setelah menang telak 3-0 atas AS Roma, di hadapan ribuan Juventini yang memadati Juventus Stadium. Juventus langsung tampil menekan begitu wasit meniup peluit tanda dimulainya babak pertama. Bermain di depan ribuan Juventini membuat anak asuh Antonio Conte tampil sangat bersemangat di perempat final Coppa Italia melawan AS Roma.

Juventus unggul cepat saat laga baru berjalan enam menit, bola terobosan dari Andrea Barzagli berhasil disambut oleh Emanuele Giaccherini, yang kemudian melepaskan tembakan tanpa bisa dijangkau oleh Maarten Stekelenburg. Gol ini membuat Juventus unggul cepat 1-0.

Gol ini membuat Roma tertekan. Meski para pemain AS Roma berusaha mendominasi penguasaan bola dengan umpan dari kaki ke kaki. Menit ke-16, sepak pojok Pjanic berhasil disundul oleh Kjaer. Namun, sundulannya masih tinggi diatas gawang Juventus yang dikawal oleh Storari.

Pada menit ke 30, legenda hidup Juventus, Alessandro Del Piero beraksi. Menerima umpan dari sundulan Marco Boriello, Berawal dari tendangan gawang yang dilepaskan Storari, bola disundul Borriello yang mengarah ke kaki Del Piero. Dengan dua sentuhan, Del Piero langsung menghujam bola dari jarak jauh dan bersarang mulus ke sudut atas kanan gawang Roma. Pada menit ke-39 Juventus nyaris mencetak gol ketiganya namun sepakan Estigarribia dari sisi kiri kotak penalti masih melebar.

Hingga babak pertama berakhir, kedudukan masih tetap 2-0 untuk keunggulan Juventus.
Mengawali babak kedua, Juventus kembali menekan AS Roma. Menguasai lini tengah, Juventus mengancam gawang AS Roma di menit ke 52 melalui umpan Marcelo Estigarribia ke Borriello di gawang Roma. Beruntung, Stekelenburg bergerak cepat mengamankan bola dari kaki Borriello.

Roma bukan tanpa peluang. Pada menit 63 I Lupi mendapat peluang bagus melalui Fernando Gago. Pria asal Argentina ini mendapat bola dari Erik Lamela, dan melepaskan tendangan setengah voli, namun arah bola belum tepat sasaran karena melebar ke sisi kiri gawang tim tuan rumah.

Pada menit ke- 68. Erik Lamela tertangkap basah menendang Giorgio Chiellini yang tanpa bola, sehingga wasit Luca Banti menghadiahi kartu merah. Walau bermain dengan 10 pemain Roma tetap tampil menyerang dan langsung mendapat peluang di menit ke-70 melalui Fabio Borini tetapi sepakan jarak jauhnya masih melambung tinggi diatas gawang Juventus.

Menit ke-78, kesalahan fatal Taddei nyaris berbuah gol ketiga Juventus. Ketika menerima umpan pendek dari Stekelenburg, ia terpeleset. Estigarribia mengejar dan memberikan umpan silang mendatar ke kotak penalti. Quagliarella yang tak terkawal di kotak penalti menendang bola tersebut. Namun, tendangannya masih membentur tiang gawang.

Pada penghujung laga Juventus kembali menambah keunggulan setelah Simon Kjaer yang bermaksud menghalau bola umpan silang Quagliarella tetapi malah mengubah arah bola dan masuk ke gawang sendiri. Gol bunuh diri Kjaer yang sekaligus gol ketiga untuk Juventus menjadi gol penutup pada pertandingan ini. Dengan hasil ini maka Juventus berhak untuk melaju ke babak semifinal Coppa Italia.

Susunan Pemain:
JUVENTUS :Storari; Bonucci, Barzagli, Chiellini; Lichtsteiner, Marrone, Pirlo, Giaccherini (Krasic 88), Estigarribia; Borriello (Matri 63), Del Piero.
Pelatih:: Conte.

ROMA:Stekelenburg; Taddei, Heinze, Kjaer, Josè Angel; Simplicio (Greco 67), Gago, Pjanic; Totti (Perrotta 72); Bojan (Borini 58), Lamela.
Pelatih: Luis Enrique.

Wasit: Banti
Kartu Kuning: Estigarribia 9, Pjanic 39, Simplicio 66, Totti 72, Krasic 89
Kartu Merah: Lamela 68