Senin, 03 Oktober 2011

Serie A Pekan 6 : Juventus 2-0 Milan

Juventus sukses menundukkan AC Milan pada lanjutan Liga Serie-A, Minggu atau Senin (3/10/2011) dini hari WIB. Claudio Marchisio mencetak dua gol dramatis pada akhir pertandingan sehingga Juventus menang 2-0 dan kembali menduduki puncak klasemen, sedangkan Milan makin terbenam di posisi ke-15.

Tampil di kandang, Juventus langsung menekan Milan. Usaha itu cukup merepotkan Alessandro Nesta dkk. Pertandingan babak pertama baru berjalan 10 menit, striker anyar Juve Mirko Vucinic hampir saja membobol gawang Abbiati namun sayang sepakannya masih melambung tinggi.

Ancaman cukup berbahaya terjadi pada menit ke-25, ketika Andrea Pirlo melakukan tendangan bebas dari luar kotak penalti. Bola tendangannya tepat mengarah ke gawang, tetapi mampu diblok kiper Milan, Christian Abbiati.

Setelah itu, ancaman dari Juve kembali datang, tetapi belum mampu menaklukkan pertahanan lawan. Pada menit ke-32, Juve mendapat peluang paling baik. Mirko Vucinic berhasil melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti meski ditempel Nesta. Namun, lagi-lagi Abbiati mampu membloknya.

Juve terus menekan. Pada menit ke-35, tendangan Vucinic dari luar kotak penalti gagal ditepis Abbiati. Sayang, bola melengkung itu hanya membentur tiang gawang. Simone Pepe yang coba memaksimalkan bola muntah, gagal menjangkau bola.

Peluang tak kalah baiknya didapat Claudio Marchisio pada menit ke-40. Mendapat umpan lambung Vucinic, Marchisio lolos dari kawalan. Sayang, meski ada ruang tembak yang lebar, dia terlalu lemah menendang bola. Abbiati pun dengan mudah menangkap bola. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Babak kedua baru berlangsung semenit, Juve langsung mengancam. Umpan silang Pirlo dipotong Leonardo Bonucci. Tetapi, bola sulit itu bisa ditepis Abbiati dan hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Milan membalas pada menit ke-51 dengan peluang yang didapat Boateng. Memanfaatkan umpan Antonio Cassano, gelandang internasional Ghana melepaskan tembakan first time mendatar yang masih mampu ditepis buffon.Gianluigi dan hanya melahirkan tendangan penjuru. Di menit 57 Clarence Seedorf melepaskan tendangan dari luar kotak penalti namun masih bisa diblok oleh Buffon.

Di menit ke-67, Vucinic lagi-lagi mendapat peluang, setelah berhasil menerobos ke kotak penalti Milan. Namun, upaya mantan striker AS Roma ini masih mampu digagalkan Thiago Silva yang berhasil mencuri bola dari Vucinic.

Keluarnya Alessandro Nesta pada menit ke-71 diganti Luca Antonini tak serta-merta membuat pertahanan Milan melemah. Masuk menit 73, Vucinic memperagakan kerja sama apik dengan Pirlo dalam membongkar pertahanan Milan. Menerima umpan Vucinic, Pirlo melakukan dummy dan memberikan ruang buat Vidal untuk melepaskan tembakan. Sayang, tendangan keras pemain internasional Chile ini hanya tipis melebar di sisi kanan gawang Abbiati. Tak lama berselang, giliran tendangan keras Vucinic yang juga hanya menyamping dari gawang Abbiati.

Pada menit ke-86, gawang Abbiati akhirnya jebol juga. Kerja sama apik diperagakan Marchisio, Vidal dan Vucinic. Umpan-umpan pendek yang mereka peragakan sukses membongkar pertahanan Milan. Daniele Bonera yang berusaha menyapu bola umpan Vucinic di depan gawang Milan justru membuat blunder. Sebab, bola justru mengenai kaki Marchisio dan kemudian masuk ke gawang. 1-0 untuk Juve.

Di sisa waktu yang tipis, Milan dituntut mengejar ketertinggalan. Namun, alih-alih menyamakan kedudukan, I Rossoneri justru harus bermain dengan 10 pemain setelah Boateng di ganjar kartu merah (kuning kedua) karena melakukan handball saat mencoba merebut bola dari Chiellini.

Di masa injury time, Marchisio kembali membobol gawang Milan. Memanfaatkan bola muntah, dia melakukan tendangan dari luar kotak penalti. Bola ditangkap Abbiati, tetapi terlepas hingga masuk ke gawangnya. Kedudukan 2-0 untuk Juve bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain :

JUVENTUS : Buffon; Lichtsteiner, Barzagli, Bonucci, Chiellini; Pirlo; Krasic (Giaccherini 54), Marchisio, Vidal (Pazienza 94), Pepe; Vucinic (Matri 87).
Pelatih : Conte

MILAN : Abbiati; Bonera, Nesta (Antonini 71), Thiago Silva, Zambrotta; Nocerino (Ambrosini 83), Van Bommel, Seedorf; K.P. Boateng; Ibrahimovic, Cassano (Emanuelson 61).
Pelatih : Allegri

Wasit : Rizzoli

Kartu Kuning : K. P. Boateng 39, Nesta 52, Pirlo 63, K. P. Boateng 88
Kartu Merah : K. P. Boateng 88