Minggu, 30 Oktober 2011

Serie A Pekan 10 : Inter 1-2 Juventus

Juventus membungkam San Siro dengan meraih kemenangan yang mengesankan atas Inter Milan pada laga Serie-A, Sabtu (29/10/2011). Juve unggul lewat dua gol yang dicetak Mirko Vucinic (12) dan Claudio Marchisio (33'), dan hanya mampu dibalas oleh Douglas Maicon (28').

Dengan hasil itu, Juventus mengoleksi 19 poin dan berhak naik ke puncak klasemen.
Pada awal babak pertama kedua tim bermain lepas dan saling serang, jual beli serangan silih berganti tercipta. Beberapa peluang mengancam lini pertahanan kedua belah pihak.

Tim tamu unggul lebih dulu melalui Mirko Vucinic pada menit ke-12. Berawal dari gerakan Stephan Lichtsteiner yang menusuk dari sisi kanan dan melepas umpan pada Alessandro Matri, sepakan Matri dari jarak dekat masih bisa dihalau kiper Luca Castellazzi. Namun bola mental dari kejadin tersebut disambar Mirko Vucinic yang kemudian menjebol gawang tuan rumah.

Satu menit kemudian, Matri nyaris mencetak gol kedua Juventus. Lolos dari jebakan offside, Matri mampu menerobos kotak penalti Inter dan melepaskan tendangan deras dengan kaki kirinya. Namun upaya tersebut tak membuahkan hasil karena si kulit bundar hanya melintas di muka gawang.

Maicon kemudian membawa Inter menyamakan kedudukan pada menit ke-28. Umpan pendek Sneijder kepada Maicon di sayap kanan berhasil diteruskan dengan sebuah tendangan deras dari sudut sempit ke gawang Juventus. Buffon tidak mampu menghadang tendangan tersebut.

Inter nyaris membalikkan keadaan saat tandukan Pazzini dari jarak dekat membentur mistar gawang. Namun pada menit ke- 33 justru Juventus yang berhasil unggul terlebih dahulu berkat gol Claudio Marchisio. Dari tengah kotak penalti, ia menembakkan bola hasil kerja sama satu-dua dengan Matri, masuk sudut kiri bawah gawang Castellazzi. Inter coba langsung membalas. Obi memberikan umpan silang ke kotak penalti Juventus. Namun Pazzini gagal meraih umpan matang tersebut. Ia terlambat menyambut datangnya umpan.

Sebelum turun minum Juventus kembali punya kans memperbesar keunggulan. Pirlo dengan jeli melihat Marchisio yang bergerak tanpa bola ke dalam kotak penalti, umpan yang diberikan eks AC Milan pun tepat mengarah ke Marchisio. Namun sang pemain terjatuh saat berupaya melewati Castellazzi dan wasit menganggap tak ada pelanggaran terjadi.
Babak kedua, Juve mencoba tampil lebih ofensif. Menerima umpan Lichsteiner, Andrea Pirlo memberikan umpan silang ke mulut gawang Inter. Namun umpannya mudah terbaca dan sanggup dipatahkan Maicon.

Pada menit ke-58, Sneijder sempat mengontrol bola saat menerima umpan silang Maicon. Namun tendangannya digagalkan oleh Lichsteiner.Peluang Juventus kembali tercipta pada menit 62. Bianconeri mendapatkan sepak pojok lalu bola dibuang Lucio. Juve menyambut bola muntah namun tendangannya masih di atas mistar gawang.

Marcelo Estigarribia yang masuk menggantikan Matri nyaris menambah angka bagi kubu tamu andai saja bola sodorannya tak digagalkan kaki Castellazzi, memanfaatkan penetrasi dari sisi kiri pertahanan Nerazzurri.

Juventus kembali mendapat peluang untuk menyudahi pertandingan ini. Menit 88, Juventus nyaris memperbesar kedudukan setelah Allesandro Del Piero lepas dari jebakan offside dan tinggal berhadapan dengan kiper Inter, Luca Castellazzi. Namun, bola tendangannya masih melebar. Kedudukan 2-1 untuk keunggulan juventus pun tetap bertahan hinnga peluit panjang dibunyikan.

Selama pertandingan, Inter menguasai bola sebanyak 46 persen dan menciptakan enam peluang emas dari 20 usaha. Adapun Juventus melepaskan enam tembakan akurat dari 16 percobaan.

Susunan Pemain:

INTER: Castellazzi; Maicon, Lucio, Chivu, Nagatomo; Zanetti, Cambiasso, Obi (Stankovic 64); Sneijder (Alvarez 78); Zarate (Castaignos 46), Pazzini..
Pelatih: Ranieri

JUVENTUS: Buffon; Lichtsteiner, Bonucci, Barzagli, Chiellini; Marchisio, Pirlo; Pepe, Vidal (Pazienza 89), Vucinic (Del Piero 84); Matri (Estigarribia 70)
Pelatih: Conte.
Wasit: Rizzoli

Kartu Kuning:
Bonucci 22, Vidal 45, Chiellini 54, Pepe 55, Chivu 59, Sneijder 65, Pirlo 67