Senin, 17 Oktober 2011

Serie A pekan 7 : Chievo 0-0 Juventus

Juventus memperpanjang rekor belum pernah kalah di Serie-A musim ini setelah bermain imbang 0-0 dengan Chievo, di Marc`Antonio Bentegodi, Minggu (16/10/2011). Dengan hasil itu, Juventus tetap menguasai klasemen, dengan poin 12 dari hasil 3 kemenangan dan 3 kali imbang.

Melawat ke Stadion Marc'Antonio Bentegodi, pelatih Juve Antonio Conte menempatkan Mirko Vucinic di lini depan, dengan sokongan Claudio Marchisio, Milos Krasic, Arturo Vidal dan Simone Pepe di lini kedua. Meski hanya mengandalkan seorang Vucinic sebagai striker tunggal, namun Juve tetap mampu mendominasi jalannya laga.

Mengandalkan dua sayapnya sebagai pembongkar pertahanan Chievo, Juve langsung mengancam di menit ketiga. Marchisio mengirim umpan terukur ke arah Vucinic. Namun, Stefano Sorrentino, kiper The Flying Donkey sigap untuk membendung bola sebelum sampai ke kaki mantan striker AS Roma tersebut.

Kesempatan Juve untuk mencetak gol kembali datang pada menit ke-6 melalui Claudio Marchisio. Tapi, peluang yang didapat tak berujung manis, pasalnya, bola hasil sepakan kaki kanan Marchisio dari luar kotak penalti masih dapat diblokir Stefano Sorrentino, kiper Chievo.

Sorrentino juga mampu memblok bola hasil sepakan dua pemain Juve lainnya, Arturo Vidal pada menit ketujuh dan Simone Pepe, satu menit kemudian.

Chievo yang didukung ribuan suporternya balik mengancam di menit ke-9. Sergio Pellissier melepaskan tembakan bebas keras yang masih belum membuat Gianluigi Buffon bekerja keras menyelamatkan gawangnya. Bola mengenai lutut Buffon, dan kiper timnas Italia itu mampu mengamankan bola muntah tersebut.

Di menit ke-20, publik tuan rumah bergemuruh menyambut gol yang dicetak Cyril Thereau. Gol tersebut tidak disahkan wasit Andrea De Marco karena menilai pemain asal Prancis tersebut terlebih dulu melakukan pelanggaran terhadap Andrea Pirlo sebelum melepaskan tembakan yang tak kuasa dibendung Buffon.

Juventus kembali medapat peluang melalui sebuah tendangan bebas yang dilepaskan oleh Pirlo di menit ke-30. Namun sepakannya masih mampu diamankan oleh kiper Chievo, Sorrentino. Hingga peluit berakhirnya babak pertama berbunyi skor kacamata tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, Bianconeri tampil lebih agresif. Hasilnya, peluang pun menghampiri. Kesempatan untuk mencetak gol pada babak kedua ini sendiri terjadi pertama kali pada menit ke-51, melalui Marchisio. Tapi, bola hasil sepakan Marchisio masih jauh dari sasaran.

Tujuh menit berselang, giliran Giaccherini yang melepas tembakan keras dari luar kotak penalti, tapi lagi-lagi arahnya belum akurat. Juventus kesulitan menembus rapatnya lini belakang Chievo dan memutuskan untuk melakukan tembakan-tembakan dari luar kotak penalti.

Juve terus mendominasi babak kedua. Di menit ke-70, Alessandro Del Piero yang masuk dari bangku cadangan menggantikan Marchisio nyaris membungkam publik Bentegodi. Sayang, sundulanya memanfaatkan umpan silang Simone Pepe hanya menerpa mistar.

Chievo sendiri baru bisa membalas segala bentuk serangan yang mengancam gawangnya pada menit ke-84. Tapi, upaya menekan Chievo tak berlangsung lama. Menjelang laga ditutup, Juve berhasil menguasai jalannya pertandingan dan peluang pun menghampiri mereka pada menit ke-89. Lagi-lagi dimiliki oleh Del Piero. Hingga peluit panjang dibunyikan tanda berakhirnya pertandingan kedudukan masih tetap imbang 0-0.

Hasil ini sendiri tak memengaruhi posisi Juve di puncak klasemen. Bianconeri Tetap bercokol di pos pertama. Hal ini setelah dua tim yang berpeluang menggeser posisi mereka: Udinese dan Cagliari hanya bermain imbang. Selama 90 menit, Juventus menguasai bola sebanyak 63 persen dan menciptakan dua peluang emas dari 13 usaha. Adapun Chievo melepaskan dua tembakan akurat dari empat percobaan.

Susunan Pemain :

CHIEVO : Sorrentino; Sardo (Frey 21), Morero (Mandelli 70), Cesar, Jokic; Bradley, L.Rigoni, Hetemaj; Sammarco (Cruzado 60); Pellissier, Thereau.
Pelatih : Di Carlo

JUVENTUS : Buffon; Lichtsteiner, Barzagli, Bonucci, Chiellini; Pirlo; Krasic (Giaccherini 56, Estigarribia 80), Marchisio (Del Piero 70), Vidal, Pepe; Vucinic.
Pelatih : Conte

Wasit : De Marco
Kartu Kuning : Thereau 20, Morero 27, Sammarco 55, Bradley 71, Mandelli 85, Pepe 87 Cesar 95, Chiellini 95, Sorrentino 95