Rabu, 26 Oktober 2011

Serie A Pekan 9 : Juventus 2-1 Fiorentina

Juventus akhirnya sukses meraih kemenangan dalam tiga partai terakhir usai menumbangkan Fiorentina 2-1 di Juventus Arena, Rabu (26/10) dini hari WIB. Kemenangan ini juga membawa pasukan Antonio Conte itu untuk sementara menguasai puncak klasemen sementara dengan nilai 16.

Bermain di kandang sendiri, Juventus mampu mendominasi permainan sejak awal babak pertama. Pertandingan baru berjalan tiga menit Simone Pepe mengancam kiper Artur Boruc kendati tak sampai membuahkan gol. 'Si Nyonya Tua' kembali mengancam di menit keenam lewat Claudio Marchisio. Tapi tembakannya dari luar kotak penalti berhasil dihalau oleh Boruc.

Pada menit ke-13, Juventus akhirnya mampu membuka keunggulannya. Arturo Vidal berhasil melepaskan tendangan yang gagal ditangkap dengan sempurna oleh Boruc. Leonardo Bonucci yang berada di depan Boruc berhasil menyambar bola muntah itu untuk mengubah keadaan menjadi 1-0.

Selepas gol itu, Juventus mengurung habis-habisan pertahanan Fiorentina, Berkali-kali serangan yang dibangun oleh pemain Juve langsung tertuju ke jantung pertahanan Fiorentina.Tak jarang beberapa kali mereka menciptakan sejumlah peluang emas. Sayangnya tak ada gol yang tercipta sampai babak pertama usai.

Di babak kedua, Fiorentina melakukan sejumlah perubahan, di antaranya memasukkan Alberto Gilardino untuk mempertajam serangan dan hasilnya terbukti efektif, La Viola langsung mengambil inisiatif serangan di awal babak kedua. Sundulan Stevan Jovetic memanfaatkan tendangan sudut masih bisa dihalau Marco Storari.

La Viola kembali memperoleh peluang lewat Alberto Gilardino. Namun sundulannya masih melebar di sisi kanan gawang Storari. Hingga pada akhirnya pada menit 58, kerjasama antara Gilardino dan Vargas berhasil dituntaskan Stevan Jovetic melalui sebuah tendangan akurat dari luar kotak penalti, untuk menyamakan kedudukan.

Usai gol itu, Fiorentina sempat di atas angin, apalagi serangan Juve yang bertubi-tubi kerap tidak menemui sasaran. Tapi, hasil imbang tak bertahan lama karena Matri kembali membawa La Vecchia Signora unggul. Pepe berhasil menembus rapatnya barisan belakang Viola yang kemudian melepaskan umpan kepada Matri. Tanpa ragu, pemain Italia ini memperdayai Borus untuk kembali memungut bola dari gawangnya.

Gol itu adalah gol keempat Matri musim itu. Setelah kembali tertinggal, pasukan Sinisa Mihajlovic coba meningkatkan tekanan demi mengincar gol penyeimbang di sisa laga.

Selanjutnya pertandingan pun langsung berjalan terbuka, baik Juve maupun Fiorentina sama-sama tampil menyerang dan agresif, silih berganti serangan dilancarkan oleh kedua tim. Sampai wasit meniup peluit panjang, skor 2-1 mampu dipertahankan tuan rumah.

Selama 90 menit, Juventus menguasai bola sebanyak 55 persen dan menciptakan 14 peluang emas dari 22 kali usaha. Adapun Fiorentina melepaskan dua tembakan akurat dari sembilan kali percobaan.

Kemenangan ini menjadi modal berharga bagi Juventus sebelum akhir pekan nanti mereka harus melakoni laga Derby d'Italia kala bertandang ke markas Inter Milan.

Susunan Pemain :

JUVENTUS: Storari; Lichtsteiner, Barzagli, Bonucci, Chiellini; Vidal (Pazienza 88), Pirlo, Marchisio; Pepe (De Ceglie 87), Matri, Vucinic (Estigarribia 78).
Pelatih: Conte

FIORENTINA: Boruc; De Silvestri, Gamberini, Natali, Pasqual; Munari, Behrami, Kharja (Santiago Silva 84); Cerci (Gilardino h/t), Jovetic, Vargas (Ljajic 71).
Pelatih: Mihajlovic.

Wasit : Orsato from Schio.

Kartu Kuning: Behrami 68, Munari 76, Marchisio 84, Natali 92.