Minggu, 23 Oktober 2011

Serie A Pekan 8 : Juventus 2-2 Genoa

Juventus kembali gagal meraih kemenangan setelah sempat dua kali berada dalam posisi unggul, namun akhirnya Juventus terpaksa mendulang hasil imbang 2-2 oleh Genoa, pada pertandingan Serie-A, di Juventus Stadium, Sabtu (22/10/2011).
Bermain di depan ribuan Juventini yang memenuhi Juventus Arena, Skuad Bianconerri langsung bermain menekan sejak peluit babak pertama bertiup. Hasilnya, baru dua menit berlaga, gawang Genoa sudah terancam lewat sundulan Matri yang sukses ditangkap oleh Frey.

Seakan tak mau kalah, Genoa juga balas menyerang. Peluang berhasil didapat oleh Marco Rossi di menit ketiga, sayang tendangannya berhasil diamankan oleh Marco Storari yang tampil menggantikan Gianluigi Buffon.

Juventus unggul lebih dulu melalui Alessandro Matri pada menit keenam. Gol bermula dari tendangan sudut Andrea Pirlo yang ditembakkan Claudio Marchisio ke gawang lawan. Dengan kakinya, Matri mengubah arah bola sehingga bola masuk ke sudut kiri bawah gawang Sebastien Frey.

Jual beli serangan terus berlangsung antara kedua tim dengan Juventus lebih banyak melakukan penguasaan bola. Menit ke 23, Bosko Jankovich mengancam gawang Juventus lewat tendangan bebas, namun tendangannya melambung diatas mistar.

Pada menit ke-31, Marco Rossi membawa Genoa menyamakan kedudukan. Dari tengah kotak penalti, ia menanduk umpan Alexander Merkel masuk tengah gawang Marco Storari.

Juve sebenarnya punya peluang emas pada menit-40 setelah Mirko Vucinic berhasil memotong blunder pemain belakang Genoa. Vucinic yang tinggal berhadapan dengan kiper Sebastien Frey menendang bola tepat ke arah penjaga gawang asal Prancis itu. Hingga babak pertama berakhir kedudukan 1-1.

Babak kedua baru berjalan 5 menit, Matri kembali berhasil mencetak gol namun wasit menganulir gol tersebut karena ternyata sang striker sudah berada dalam posisi offside.

Usaha Juve untuk unggul pada menit-56 kembali gagal. Sundulan Giorgio Chiellini masih melebar tipis dari gawang Frey. Hingga pada menit ke-58 Juventus kembali berada dalam posisi unggul berkat gol Matri. Gol lagi-lagi berawal dari kaki Pirlo. Setelah mengontrol umpan Pirlo, Matri menembakkan bola masuk sudut kiri bawah gawang tim tamu.

Namun keunggulan itu pun kembali lenyap akibat gol Andrea Caracciolo pada menit ke-85. Caracciolo menaklukkan Storari dengan memanfaatkan umpan Juraj Kucka lewat sebuah chip menempatkan bola di luar jangkauan Storari dan bersarang di jala kiper Juve itu.

Selama pertandingan, Juventus menguasai bola sebanyak 57 persen dan menciptakan tujuh peluang emas dari 20 usaha. Adapun tim tamu melepaskan lima tembakan akurat dari 13 percobaan.

Susunan pemain :

JUVENTUS : Storari; Lichtsteiner, Barzagli, Bonucci, Chiellini; Pirlo, Marchisio; Pepe (Del Piero 90), Matri, Vucinic (Krasic 84), Estigarribia (Pazienza 67)
Pelatih : Conte

GENOA : Frey; Mesto, Dainelli, Moretti, Antonelli; Rossi (Jorquera 83), Merkel, Seymour (Kucka 72), Veloso; Jankovic (Caracciolo 62); Palacio.
Pelatih : Malesani

Wasit: Jose Luis Paradas Romero
Kartu Kuning : Seymour 5, Mesto 7, Palacio 28, Pirlo 39, Dainelli 46