Jumat, 09 September 2011

Stadion Baru Juventus…!!

Dengan diresmikannya Juventus Stadium pada hari Jumat (9/9), maka Bianconeri menjadi satu-satunya klub peserta Serie A yang memiliki stadion sendiri.

Upacara peresmian tersebut dibuka dengan sambutan dan pidato dari sang Presiden klub, Andrea Agnelli. "Tuan-tuan dan Nyonya-nyonya, selamat datang," sambut Agnelli di acara pembukaan, seperti dikutip dari situs resmi Juventus.

"Rumput seperti ini menunjukkan bagaimana kami memenangkan 29 kali gelar Italia, dua kali Piala Eropa dan dua kali Piala Dunia. Hari ini kami sedang menulis bab lain dari cerita legendaris, mengatasi saat-saat pahit dan kegembiraan, presiden dan pemain, legenda yang telah menghangatkan hati seluruh generasi. Sebuah legenda yang hari ini memasuki rumah barunya: Juventus," lanjutnya.

Setelah sambutan dari Agnelli, acara peresmian dilanjutkan dengan pertandingan antara Juventus melawan Notts County (NC). Dipilihnya tim asal Inggris itu sebagai sparing partner bukanlah tanpa alasan. Notts County yang menjadi inspirasi seragam hitam-putih mereka lebih dari 100 tahun lalu. Notts sendiri adalah tim tertua di dunia, terbentuk pada tahun 1862.

Laga persahabatan tersebut berakhir dengan skor imbang 1-1, Luca Toni menjadi pemain pertama yang berhasil membukukan gol di Juventus Arena pada menit ke-53. Gol berawal dari rebound eksekusi penalti Quagliarella yang sempat ditepis kiper County, Rob Burch dan langsung disambar oleh Luca Toni.

Namun klub League One Inggris tersebut berhasil menyamakan kedudukan dan ambil bagian mencatatkan sejarah dengan gol yang dibuat Lee Hughes dari jarak dekat, 3 menit sebelum sebelum pertandingan berakhir.

Ikon La Vecchia Signora, Alessandro Del Piero, hanya bermain di babak pertama. Walaupun tidak mencetak gol, bomber berusia 36 tahun itu yakin akan segera mencetak gol pertamanya di Juventus Stadium saat klubnya menjamu Parma pada laga pertama Serie A, Minggu (11/9). "Tidak, saya tidak sedih gagal mencetak gol malam ini. Saya menyimpan gol untuk pertandingan Minggu (lawan Parma)," ujar Del Piero pada laman yang sama.

Stadion dengan kapasitas 40.200 tempat duduk itu dibangun di bekas Stadion delle Alpi di pinggir Kota Turin dengan biaya 120 juta euro (sekitar Rp1,5 triliun).

Tanpa kehadiran trek atletik, para penonton akan berada lebih dekat dengan lapangan. Bangku penonton akan berada di garis terdepan seperti beberapa stadion di Inggris.

Stadion modern pertama di Italia itu akan menyediakan 84 tempat duduk VIP, pusat komersial yang akan dibuka pada bulan depan, serta dua restoran dan sebuah bar.