Minggu, 11 September 2011

Serie A Pekan 2 : Juventus 4-1 Parma

Dalam partai pembuka Liga Italia Serie A musim 2011-2012 Juventus berpesta empat gol berbalas satu pada laga perdana Serie-A melawan Parma pada hari Minggu (11/9/2011), di stadion yang baru diresmikan pada Kamis (8/9/2011) yakni Juventus Arena.

Pesta gol Juventus dibuka oleh gol Stephan Lichtsteiner pada menit ke- 17. Berawal dari umpan terukur Andrea Pirlo ke kotak penalti Parma, bola diterima oleh Stephan Lichtsteiner yang dengan dingin mengelabui kiper Antonio Mirante.

Berselang dua menit, Alessandro Matri nyaris menjebol gawang Parma. Tapi, sepakannya dari dalam kotak penalti masih bisa dihalau Mirante.

Setelahnya, Juventus terus melakukan tekanan, tetapi kesulitan menuntaskannya dengan eksekusi. Baru selepas menit ke-30, Juventus lebih konsisten menciptakan peluang.

Pada menit ke-37, misalnya, Pirlo dipercaya mengeksekusi tendangan bebas dan mengarahkan bola langsung ke gawang Parma. Bola meluncur tepat ke tangan Mirante.

Matri sempat menjebol gawang Parma pada menit ke-39 yang berhasil menanduk umpan Andrea Barzagli dan masuk ke gawang Mirante. Namun, gol tak disahkan karena wasit menilai Matri lebih dulu berada dalam posisi off-side.

Selama 45 menit pertama, Juventus menguasai bola sebanyak 66 persen dan menciptakan dua peluang emas dari tiga usaha. Adapun Parma sama sekali tidak melepaskan tembakan.

Unggul satu gol ternyata tak cukup untuk pasukan Antonio Conte. Gianluigi Buffon cs terus melancarkan serangan ke pertahanan Parma dan bermain lebih ofensif dibanding babak pertama.

Matri kembali memperoleh peluang pada menit ke-56. Tapi, tendangannya masih menerpa tiang gawang.

Dua menit berselang, Simone Pepe memperbesar keunggulan tim tuan rumah. Menerima umpan Alessandro Del Piero, sepakan keras Pepe dari dalam kotak penalti bersarang di pojok gawang Parma.

Masuknya Arturo Vidal yang menggantikan Del Piero serta Milos Krasic yang menggantikan Pepe tak membuat serangan Si nyonya Tua malah menurun. Vidal bahkan berhasil mencetak gol di partai debutnya ini dengan sebuah gol apik pada menit ke-73. Tendangan pemain Chile itu dari luar kotak penalti memaksa Mirante memungut bola dari dalam gawang untuk ketiga kalinya.

Sepuluh menit kemudian, Claudio Marchisio melengkapi kemenangan 'Nyonya Tua'. kali ini Pirlo kembali menjadi aktor utama gol keempat Bianconeri. Umpan lambung dari Pirlo berhasil melewati tembok pemain Parma, Vidal mengejar bola tersebut, para pemain belakang Parma terkecoh, tak melihat pergerakan Marchisio. Akhirnya Marchisio berhasil memperdaya Mirante sehingga membuat skor menjadi 4-0.

Pada masa injury time, Juve kehilangan satu pemain setelah Paolo De Ceglie dikartumerah akibat melanggar Sebastian Giovinco di area terlarang. Hadiah penalti sukses dikonversi Giovinco menjadi gol.

Susunan pemain:

Juventus: Gianluigi Buffon; Giorgio Chiellini, Andrea Barzagli, Paolo De Ceglie, Stephan Lichtsteiner; Simone Pepe (Milos Krasic 71), Andrea Pirlo, Emanuele Giaccherini, Claudio Marchisio; Alessandro Del Piero (Arturo Vidal 68), Alessandro Matri (Mirko Vucinic 57)

Parma: Antonio Mirante; Alessandro Lucarelli, Gabriel Paletta, Matteo Rubin, Cristian Zaccardo; Daniele Galloppa (Ze Eduardo 74), Stefano Morrone, Fransesco Modesto (Jonathan Biabiany 62), Fransesco Valiani; Graziano Pelle (Sergio Floccari 65), Sebastian Giovinco

Wasit : Celi
Kartu Kuning : Lucarelli 46, Giaccherini 88
Kartu Merah : De Ceglie 91